Aimeliik

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Letak Aimeliik di Palau

Aimeliik adalah wilayah administratif dari negara Palau. Aimeliik adalah satu dari 16 negara bagian di Palau. Aimeliik memiliki luas wilayah 52km² dan berpenduduk 270 jiwa (sensus 2005). Ibu kotanya adalah Desa Mongami.

Pulau ini adalah lokasi untuk pembangkit listrik terbesar di Palau. Negara bagian ini berada tidak jauh dari bandara internasional Palau

Geografi[sunting | sunting sumber]

Aimeliik terletak di sudut barat daya Pulau Babeldaob. Meliputi sekitar 37km² dan kawasan mangrove. Aimeliik mencakup perbukitan gelinding rendah, daerah sekitar Teluk Ngchemiangel, dan medan sangat curam dan terjal di sepanjang pantai barat utara Desa Medorm. Desa-desa yang dihuni di Aimeliik meliputi (sepanjang pantai, dari selatan ke utara): Imul, Ngerkeai, Chelechui, Ngchemiangel, Medorm. Di sebelah utara, Sungai Tabcheding diakui sebagai batas dengan Ngatpang. Di sisi timur, Aimeliik meluas ke Kedam Rael, tonjolan pusat pada Babeldaob Island. Di Tenggara, batas dengan Airai terletak di sepanjang punggung bukit ke dalam Sungai, kilometer atau lebih selatan Ngerderar. Aimeliik juga salah satu negara bagian Palau yang terkenal akan perikanan, wisata, dan garam.