Alita: Battle Angel

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Alita: Battle Angel
Seorang gadis dengan mata besar yang luar biasa siap dengan pedang besar di tangan.
Teater rilis poster
SutradaraRobert Rodriguez
Produser
Skenario
BerdasarkanBattle Angel Alita
oleh Yukito Kishiro
Pemeran
MusikTom Holkenborg
SinematografiBill Pope[1]
PenyuntingStephen E. Rivkin
Perusahaan
produksi
Distributor20th Century Fox[2]
Tanggal rilis
  • 5 Februari 2019 (2019-2-5) (Indonesia)
  • 14 Februari 2019 (2019-2-14) (Amerika Serikat)
Durasi
122 menit[4]
NegaraAmerika Serikat
BahasaInggris
Anggaran$170 juta[5][3]
Pendapatan kotor$404.7 juta[6]

Alita: Battle Angel adalah sebuah film aksi cyberpunk Amerika Serikat tahun 2019 berdasarkan pada seri manga karya Yukito Kishiro, Gunnm atau Battle Angel Alita. Diproduksi oleh James Cameron dan Jon Landau, film tersebut disutradarai oleh Robert Rodriguez dari sebuah skenario karya Cameron, Rodriguez dan Laeta Kalogridis. Rosa Salazar sebagai Alita, seorang cyborg (robot manusia), dengan pemeran pendukung seperti Christoph Waltz, Jennifer Connelly, Mahershala Ali, Ed Skrein, Jackie Earle Haley dan Keean Johnson.

Awalnya proyek film ini diumumkan pada tahun 2003, produksi dan rilis film ini berulang kali tertunda karena James Cameron lebih memilih menyelesaikan film Avatar dan sekuelnya. Setelah bertahun-tahun mendekam dalam neraka pengembangan, Rodriguez diumumkan sebagai sutradara film pada bulan April 2016, dengan Salazar menjalani casting pada bulan berikutnya. Prinsipal Fotografi dimulai di Austin, Texas, pada Oktober 2016, dan berlangsung hingga Februari 2017.

Alita: Battle Angel ditayangkan perdana di Leicester Square Theatre pada 31 Januari 2019, dan akan dirilis di Amerika Serikat pada 14 Februari 2019 oleh 20th Century Fox dalam Real D 3D, Dolby Cinema dan IMAX 3D format. Film ini menerima pujian untuk efek visualnya, urutan aksi dan kinerja Salazar, dengan beberapa menyebutnya sebagai salah satu adaptasi manga yang lebih baik, sementara kritik diarahkan pada skenario film yang "kacau" dan akhir film yang mengarah ke sekuel.[7]

Plot[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 2563, perang katastropik yang dikenal sebagai "Kejatuhan" telah membuat Bumi hancur. Saat memeriksa kota rongsokan metropolis bernama Iron City, ilmuwan cyborg Dr. Dyson Ido menemukan cyborg wanita tanpa tubuh dengan otak manusia yang sepenuhnya utuh. Ido membangun kembali cyborg tersebut, yang tidak memiliki ingatan tentang masa lalunya, dan menamainya "Alita" sesuai nama putrinya yang telah meninggal, bahkan memasangnya di tubuh yang telah ia bangun untuk Alita 'asli' sebelum ia dibunuh oleh cyborg yang gila.

Alita berteman dengan seorang remaja laki-laki bernama Hugo, yang bermimpi pindah ke kota langit yang kaya, Zalem. Hugo memperkenalkannya pada olahraga kompetitif Motorball, perlombaan pertarungan royale di mana cyborg bertarung sampai mati.

Alita menemukan bahwa Ido adalah Hunter-Warrior(pemburu bayaran) ketika dia mengikutinya suatu malam dan mereka bertemu tiga pembunuh cyborg yang dipimpin oleh Grewishka. Ketika Ido terluka, Alita secara naluriah menyerang cyborg, menewaskan dua dari mereka sementara merusak Grewishka sebelum ia mundur di bawah tanah. Meskipun Alita menemukan kembali keahliannya dalam seni bela diri kuno "Panzer Kunst", Ido mencegahnya dari menjadi Hunter-Warrior. Keesokan harinya, Alita menemukan dan membawa pulang tubuh Berserker dari kapal ARM yang jatuh di luar kota. Ido menolak untuk memasangnya di dalam tubuh, takut akan konsekuensi yang ditimbulkan akibat kompatibilitas penuh Alita dengan tubuh itu; karena kapal itu milik faksi lawan dalam perang yang menghancurkan kota-kota langit lainnya, ini menunjukkan bahwa Alita pada awalnya bagian dari pasukan musuh.

