Agama (kadal)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
?Agama
Agama batu kepala merah (Agama agama) di Kenya.
Agama batu kepala merah (Agama agama) di Kenya.
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan: Animalia
Filum: Chordata
Upafilum: Vertebrata
Kelas: Sauropsida
Ordo: Squamata
Upaordo: Lacertilia
Famili: Agamidae
Upafamili: Agaminae
Genus: Agama
Daudin, 1802

Agama adalah suatu genus kadal pemakan serangga berekor panjang. Genus agama terdiri atas sedikitnya 37 spesies yang tersebar di seluruh Afrika. Ukuran panjang tubuhnya bervariasi, dari 12,5 hingga 30 cm, dan beraneka warna.

Salah satu spesiesnya adalah agama batu kepala merah (Agama agama), yang habitatnya tersebar di wilayah Afrika Sub-Sahara. Warnanya coklat tua di waktu malam, tetapi setelah subuh, warna dari jantan akan berubah, badannya akan menjadi biru muda, kepala dan ekor oranye muda. Warna ini dapat berubah tergantung keadaan hati dari si jantan. Contohnya, jika agama jantan berkelahi, kepalanya akan berubah coklat dan bintik putih muncul di badan.

Agama pada awalnya hidup di dalam hutan dan semak Afrika, tetapi karena habitat aslinya dimusnahkan, mereka beradaptasi hidup di daerah permukiman manusia dan habitat baru. Mereka tinggal dalam tumpukan jerami dan tempat-tempat kecil lainnya dan keluar hanya untuk mencari makan. Jika terlihat di ruang terbuka, agama dapat berlari dengan cepat dengan titik tolak pada kaki belakang untuk mencapai tempat berlindung. Agama gurun masih dapat ditemukan di daerah kering Afrika Utara. Meskipun disebut agama gurun, mereka juga menghindari melintasi padang pasir kosong.[1]

Agama aktif pada siang hari dan sering terlihat berlari untuk menangkap makanannya. Mereka dapat menahan suhu yang lebih tinggi daripada kebanyakan reptil, tapi pada sore hari ketika suhu mencapai sekitar 38°C (100°F) mereka akan berteduh dan menunggu hingga dingin. Agama jantan sering berkelahi. Perkelahian diawali dengan gerakan kepala mengayun atas dan bawah serta gerakan memutar untuk menakut-nakuti lawan. Saat terjadi adu fisik, mereka mengibaskan ekor mereka dan saling mengancam dengan rahang terbuka. Banyak jantan yang lebih tua kehilangan ekor karena perkelahian tersebut. Agama betina terkadang saling mengejar dan berkelahi, sementara agama-agama kecil menirukan dewasa sebagai proses belajar.[1]

Agama utamanya adalah insektivora. Gigi depan mereka yang menyerupai gigi seri dirancang untuk memotong dan mengunyah mangsa mereka dengan cepat. Mereka dapat juga memakan rumput, beri, biji, dan bahkan telur kadal-kadal yang lebih kecil.

Daftar spesies[sunting | sunting sumber]

Spesies-spesies berikut diklasifikasikan berada dalam genus Agama:[2]

agama tanah (Agama aculeata) betina, Tanzania

Catatan: Autoritas binomial dalam tanda kurung menunjukkan bahwa spesies tersebut awalnya diklasifikasikan dalam genus selain Agama.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Burton, Robert (1974). In Burton, Maurice. The Funk & Wagnalls Wildlife Encyclopedia (dalam bahasa Inggris) 1. New York, N.Y.: Funk and Wagnalls. OCLC 20316938. 
  2. ^ "Agama". Reptile Database. 2011. Diakses 03-02-2014. 
  3. ^ Beolens, Bo; Watkins, Michael; Grayson, Michael (2011). The Eponym Dictionary of Reptiles (dalam bahasa Inggris). Baltimore: Johns Hopkins University Press. hlm. 117. ISBN 978-1-4214-0135-5. 

Bacaan lanjutan[sunting | sunting sumber]

  • Manthey, Ulrich; Schuster, Norbert (1996). Agamid Lizards (dalam bahasa Inggris). TFH Publications Inc. ISBN 0793801281. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]