Ahlu Sunna Waljama'a

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Ahlu Sunna Waljama'a
Ahlu Suna Waljamaaca
Terlibat dalam Perang Saudara Somalia
Flag of Ahlu Sunnah Waljamaca.svg
Aktif1991 – sekarang
IdeologiSufisme
KelompokMulti-klan, meskipun pada umumnya terdiri dari klan Dir,[1] Marehan & Habar Gidir
PemimpinSheikh Ibrahim Sheikh Hassan (Kepala Negara) (Guureeye) (Ketua Umum)[2]
Shaykh Mahmud Shaykh Hasan Farah (Pemimpin Spiritual)
Omar Mo’allim Nur (Komandan di Banaadir)[3]
PusatAbuwaq
Wilayah operasiGalgudug, Hiran, Gedo, Bakool
Kekuatan5,000[4]
SekutuBendera Somalia Pemerintah Federal Somalia
Jubbaland2.png Gerakan Raskamboni
AMISOM
MusuhShababFlag.svg Harakat al-Shabaab Mujahideen
Flag of Jihad.svg Al-Qaeda

Ahlu Sunna Waljama'a atau ASWJ (bahasa Somali: Ahlu Suna Waljamaaca), adalah kelompok paramiliter yang berbasis di Somalia. Anggota kelompok ini terdiri dari sufi moderat yang menentang kelompok Islam radikal seperti Al-Shaabab. Mereka berjuang untuk mencegah agar Syariah dan Wahhabisme tidak dipaksakan, dan melindungi tradisi Sunni-Sufi setempat dan umumnya memiliki pandangan religius yang moderat.[5] Selama perang sipil, kelompok ini bekerja sama dengan pemimpin faksi, Mohamed Farrah Aidid.[6]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Georg-Sebastian Holzer. "Somalia's new religious war". Isn.ethz.ch. Diakses tanggal 15 Oktober 2014. 
  2. ^ "Somalia: Ahlu Sunna – We resolved our antenatal disagreements". Shabelle Media Network. March 31, 2011. Diarsipkan dari versi asli tanggal 23 Juli 2011. Diakses tanggal 31 Maret 2011. 
  3. ^ "Gulf of Aden Security Review". Jane’s. 16 Desember 2010. Diarsipkan dari versi asli tanggal 20 Desember 2016. Diakses tanggal 29 Maret 2011. 
  4. ^ "Report of the Monitoring Group on Somalia pursuant to Security Council resolution 1853" (PDF). United Nations. 2008. hlm. 12. Diakses tanggal 6 Juni 2017. 
  5. ^ Mohamed Mohamed (8 Juni 2009). "Somali rage at grave desecration". BBC News. BBC Somali Service. Diakses tanggal 1 April 2010. Sebagian besar orang Somalia adalah penganut Sufi Muslim, yang tidak memiliki interpretasi Islam Wahabi yang terinspirasi dari Arab Saudi dengan kelompok garis keras al-Shaabab. Mereka menghargai musik, menari dan melakukan meditasi dan terkejut dengan penodaan terhadap makam.... Kelompok payung Ahlu Sunnah Wal Jama (sekte Sufi di Somalia) telah mengutuk tindakan yang mereka sebut sebagai ideologi Wahhabisme modern dan penodaan makam. Mereka melihat Wahhabisme sebagai sesuatu yang asing dan tidak memiliki nilai Islami. 
  6. ^ "Counter-terrorism in Somalia: How external interference helped to produce militant Islamism" (PDF). Webarchive.ssrc.org. Diakses tanggal 15 Oktober 2014. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Templat:War in Somalia (2009–)