Muak dengan Ido, Alita sendiri mendaftar sebagai Hunter-Warrior. Suatu malam, dia dan Hugo memasuki Kansas Bar untuk meminta Hunter-Warriors lain dalam membantunya mengalahkan Grewishka, tetapi mereka menolak, karena Grewishka tidak ada dalam daftar orang yang dicari. Tiba-tiba, Grewishka dengan badan yang telah ditingkatkan masuk ke bar dan menantang Alita untuk pertandingan ulang, mengungkapkan dia dikirim oleh bosnya, Nova, untuk menghancurkannya. Meskipun memiliki keberanian dan keterampilan seni bela diri, tubuh Alita diiris oleh jari-jari tajam Grewishka, membuatnya menjadi hanya tersisa bagian atas, lengan kiri, dan kepala, tetapi ia mampu merusak mata Grewishka dengan lengannya yang tersisa, memungkinkan Ido, Hugo, dan Hunter-Warrior lain untuk memaksanya mundur. Ido mencangkok Alita di tubuh Berserker, yang secara otomatis berinteraksi dengan sistemnya.

Dengan tubuh barunya, Alita memasukkan namanya dalam lomba ujicoba Motorball, tetapi Ido menemukan bahwa kontestan lain adalah Hunter-Warriors dan cyborg penjahat yang disewa oleh Vector untuk membunuhnya. Selama perlombaan, Hugo, yang membuat Alita jatuh cinta, memanggil Alita dan memintanya untuk menemuinya di gereja yang ditinggalkan. Setelah Alita menyingkirkan kontestan Motorball lainnya, dia menuju ke gereja tua dan dihadapkan oleh Zapan, seorang pemburu hadiah cyborg yang telah menangkap Hugo. Alita mengetahui bahwa Hugo menghabiskan malam-malamnya menyerang cyborg dan mencuri bagian tubuh mereka untuk Vector, pencipta Motorball, dengan Zapan menuduhnya sebagai pembunuh. Zapan kemudian secara fatal melukai Hugo, tetapi Chiren, mantan istri Ido, berhasil menyelamatkan hidupnya dengan membuatnya memenggal kepala dan menggunakan hati Alita untuk menstabilkan otaknya. Zapan mencoba untuk menghentikannya tetapi Alita memotong sebagian wajahnya dengan pedang Zapan sendiri.

Ido mentransplantasikan kepala Hugo ke tubuh cyborg sebelum memberi tahu Alita bahwa tindakan Hugo didasarkan pada kepercayaan yang salah bahwa ia pada akhirnya akan bisa membeli jalannya ke Zalem. Ido mengaku bahwa ini hanya kebohongan yang dibuat oleh Vector, dan bahwa warga Kota Besi tidak akan pernah memasuki Zalem; hanya juara Motorball yang bisa berharap untuk mencapai tujuan seperti itu. Alita memutuskan untuk menghadapi Vector, yang merupakan salah satu dari berbagai 'boneka' yang dapat dikendalikan dari jarak jauh oleh Nova, seorang ilmuwan Zalem yang kuat. Melalui Vector, Nova mengungkapkan kepada Alita bahwa Chiren telah dipanen untuk organnya dan kemudian memerintahkan Grewishka untuk membunuhnya. Alita bertarung dengan Grewishka lagi dan membunuhnya sebelum menusuk Vector, mengatakan pada Nova bahwa dia membuat kesalahan dengan meremehkannya.

Ido kemudian memberi tahu Alita bahwa Hugo telah melarikan diri dan berusaha keras untuk memanjat tabung pabrik menuju Zalem. Alita memohon pada Hugo untuk kembali bersamanya, tetapi tiba-tiba sebuah cincin berduri besar yang dipicu oleh Nova datang meluncur menuruni tabung, merobek-robek tubuh Hugo dan melemparkannya ke udara. Melompat mengejarnya - setelah mendapatkan kembali ingatan akan mengalami serangan yang sama selama Perang Musim Gugur yang asli - Alita berhasil meraih lengannya yang tersisa dan menggunakan pedangnya untuk mengamankan dirinya ke tabung. Sendi siku Hugo tidak bisa menahan dan dia jatuh ke kematiannya, tetapi tidak sebelum dia bisa mengucapkan selamat tinggal.

