Agama (kadal)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Agama
Red-headed Rock Agama.jpg
Agama batu kepala merah (Agama agama) di Kenya.
Klasifikasi ilmiah
Kingdom: Animalia
Filum: Chordata
Subfilum: Vertebrata
Kelas: Sauropsida
Ordo: Squamata
Subordo: Lacertilia
Famili: Agamidae
Subfamili: Agaminae
Genus: Agama
Daudin, 1802

Agama adalah genus kadal pemakan serangga berekor panjang yang terdiri dari 47 spesies yang tersebar di seluruh Afrika. Salah satu spesiesnya adalah kadal Agama kepala merah (Agama agama), yang habitatnya tersebar di wilayah Afrika Sub-Sahara.

Pengenalan[sunting | sunting sumber]

Warna tubuh setiap spesies bervariasi, terutama yang jantan. Biasanya dominan merah, cokelat tua, cokelat pucat, biru muda, atau oranye muda, atau bahkan kombinasi dari warna-warna tersebut. Warna tubuh dapat berubah-ubah tergantung keadaan lingkungan atau emosi dari kadal jantan. Contohnya, jika agama jantan berkelahi, kepalanya akan berubah coklat dan bintik putih muncul di badan. Panjang tubuh setiap spesies juga bervariasi, seringnya antara 12.5 cm sampai 30 cm.[1]

habitat kadal Agama adalah hutan dan padang rumput (stepa/sabana). Beberapa spesies juga menghuni gurun di Afrika Utara, meskipun mereka memilih menghindari gurun di siang hari karena sangat panas. Akan tetapi, karena habitat aslinya dimusnahkan, mereka memilih beradaptasidi daerah permukiman manusia dan habitat baru. Biasanya tinggal dalam tumpukan jerami dan tempat-tempat berongga lainnya dan keluar hanya untuk mencari makan. Jika terlihat di ruang terbuka, kadal Agama dapat berlari dengan cepat dengan bertumpu pada kaki belakang untuk mencapai tempat berlindung. Kadal Agama aktif pada siang hari dan sering terlihat berlari untuk menangkap makanannya. Kadal Agama tahan terhadap lingkungan dengan suhu yang tinggi dibandingkan reptil lain pada umumnya. Tetapi, ketika suhu mencapai lebih dari 38 °C (100 °F), mereka akan berteduh dan menunggu hingga dingin. Semua jenis kadal Agama umumnya memakan serangga insektivora. Gigi depan mereka yang menyerupai gigi seri dirancang untuk memotong dan mengunyah mangsa mereka dengan cepat. Mereka juga memakan rumput, beri, biji-bijian, dan bahkan telur kadal lain yang lebih kecil.[2]

Kadal Agama jantan sering berkelahi ketika berebut wilayah atau ketika musim kawin. Perkelahian diawali dengan gerakan kepala mengayun atas dan bawah serta gerakan memutar untuk menakut-nakuti lawan. Saat terjadi adu fisik, mereka mengibaskan ekor mereka dan saling mengancam dengan rahang terbuka. Dalam beberapa kejadian, salah satu kadal jantan sampai kehilangan ekor karena perkelahian tersebut. Seperti jantan, kadal Agama betina terkadang juga saling mengejar dan berkelahi dengan maksud yang sama: mempereputkan wilayah. Kadal Agama berkembangbiak dengan bertelur (ovipar).[1]

Daftar spesies[sunting | sunting sumber]

Berikut adalah daftar spesies Agama Sp. menurut Situs Reptile Database.[3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Burton, Robert (1974). Burton, Maurice, ed. The Funk & Wagnalls Wildlife Encyclopedia (dalam bahasa Inggris). 1. New York, N.Y.: Funk and Wagnalls. OCLC 20316938. 
  2. ^ Linné, Carl von (1758). Systema naturae per regna tria naturae. 1 (edisi ke-10th). hlm. 215 – via Biodiversity Heritage Library. 
  3. ^ http://reptile-database.reptarium.cz/advanced_search?taxon=Agamidae&genus=Agama&exact%5B0%5D=taxon&exact%5B1%5D=genus&submit=Search

Bacaan lanjutan[sunting | sunting sumber]

  • Daudin FM (1802). Histoire Naturelle, Générale et Particulière des Reptiles; Ouvrage faisant suite à l'Histoire Naturelle générale et particulière, composée par Leclerc de Buffon; et rédigée par C.S. Sonnini, membre de plusieurs sociétés savantes. Tome troisième [Volume 3]. Paris: F. Dufart. 452 pp. (Agama, new genus, p. 333). (in French).
  • Manthey, Ulrich; Schuster, Norbert (1996). Agamid Lizards. U.S.A.: T.F.H Publications Inc. 189 pp. ISBN 978-0793801282.
  • Spawls, Stephen; Howell, Kim M.; Drewes, Robert C. (2006). Reptiles and Amphibians of East Africa. Princeton, New Jersey: Princeton University Press. ISBN 978-0691128849.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]