Akademi ilmu pengetahuan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Kantor pusat LIPI, sebuah akademi nasional Indonesia.

Akademi ilmu pengetahuan (juga disebut lembaga ilmu pengetahuan) adalah jenis perhimpunan terpelajar yang berfokus pada penelitian dan pengembangan ilmu dan pengetahuan. Beberapa akademi yang didanai oleh negara berstatus nasional sebagai bentuk kehormatan.

Jenis akademi lainnya adalah "Akademi Seni" atau perpaduan keduanya (seperti Akademi Seni dan Ilmu Amerika). "Akademi Sastra" adalah ungkapan terkait lainnya, yang mencakup sastra.

Sejak ilmu teknik menjadi lebih beragam dan maju, ada kecenderungan baru-baru ini di banyak negara maju untuk menyelenggarakan akademi yang lebih mengkhususkan terhadap ilmu teknik, yaitu akademi teknik nasional terpisah dari akademi ilmu pengetahuan nasional yang lebih umum.[1]

Akademi ilmu pengetahuan berperan penting dalam upaya diplomasi ilmu.[2] Fungsi akademi ilmu pengetahuan semakin penting dalam hubungan internasional. Sebagai contoh, InterAcademy Partnership adalah jaringan dunia yang terdiri dari lebih dari 140 akademi sains, teknik, dan kedokteran anggota nasional, regional, dan dunia.[3] Selain itu, terdapat banyak asosiasi regional seperti AASSA di Asia. ALLEA di Eropa, NASAC di Afrika, dan IANAS di Amerika Latin.

Selain akademi ilmu pengetahuan nasional, kini semakin banyak pula akademi muda nasional.[4] Akademi muda nasional biasanya memilih anggota untuk jangka waktu terbatas, biasanya 4–5 tahun, setelah itu anggota menjadi alumni akademi. Akademi muda biasanya terlibat dengan isu-isu penting bagi ilmuwan muda. Ini termasuk, misalnya, pendidikan sains atau dialog antara sains dan masyarakat. Sebagian besar akademi muda berafiliasi dengan Akademi Ilmu Pengetahuan senior atau dengan jaringan akademi senior. Global Young Academy yang merupakan akademi ilmu pengetahuan (sebagai anggota penuh InterAcademy Partnership) sering bertugas sebagai fasilitator jaringan global akademi muda yang berkembang. Sejak pembentukannya, lebih dari 35 akademi muda nasional telah didirikan. Pada tahun 2019, terdapat 41 akademi muda nasional.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Rexmond, Cochrane (1978). The National Academy of Sciences: The First Hundred Years, 1863-1963. NAP. hlm. 209–211. ISBN 0-309-02518-4. 
  2. ^ Hassan, Mohamed (10 March 2015). "Academies of Science as Key Instruments of Science Diplomacy". Science & Diplomacy. 4 (1). 
  3. ^ "About IAP". www.interacademies.org. Diakses tanggal 2021-06-01. 
  4. ^ "National Young Academies". Global Young Academy (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2019-08-24.