Akiko Yano

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Akiko Yano
Lahir13 Februari 1955 (umur 69)
Tokyo, Jepang
GenreDisko, electronik, funk, pop, jazz, new wave, pop rock, synthpop, soul
PekerjaanPenyanyi, musisi, komposer
InstrumenVokal, piano, synthesizer, keyboard
Tahun aktif1970-an hingga sekarang

Akiko Yano (矢野 顕子, Yano Akiko, lahir dengan nama Akiko Suzuki (鈴木 顕子 Suzuki Akiko); lahir 13 Februari 1955) adalah seorang musisi juga penyanyi beraliran pop dan jazz yang lahir di Tokyo dan besar di Aomori dan kemudian memulai karier menyanyinya pada pertengahan 1970-an. Dia telah disebut "salah satu bakat musik utama dunia musik populer Jepang", dan vokal serta gaya bernyanyinya telah dibandingkan dengan penyanyi Inggris Kate Bush.[1][2]

Dia telah merekam dengan Yellow Magic Orchestra dan anggotanya Ryuichi Sakamoto, Haruomi Hosono dan Yukihiro Takahashi, serta dengan Swing Out Sister, Pat Metheny, The Chieftains, Lyle Mays, anggota Little Feat, David Sylvian, Mick Karn, Kenji Omura, Gil Goldstein, Toninho Horta, Mino Cinelu, Jeff Bova, Charlie Haden, Peter Erskine, Anthony Jackson, David Rhodes, Bill Frisell, Thomas Dolby, Toninho Horta, Jeff Bova, band Quruli, Rei Harakami sebagai Yanokami dan putrinya Miu Sakamoto.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Akiko Yano". Option. 20: 118. 1988. Diakses tanggal July 4, 2011. 
  2. ^ Taylor, Ronald (May 15, 2016). "Akiko Yano reflects on how music has changed after 40 years in the business". Japan Times. Diakses tanggal March 21, 2020. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]