Beberapa bulan kemudian, Alita telah menjadi atlet bintang dari turnamen Motorball, mempersiapkan pertandingan final yang akan menentukan apakah dia bisa memasuki Zalem. Saat orang banyak bersorak, dia mengarahkan pedangnya ke arah Zalem sementara Nova mengawasinya dari atas.

Pemain[sunting | sunting sumber]

  • Rosa Salazar sebagai Alita, pahlawan cyborg tituler, terungkap berusia tiga abad dan spesies terakhir dari jenisnya.
  • Christoph Waltz sebagai Dr. Dyson Ido, seorang ilmuwan terkenal, Hunter-Warrior dan pelindung Alita.
  • Jennifer Connelly sebagai Chiren, Mantan istri Ido yang diusir bersama putri mereka dari utopia palsu Zalem dan bermimpi untuk kembali.[8]
  • Mahershala Ali dan Edward Norton (tidak terakreditasi) sebagai Vector[9] dan Nova[10]: Vector adalah seorang Hunter-Warrior yang juga pemain pertandingan pertarungan Motorball sementara Nova adalah seorang ilmuwan Zalem yang memiliki kemampuan untuk mentransfer kesadarannya ke tubuh orang lain, kadang-kadang mengendalikan tubuh Vector dan Grewishka.
  • Ed Skrein sebagai Zapan, seorang pemburu hadiah cyborg yang bertugas melacak dan membunuh Hugo.
  • Jackie Earle Haley sebagai Grewishka, cyborg besar yang bekerja untuk Nova sebagai pembunuh pribadinya, berdasarkan sosok Grewcica dari Battle Angel OVA.[11][12]
  • Keean Johnson sebagai Hugo, pasangan Alita yang juga mengajarinya bermain game bergaya gladiator bernama Motorball.
  • Michelle Rodriguez sebagai Gelda, seorang prajurit cyborg dari Mars yang melatih Alita.[13]
  • Eiza González sebagai Nyssiana, a cyborg assassin with a bounty on her head.
  • Lana Condor sebagai Koyomi, an orphaned teen and freelance photographer.
  • Jorge Lendeborg Jr. sebagai Tanji, a friend of Hugo's.
  • Idara Victor sebagai Suster Gerhad, pembantu Ido.
  • Marko Zaror sebagai Ajakutty, seorang pemain Motorball.
  • Elle LaMont sebagai Screwhead, seorang Hunter-Warrior wanita.
  • Leonard Wu sebagai Kinuba, seorang pemain Motorball.
  • Jeff Fahey sebagai McTeague, Hunter-Warrior yang memimpin sekelompok anjing robot.
  • Rick Yune sebagai Master Clive Lee, Hunter-Warrior yang mengklaim rekor lebih dari 200 korban pembunuhan.
  • Casper Van Dien sebagai Amok[14]

Tanggapan kritis[sunting | sunting sumber]

Pada review aggregator Rotten Tomatoes, Alita: Battle Angel memegang peringkat persetujuan 60% berdasarkan 112 ulasan, dengan peringkat rata-rata 6/10. Konsensus kritis situs web tersebut berbunyi, "cerita Alita: Battle Angel" berjuang untuk mengikuti efek khusus, tetapi penggemar aksi fiksi ilmiah futuristik mungkin masih menemukan diri mereka lebih dari cukup terhibur."[15] Di situs Metacritic, film ini memiliki rata-rata tertimbang skor 53 dari 100, berdasarkan pada 28 kritik, yang menunjukkan "tinjauan campuran atau rata-rata".[16]

Michael Nordine dari IndieWire memberikan peringkat film tersebut "B+", dengan mengatakan, "Alita: Battle Angel adalah film terbaik Rodriguez sejak ia membawakan novel grafis karya Frank Miller ke layar lebar, sebuah karya epik sci-fi yang mengangkat sesuatu yang langka di zaman adaptasi dan reboot tanpa akhir: memenuhi potensinya sambil membuat Anda menginginkan lebih".[17] Menulis untuk Variety, Guy Lodge memuji upaya Rodriguez tetapi menyebut film itu "kacau" dan menulis: "Kisah cyberpunk maya ini adalah pertunjukan efek yang sangat lucu, terbebani berlarut-larut dari kisah Frankenstory menantang jiwa, yang mengalami korsleting setiap kali ia bergerak".[18]

