Adolf II dari Holstein

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Adolf II dari Holstein
PasanganMechthild dari Schwarzburg-Käfernburg
Keluarga bangsawanWangsa Schaumburg
BapakAdolf I dari Holstein
IbuHildewa
Lahirskt. 1128
Meninggal6 Juli 1164
Verchen
PemakamanMinden

Adolf II Holstein (skt. 1128 – 6 Juli 1164) merupakan seorang Comte Schauenburg dan Holstein dari tahun 1130 sampai kematiannya, meskipun ia sempat keluar dari Holstein dari tahun 1137 sampai 1142. Ia menggantikan ayahandanya Adolf I di bawah pemerintahan ibundanya, Hildewa.

Setelah kematian Kaisar Lothar II (1137), raja baru, Konrad III, memberikan Kadipaten Sachsen kepada Albrecht sang Beruang. Oleh karena itu, Adolf kehilangan kekuasaan Holstein karena dia adalah pendukung Welf dan menolak untuk mengakui Albrecht sebagai adipati. Dia hanya menerimanya pada tahun 1142 saat Konrad dan Heinrich der Löwe didamaikan.

Pada tahun 1143, Heinrich dan Adolf membagi pemerintahan tanah Slavia ke timur mereka. Adolf menerima Wagria dengan kota utamanya, kastil Sigberg, dibangun oleh Lothar, dan Heinrich menerima Polabia dengan Ratzeburg sebagai ibu kotanya. Sigberg menjadi kepala benteng utama Adolf dan kedudukan resminya. Adolf mempromosikan agama Kristen di tanah barunya, terutama melalui karya misionaris Vicelinus. Adolf, yang didorong oleh Lothar, mempromosikan penjajahan Jerman di wilayah Slavianya, terutama dengan penjajah dari tidak hanya tanahnya sendiri tapi juga dari Westfalen, Flandria, Holandia, Utrecht, dan Frisia.

Pada tahun 1143 atau 1144, Adolf membangun Lübeck, pelabuhan Jerman pertama di Laut Baltik. Adolf juga membangun benteng pertama (1143) di Lübeck: konstruksi kayu dan bumi. Pada tahun 1157, Lübeck dibakar dan dibangun kembali oleh Heinrich der Löwe, yang kemudian dipindahkan Adolf pada tahun 1159.

Adolf mendukung Svend III Denmark melawan penggugat Knud V dalam sebuah perselisihan mengenai takhta Denmark. Knud, dengan bantuan Etheler von Dithmarschen, menyerang Holstein dan membakar Oldenburg in Holstein, menghancurkan pantai utara Jerman.

Pada tahun 1159, Adolf menemani Kaisar Friedrich I ke Italia dan pada tahun 1164 dia membantu Heinrich der Löwe melawan Obotrite, tewas dalam Pertempuran Verchen. Ia dimakamkan di Minden. Ia digantikan oleh putranya, Adolf III, di bawah perwalian jandanya, Mechtild dari Schwarzburg-Käfernburg.

Sumber[sunting | sunting sumber]

Adolf dari Schauenburg
Lahir: skt. 1128 Meninggal: 6 Juli 1164 di Verchen
Gelar kebangsawanan
Didahului oleh:
Adolf I
Comte Holstein
1130–1137
Diteruskan oleh:
Heinrich
Comte Schauenburg
1130–1164
Diteruskan oleh:
Adolf III
Didahului oleh:
Heinrich
Comte Holstein
1142–1164