Al-Hurr at-Tamimi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Al-Hurr at-Tamimi
Nama asalالحر بن يزيد الرياحي
LahirIrak
MeninggalHari Asyura
Karbala
Sebab meninggaltewas dalam pertempuran karbala

Al-Hurr bin Yazid ar-Riyahi at-Tamimi (الحر بن یزید الریاحي التمیمي) adalah salah satu sahabat Husain bin Ali dalam insiden Karbala.[1][2][3][4]

Al-Hurr berasal dari keluarga Bani Tamim yang terkenal di Irak dan salah satu kepala suku Kufah. Atas permintaan Ibn Ziyad, dia dipanggil untuk melawan Husain. Dia meninggalkan kota dalam misi untuk memblokir jalan bagi Husain, dipimpin oleh seribu pengendara terpilih dari Dar al-Amara di Kufah.[5]

Al-Hurr dan Husain[sunting | sunting sumber]

Sejarawan telah meriwayatkan proses bergabung dengan Husain ke: Ketika Hussein mencapai dua rumah Kufah, ia bertemu Al-Hurr ar-Riyahi dan ribuan penunggangnya. Banyak kata yang dipertukarkan antara Husain dan Hurr, dan akhirnya Husain berkata: "(Madinah) aku telah kembali untuk kembali."

Tetapi Al-Hurr menghentikannya dan berkata: "Wahai anak Rasulullah, sekarang kamu menolak untuk datang ke Kufah (bersama Obaidullah), maka ambillah jalan yang tidak menuju Kufah atau Madinah." Husain berkata kepada Hurr: Biarkan ibumu duduk berkabung! Apa yang kamu inginkan? "Jika ada orang Arab kecuali Anda yang mengatakan hal seperti itu kepada saya, saya akan memberikan jawabannya," kata Al-Hurr. "Tapi aku bersumpah demi Tuhan bahwa aku hanya bisa mengambil nama ibumu untuk selamanya."[6][7]

hari Asyura[sunting | sunting sumber]

Akhirnya, dia menemani karavan Husein ke Karbala. Ketika Hurr menyadari bahwa perang dengan Hussein ibn Ali serius, pada pagi hari Asyura, dengan dalih menyirami kudanya, dia meninggalkan kamp Umar Sa'ad dan bergabung dengan karavan Husain. Orang-orang yang bertobat datang ke tenda Hussein dan menyatakan penyesalannya, kemudian meminta untuk diizinkan pergi ke alun-alun. Rupanya, dengan izin Husain, Hurr adalah orang pertama yang pergi ke alun-alun dan, dalam pidato yang efektif, menegur tentara Kufah karena memerangi Husain bin Ali. Kata-katanya hampir membuat sekelompok tentara Omar Saad terkesan dan menghalangi mereka untuk melawan Husain, yang ditembak oleh tentara Umar Sa'ad. Dia kembali ke Hussein dan setelah beberapa saat dia pergi ke alun-alun lagi dan bertarung dengan bangga dan terbunuh. Kesombongannya adalah sebagai berikut[8]:

Sungguh, aku adalah tuan rumah tamuku, aku menurunkan pedangku padamu, dan aku mendukung orang terbaik yang tinggal di tanah Khif, dan aku mengalahkanmu, dan aku tidak takut padamu.

Anekdot[sunting | sunting sumber]

Setelah penaklukan Irak, Ismail I pergi berziarah ke Karbala, di mana ia meragukan kehebatan Hurr. Untuk mengklarifikasi fakta, dia memerintahkan agar kuburannya digali. Mereka menemukan tubuh Hurr dalam pakaian berdarah, dengan luka segar di tubuh dan kepalanya, dan saputangan diikat oleh Husain bin Ali.

Raja Ismail memutuskan untuk melepas saputangan dan mengikat saputangan lain sebagai gantinya, tetapi ketika saputangan dilepas, darah mengalir. Mereka mengikat kepalanya dengan sapu tangan lain, tetapi darahnya tidak berhenti. Tak pelak lagi, mereka mengikat saputangan yang sama dengan yang dia ikat di kepalanya dan darahnya terputus. Raja Ismail kemudian memerintahkan sebuah masjid untuk dibangun di atas makamnya.[8]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "حر بن یزید ریاحی؛ طلایه دار عزت و شرافت". همشهری آنلاین (dalam bahasa Persia). 2012-11-19. Diakses tanggal 2021-10-07. 
  2. ^ "مقالات مرتبط با حر بن یزید - نورمگز". www.noormags.ir. Diakses tanggal 2021-10-07. 
  3. ^ Safi, Omid (2009). Memories of Muhammad: Why the Prophet Matters. New York: HarperCollins. hlm. 249. ISBN 978-0-06-123135-3. 
  4. ^ "Lifestyle of tawbah (turning to Allah) and Karbala". www.al-islam.org (dalam bahasa Inggris). 2015-01-07. Diakses tanggal 2021-10-07. 
  5. ^ "چرا حُر،حُر شد؟". ایسنا (dalam bahasa Persia). 2012-11-22. Diakses tanggal 2021-10-07. 
  6. ^ Jafarian, Rasol. Refleksi gerakan Asyura. 
  7. ^ "دانشنامه جهان اسلام". web.archive.org. 2019-11-12. Archived from the original on 2019-11-12. Diakses tanggal 2021-10-07. 
  8. ^ a b "جستاری تاریخی در اصالت مقبره حر بن یزید ریاحی". پرتال جامع علوم انسانی (dalam bahasa Persia). Diakses tanggal 2021-10-07.