Gugatan[sunting | sunting sumber]

Pada 30 Januari 2019, Epic Stone Group, sebuah perusahaan multimedia yang berbasis di Florida, menggugat Twentieth Century Fox karena pelanggaran merek dagang atas nama "Battle Angel". Tuntutan tersebut mengklaim bahwa Epic Stone Group telah mengajukan merek dagang untuk "Battle Angel" pada tahun 2009 untuk permainan komputer, tokoh aksi, dan barang dagangan lainnya, dan telah mengajukan aplikasi baru pada bulan April 2018 untuk menggunakan nama tersebut pada DVD, e-book, film, dan program televisi.[19][20]

Masa Depan[sunting | sunting sumber]

Cameron dan Rodriguez telah mengisyaratkan bahwa film ini dapat menyebabkan beberapa sekuel.[21] Pada 6 Februari 2019, mereka mengumumkan bahwa mereka memiliki rencana untuk Alita: Battle Angel 2 di masa depan. Casting Edward Norton dalam peran non-berbicara sebagai Nova dalam film pertama dimaksudkan untuk menjadi pengaturan untuk sekuel.[10]

Catatan[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Camera Operator Winter 2017". 
  2. ^ a b c "Film releases". Variety Insight. Diakses tanggal April 30, 2017. 
  3. ^ a b Trey Williams and Matt Donnelly (30 Agustus 2018). "11 Riskiest, Priciest Movie Gambles This Fall, From Venom to Mary Poppins Returns". TheWrap. Diakses tanggal 4 Desember 2018. 
  4. ^ "Alita: Battle Angel Home Page". FoxMovies. Diakses tanggal January 13, 2019. 
  5. ^ Joseph Jammer Medina (October 8, 2018). "Alita: Battle Angel – Robert Rodriguez's Biggest Film Has A Budget Around $150 Million". LRM Online. Diakses tanggal October 9, 2018. 
  6. ^ "Alita: Battle Angel (2019)". Box Office Mojo. Diakses tanggal 10 Februari 2019. 
  7. ^ Christopher Campbell (1 Februari 2019). "Alita: Battle Angel Early Reviews: Mind-Blowing Effects Meet A Mind-Numbing Script". Rotten Tomatoes. Diakses tanggal 2 Februari 2019. 
  8. ^ O'Hara, Helen. "Alita: Battle Angel Trailer Breakdown". Empire. 
  9. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama Ali
  10. ^ a b Armitage, Hugh (February 6, 2019). "Alita: Battle Angel plans for the sequel in the Future". Digital Spy. Diakses tanggal February 6, 2019. 
  11. ^ Keys, Rob (November 13, 2018). "James Cameron's Avatar Was Originally Written to be Rated R". Screen Rant. 
  12. ^ Ben Travis, Nick De Semlyen (November 27, 2018). "Alita: Battle Angel – Meet Cyborgs Zapan and Grewishka In Exclusive Images". Empire. 
  13. ^ Giroux, Jack (February 22, 2017). "Michelle Rodriguez Joins Robert Rodriguez's 'Alita: Battle Angel'". Slashfilm. 
  14. ^ DrGrantAICN. "Dr. Grant discusses STARSHIP TROOPERS, ALITA: BATTLE ANGEL, and more with Casper Van Dien!!". 
  15. ^ "Alita: Battle Angel (2019)". Rotten Tomatoes. Fandango. Diakses tanggal February 12, 2019. 
  16. ^ "Alita Battle Angel". Metacritic. CBS Interactive. Diakses tanggal February 12, 2019. 
  17. ^ Michael Nordine (January 31, 2019). "'Alita: Battle Angel' Review: Robert Rodriguez's Sci-Fi Epic Is His Best Film Since 'Sin City'". IndieWire. Diakses tanggal February 1, 2019. 
  18. ^ Guy Lodge (January 31, 2019). "Film Review: 'Alita: Battle Angel'". Variety. Diakses tanggal February 1, 2019. 
  19. ^ Cullins, Ashley (January 30, 2019). "Fox's 'Alita: Battle Angel' Hit With Trademark Lawsuit". The Hollywood Reporter. Diakses tanggal February 4, 2019. 
  20. ^ "Battle Angel - Trademark Details". Justia. Diakses tanggal February 4, 2019. 
  21. ^ Cotter, Padraig (April 28, 2018). "Battle Angel 2 Details". Screenrant. Diakses tanggal February 8, 2019. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]