Amir Taaki

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Amir Taaki
Taaki in Bratislava, 2012
Lahir6 Februari 1988 (umur 36)
London, United Kingdom
KebangsaanBritish
PekerjaanProgrammer
Karier militer
PengabdianRojava
Dinas/cabangYPG
Lama dinas2015
Perang/pertempuranSyrian Civil War
Situs webamirtaaki.org[pranala nonaktif]

Amir Taaki (Persia: امیر تاکی; lahir 6 Februari 1988) adalah seorang revolusioner anarkis Inggris-Iran, peretas, dan pemrogram yang dikenal karena peran utamanya dalam proyek bitcoin, dan untuk merintis banyak proyek sumber terbuka. Forbes mencantumkan Taaki dalam daftar 30 Under 30[1] mereka pada tahun 2014. Didorong oleh filosofi politik revolusi Rojava, Taaki pergi ke Suriah, bertugas di militer YPG, dan bekerja di masyarakat sipil Rojava dalam berbagai proyek ekonomi selama satu setengah tahun.[2]

Biografi[sunting | sunting sumber]

Amir Taaki lahir 6 Februari 1988 di London, anak tertua dari tiga bersaudara dari ibu Skotlandia-Inggris dan ayah Iran yang merupakan pengembang properti.[3] Sejak usia dini, Taaki tertarik pada teknologi komputer, belajar sendiri pemrograman komputer.

Setelah sempat kuliah di dua universitas Inggris, Taaki tertarik pada gerakan perangkat lunak bebas. Taaki membantu dalam pembuatan SDL Collide, perpanjangan dari Simple DirectMedia Layer, perpustakaan sumber terbuka yang digunakan oleh pengembang video game.

Pada tahun 2006, Taaki menjadi sangat terlibat dalam pengembangan Crystal Space dengan nama samaran genjix. Dia juga mengembangkan sejumlah permainan video yang menggunakan perangkat lunak gratis, termasuk permainan petualangan Crystal Core dan permainan pembalap futuristik Ecksdee. Taaki juga merupakan peserta dalam proyek Blender Yo Frankie!.

Taaki pernah menjadi pembicara pada 2007 Games Convention di Leipzig.

Pada tahun 2009 dan 2010, Taaki mencari nafkah sebagai pemain poker profesional. Pengalamannya dengan perjudian online menariknya ke proyek bitcoin. Dia mendirikan pertukaran bitcoin Inggris yang disebut "Britcoin", yang digantikan pada tahun 2011 oleh pertukaran Inggris baru bernama Intersango, di mana dia adalah pengembang utama, yang ditutup setelah rekening bank Inggris mereka dibatasi setelah penyelidikan oleh Metro Bank.

Pada tahun 2014, bersama dengan Cody Wilson, dia meluncurkan proyek Dompet Gelap setelah crowdfunding dijalankan di IndieGoGo yang mengumpulkan lebih dari $ 50.000. Taaki, bersama dengan pengembang lain dari Airbitz, sebuah perusahaan perangkat lunak bitcoin, membuat prototipe untuk pasar terdesentralisasi yang disebut "DarkMarket" pada tahun 2014, di sebuah hackathon di Toronto, yang bercabang ke dalam proyek OpenBazaar.

Pada 2013, ia tinggal di sebuah squat anarkis di bekas gedung markas anti-G8 di London, Inggris.

Pada 2015, Taaki pergi ke Rojava (Kurdistan Suriah) untuk menawarkan keahliannya pada revolusi, dan mengabdi di militer YPG. Dia tidak menjalani pelatihan, tetapi menghabiskan tiga setengah bulan di militer YPG bertempur di garis depan. Dia kemudian diberhentikan dan bekerja di masyarakat sipil selama lebih dari setahun di berbagai proyek untuk komite ekonomi Rojava.

Pada Februari 2018, Taaki membuat grup di Catalonia yang didedikasikan untuk memanfaatkan teknologi blockchain untuk membantu tujuan pembebasan nasional seperti gerakan kemerdekaan Catalan.[4]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "30 Under 30 - Technology". Forbes (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2021-05-27. 
  2. ^ Butter, Susannah (2017-04-06). "Tech enigma Amir Taaki on Forbes and fighting Isis in Syria". www.standard.co.uk (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2021-05-27. 
  3. ^ "Silicon Roundabout's not for him: meet super-hacker, master coder and". www.standard.co.uk (dalam bahasa Inggris). 2014-01-29. Diakses tanggal 2021-05-27. 
  4. ^ Volpicelli, Gian M. "Amir fought Isis in Syria, now he's enlisting an army of hacker monks to save bitcoin from itself". Wired UK (dalam bahasa Inggris). ISSN 1357-0978. Diakses tanggal 2021-05-27. 

Bacaan lanjutan[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]