Alphons Leopold Mielich

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Alphons Leopold Mielich (27 Januari 1863 - 25 Januari 1929) adalah pelukis dari Austria yang dikenal dengan pemandangan orientalis. Dia berpartisipasi di dalam tim yang mendokumentasikan lukisan fresko di Kastil Umayyah, Qasr Amra, termasuk lukisan terkenal Lukisan Enam Raja dan menyajikan ilustrasi untuk penerbitan buku tentang temuan-temuan tersebut, yang berjudul Kusejr'Amra dan diterbitkan pada 1907.

Kehidupan dan Karier[sunting | sunting sumber]

Alphons Leopold Mielich (27 Januari 1863 - 25 Januari 1929) adalah pelukis dari Austria yang dikenal dengan pemandangan orientalis. Dia berpartisipasi di dalam tim yang bertanggung jawab untuk mendokumentasikan lukisan dinding (frescoes) di Kastil Umayyah, Qasr Amra, termasuk lukisan terkenal Painting of the Six Kings dan menyajikan ilustrasi untuk penerbitan buku tentang temuan, Kusejr'Amra yang diterbitkan pada 1907.

Alphons Leopold Mielichhofer lahir di Klosterneuburg, dekat Vienna pada tahun 27 Januari 1863. Dia mendapatkan pendidikan seninya di Paris, London, dan München. Dia melayani sebagai seorang letnan artileri dalam Tentara Austria sampai tahun 1887 ketika karier militernya berakhir secara prematur karena kesehatan yang buruk.

Pada 1889, dia berwisata ke Timur Tengah sebagai bagian dari penyembuhan dan bermukim di sana selama beberapa tahun. Dia kembali Ke Mesir sekitar 11 kali sebelum pecahnya perang pada tahun 1914. Dia mengunjungi Timur-Tengah yang nantinya akan menjadi titik penting bagi kariernya dikarenakan banyak dari karyanya yang menaruh perhatian terhadap tema Orientalis.

Pada pelayarannya yang ke-1901 ke Timur Tengah, Ia menemani cendekiawan Ceko Alois Musil untuk mengerjakan dokumentasi kastil Umayyah di Qasyr 'Amra, kemudian di Kekaisaran Ottoman (sekarang Jordan). Catatan singkatnya adalah untuk mendokumentasikan lukisan dan lukisan dinding di kastil kuno dengan menyalinnya dengan setia. Hampir segera setelah mereka tiba, mereka diserang oleh pemberontak lokal yang mencuri semua unta mereka. Beberapa waktu kemudian, mereka menyadari bahwa serangan itu adalah kesalahpahaman dan unta mereka dikembalikan. Namun, sebelum itu, pasangan itu memutuskan untuk tetap berada di lokasi karena kepentingan sejarah besar lukisan yang dicatat Mielich. Kemitraan antara Musil dan Mielich menghasilkan publikasi karya dua volume, Kusejr'Amra, di mana gambar Mielich mengambil volume kedua.

Musil menggambarkan reaksi Mielich ketika pertama kali melihat lukisan di Qusayr 'Amra:

Aku mengikuti dia (Mielich) dengan cepat dan dengan dentaman hati, kemudian bisa dimengerti, aku berharap dapat mengamati apa kesan yang dihasilkan lukisan pada ahli seni. Mata saya tertuju kuat pada wajahnya dan saya melihat bahwa dia puas ketika wajahnya berubah bentuk dan matanya berseri-seri dengan antusias. Berkali-kali ia mengucapkan, "Hebat, sangat hebat."

Saat Mielich kembali dari Timur Tengah, pertentangan sengit muncul antara Musil dan Mielich. Hal ini memuncak dalam tindakan hukum seputar pencabutan Mielich dan penjualan beberapa lukisan dinding tanpa sepengetahuan atau persetujuan Musil. Potongan-potongan ini, termasuk potongan-potongan "Painting of the Six King" yang tetap berada di Berlin di mana mereka membentuk bagian dari Museum Islamicher Kunst.

Pa datahun 1910, karya Mielich ditampilkan di pameran Meisterwerke Muhammedanischer Kunst (Mahakarya Seni Muhammedan) di München, sebuah pameran seni eksotis raksasa dan belum pernah terjadi sebelumnya yang menampilkan sekitar 3.600 karya seni dari lebih dari 250 koleksi. Mielich secara teratur memamerkan karya di Wina, Paris, London, serta di berbagai kota di Jerman dan Rusia. Dari 1894, ia adalah anggota dari kelompok seniman Wina "Wiener Kuenstlerhaus".

Dia meninggal di Salzburg pada tahun 1929, usia 65 tahun.

Karya[sunting | sunting sumber]

Publikasi

Kusejr 'amra und Schlösser östlich von Moab (dua volume) Carl Gerold's Sohn, 1907 oleh Alois Musil dan Alphons Mielich

Select list of paintings

  • The Camel Driver Resting
  • On the Nile
  • The Pottery Seller
  • View of the Citadel of Cairo, 1900 [Sekarang di Galeri Nasional Austria]
  • The Desert Castle, Qusair 'Amra, 1901 Sekarang di Galeri Nasional Austria]
  • Man from Assuan, Mesir 1912
  • A Desert Town at Dawn
  • A Lying Bedouin 1909
  • Prayer at the Muhammad Ali Mosque, Kairo, [Sekarang ada di Shafik Gabr]
  • Fellah women, sebuah pemandangan jalan ke Giza dekat Kairo, tahun tidak diketahui
  • School in Benassa, undated [Sekarang di Galeri Nasional Austria]

Daftar pustaka[sunting | sunting sumber]