Acil Bimbo

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Acil Darmawan Hardjakusumah
Acil-bimbo-2006.jpg
Lahir Acil Darmawan Hardjakusumah
(lahir di Bandung, Jawa Barat, 20 Agustus 1943; umur 73 tahun
Bendera Hindia Belanda Bandung
Suku Sunda
Pekerjaan Budayawan Sunda
Kerabat
Acil Bimbo menolak penggenangan Jatigede yang merupakan salah satu kawasan leluhur peradaban Sunda di Sumedang Larang.[1]

Acil Darmawan Hardjakusumah, SH. atau Acil Bimbo (lahir di Bandung, Jawa Barat, 20 Agustus 1943; umur 73 tahun adalah salah satu personel Bimbo, grup musik dari Indonesia. Beristrikan Ernawati dan dianugerahi 4 orang anak dan 3 cucu, termasuk kedua anggota Generasi 5 dari grup idola asal Indonesia JKT48, yaitu Hasyakyla Utami dan Adhisty Zara.

Anak ke-2 dari 7 bersaudara ini adalah Ketua sebuah Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) bernama Bandung Spirit, yang berdiri tahun 2000, serta Pembina & Penasihat di beberapa organisasi sosial kemasyarakatan dan kebudayaan. Aktif mengadakan berbagai kegiatan dan berpartisipasi dalam kegiatan sosial dan kebudayaan di dalam dan luar negeri.

Pendidikan[sunting | sunting sumber]

Acil merupakan lulusan Fakultas Hukum Universitas Padjajaran Bandung 1974 dan kemudian menyelesaikan pendidikan di Notariat Universitas Padjajaran Bandung pada tahun 1994.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Proyek Waduk Jatigede telah dirintis sejak era Sukarno tersebut menyisakan persoalan yang kompleks selain mengakibatkan enam belas ribu warga Kabupaten Sumedang yang terdampak, bencana ekologi yang menyebabkan hilangnya sekitar 1 juta lahan hijau produktif, ancaman pengangguran massif, puluhan situs kebudayaan Sunda sejak era abad ke-8 hingga Kerajaan Pajajaran terancam tenggelam. Proyek multinasional tersebut menyisakan persoalan yang belum terselesaikan hingga detik peluncuran penggenangan yang dibuka oleh Presiden Jokowi akhir Agustus 2015