Ampang Gadang, Ampek Angkek, Agam

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Ampang Gadang
Negara Indonesia
ProvinsiSumatra Barat
KabupatenAgam
KecamatanAmpek Angkek
Kodepos
26191
Kode Kemendagri13.06.07.2005 Edit the value on Wikidata
Luas5,6 km²
Jumlah penduduk9.183jiwa

Ampang Gadang merupakan salah satu nagari yang terdapat dalam kecamatan Ampek Angkek, Kabupaten Agam, Provinsi Sumatra Barat, Indonesia. terdiri dari Lima Wilayah Jorong (Dusun) Ampang Gadang, Bonjo Alam, Parik Putuih, Surau Kamba, Surau Pinang.

Sejarah Nagari Ampang Gadang[sunting | sunting sumber]

Berasal dari sebuah ampangan/ bendungan yang besar yang dibuat dikampung itu untuk menahan banjir/galodo. Dari Ampangan yang gadang itulah disebut Ampang Gadang. Dahulunya Nagari Ampang Gadang adalah jorong yang berada dalam Kewalian/Nagari Balai Gurah Gadang di mana pada masa itu Nagari Balai Gurah Gadang terdiri dari beberapa Jorong, Ampang Gadang,Batu Taba, Balai Gurah,Koto Tuo, Sitapuang, karena berkembangnya jumlah masyarakat maka Jorong Ampang dan Jorong Batu Taba pada masa itu memisah diri ( Batagak Nagari )dari Balai Gurah Gadang. Jorong Ampang Gadang yang terdiri dari 4 Kampung antara lain Bonjo Alam, Bonjo Baru( Parik Putuih sekarang),Kapalo Koto (Ampang Gadang), Ikua Koto (Ampang Gadang), sedangkan dalam perkembanganya kampung ekor koto dan kapalo koto menjadi jorong ampang gadang, sedangkan bonjo alam dipecah menjadi tiga yaitu Bonjo Alam dan Surau Kamba serta Surau Pinang.

Nama Bonjo Alam.

Sebabnya Bonjo Alam bernama sedemikian, waktu Perang Paderi dicari tempat yang tertinggi dinamakan “ Bonjo “ maka di atas Bonjo itu ditegakkan satu bendera yang dinamakan “ Alam “ akan jadi satu tanda, itulah maka bernama Bonjo Alam .

Nama Bonjo Baru ( Parik Putuih sekarang ).

Yaitu dahulunya Jorong Ampang Gadang ini dikelilingi oleh beberapa parit –parit ( Parik )yang digali orang, faedahnya itu parit-parit diperbuat ialah supaya jangan mudah orang lain nagari merampuk kedalam nagari ini . Kemudian sesudah Negri aman maka diputuslah satu parit yang berbatas dengan nagari Limo Balai, akan dibuat sebuah jalan dan Bonjo tempat bermedan-medan, itulah maka beranama Bonjo Baru ( Parik Putuih sekarang)

Batas Wilayah[sunting | sunting sumber]

Sebelah Utara: Nagari Biaro Gadang.

Sebelah Selatan: Nagari Pasia.

Sebelah Timur: Nagari Balai Gurah.

Sebelah Barat: Kota Bukittinggi.


Pranala luar[sunting | sunting sumber]



http://ampek-angkek-membangun.com/pemerintahan/pemerintahan-nagari/nagari-ampang-gadang?start=10[pranala nonaktif permanen]