Adiprajurit

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Sebuah konsep kerangka luar bertenaga yang dirancang untuk Inisiatif Prajurit Masa Depan 2030 .

Adiprajurit (atau prajurit super ) adalah prajurit konsep yang mampu beroperasi melampaui kemampuan manusia normal melalui augmentasi teknologi, mulai dari kerangka luar bertenaga hingga rejimen pelatihan lanjutan atau (dalam penggambaran fiksi) modifikasi genetik atau augmentasi sibernetik.

Ikhtisar dan sejarah sastra[sunting | sunting sumber]

Adiprajurit biasa ditemukan dalam literatur fiksi ilmiah militer, film, dan video game. Contohnya termasuk Starship Troopers oleh Robert A. Heinlein dan The Forever War oleh Joe Haldeman . Adiprajurit juga lazim di dunia fiksi ilmiah Warhammer 40.000 dan prekuelnya The Horus Heresy . Kritikus Mike Ryder berpendapat bahwa adiprajurit yang digambarkan di dunia ini berfungsi sebagai cerminan isu-isu terkini seputar kedaulatan, etika militer, dan hukum.[1] Marvel Comics, dan juga Marvel Cinematic Universe, menampilkan beragam pahlawan dan penjahat yang kekuatannya diperoleh melalui berbagai upaya bersaing untuk menciptakan adiprajurit, termasuk Captain America, Hulk, Tengkorak Merah Jerman, dan Penjaga Merah Rusia.[2]

Adiprajurit fiksi biasanya diperkuat secara besar-besaran, baik melalui cara bedah, eugenika, rekayasa genetika, implan cybernetic, obat-obatan, cuci otak, peristiwa traumatis, program pelatihan ekstrem, atau cara ilmiah dan pseudoscientific lainnya. Kadang-kadang, beberapa contoh juga menggunakan metode atau teknologi paranormal dan ilmu pengetahuan yang berasal dari luar bumi . Dalam dunia hiburan, pembuat program semacam itu sering kali dipandang sebagai ilmuwan gila atau personel militer yang tegas, bergantung pada penekanannya, karena program mereka biasanya melampaui batas etika dalam mengejar ilmu pengetahuan atau kekuatan militer. Beberapa penggambaran secara khusus dapat dikategorikan sebagai cyborg atau organisme sibernetik karena sifat sibernetik dari augmentasinya. [3]  

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Ryder, Mike (2021). "Conscripts from birth: war and soldiery in the grim darkness of the far future" (PDF). Fantastika. 5 (1). Diarsipkan dari versi asli (PDF) tanggal 12 November 2022. Diakses tanggal 12 November 2022. 
  2. ^ Hood, Cooper (June 3, 2020). "All 23 Super Soldiers Created In The MCU (Not Just Captain America)". ScreenRant. 
  3. ^ Krishnan, Armin (24 October 2013). "The Cyborgization of Human Soldiers". Footnote1. Diarsipkan dari versi asli tanggal 24 May 2015. Diakses tanggal 1 May 2015.