Air Besar, Landak

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Air Besar
Kecamatan
Negara Indonesia
ProvinsiKalimantan Barat
KabupatenLandak
Pemerintahan
 • Camat-
Kepadatan- jiwa/km²

Air Besar adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Landak, Provinsi Kalimantan Barat, Indonesia. Kecamatan Air Besar berada di utara Kabupaten Landak tepatnya di daerah Hulu Sungai Landak. Ibu kota serta pusat pemerintaha Kecamatan Air Besar adalah di Desa Serimbu yang berajarak sekitar 83 Km dari pusat Kabupaten Landak. Kecamatan Landak juag merupakan kecamatan pinggiran Kabupaten Landak serta hanya berjarak 7 Km dari batas negara antara Indonesia dengan Malaysia

Desa/kelurahan[sunting | sunting sumber]

  1. Bentiang
  2. Dango Aji
  3. Engkadik
  4. Engkangin
  5. Jambu Tembawang
  6. Merayuh
  7. Nyari
  8. Parek
  9. Sekendal
  10. Sempatung Lawek
  11. Semuntik
  12. Sepangah
  13. Serimbu
  14. Tenguwe
  15. Temoyok
  16. Tengon Pelaik

Batas-batas Wilayah[sunting | sunting sumber]

  1. Sebelah Barat: Kecamatan Meranti dan Kabupaten Bengkayang
  2. Sebelah Timur: Kabupaten Sanggau
  3. Sebelah Utara: Kabupaten Bengkayang
  4. Sebelah Selatan: Kecamatan Kuala Behe

Geografi[sunting | sunting sumber]

Kecamatan Air Besar berada di pedalaman Pulau Kalimantan mempunyai hutan yang masih sangat alami serta sungai sungai yang besar serta gunung. Sungai utama yang melintasi wilayah ini adalah Sungai Landak serta Gunung. Kecamatan Air Besar terdiri dari dataran rendah alur sungai dan dataran tinggi dengan ketinggian rata rata 200-1.000 meter di atas permukaan air laut. Gunung tertinggi di Kecamatan Air Besar adalah Gunung Merdai di Pegunungan Bentuang (1.392 Mdpl). Gunung lainnya adalah Gunung Sebabak (1.300 Mdpl), Gunung Caramin (1.150 Mdpl), Gunung Buadong (1.150 Mdpl), Gunung Serimau (1.100 Mdpl), dan Gunung Setutuk (752 Mdpl). Wilayah ini sebagian besar terdiri atas formasi Selangkai dengan susunan serpih, batulumpur karbonan, batu lanau, batu pasir dan sedikit tufa yakni seluruh bagian dataran rendah. Sementara di perbukitan bergawir terjal wilayah ini merupakan formasi Batupasir Kayan seperti di Pegunungan Gunung Serimau-Buandong-Sebabak dan di Pegunungan Bentuang serta Pegunungan Setutuk. Formasi Kayan ini terdiri atas Batupasir kuarsa-felspar, serpih, batulanau, sedikit konglomerat, dan batubara. Sedangkan Batuan Gunungapi Niut tersebar di bagian utara Desa Merayuh hingga Nyari dan Lembah Desa Bentiang Madomang.

Pariwisata[sunting | sunting sumber]

Kecamatan Air Besar terkenal dengan keindahan alam berupa air terjun. Salah satu air yang besar dan indah serta terkenal di diwlayah ini adalah Air Terjun Melanggar atau juga disebut Air Terjun Banangar dan Menanggar. Air terjun ini berada di Dusun Perbuah, Desa Merayuh. Letak air terjun ini berada di hulu serta terbentuk akibat adanya patahan Sungai Landak. Air terjun Melanggar memiliki ketinggian sekitar 60 meter dan lebar 60 meter yang menyajikan pesona alam yang sangat indah. Kecamatan Air Besar juga memiliki sejumlah air terjun lainnya diantaranya:

  1. Air Terjun Terinting di Desa Engkangin
  2. Air Terjun Riam Dait di Desa Sekendal
  3. Air Terjun Bentuang di Desa Merayuh
  4. Air Terjun Bedawan di Desa Dango Aji
  5. Air Terjun Meruban di Desa Serimbu
  6. Air Terjun Padelembayung di Desa Bentiang
  7. Air Terjun Setiin di Desa Tenguwe
  8. Air Terjun Berui di Desa Serimbu
  9. Air Terjun Ringin di Desa Sepangah
  10. Air Terjun Unga di Desa Sempatung Lawek

Referensi[sunting | sunting sumber]