Ace Ventura: When Nature Calls

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Ace Ventura: When Nature Calls
AceVenturaWhenNatureCallsposter.jpg
Poster Ace Ventura: When Nature Calls
Sutradara Steve Oedekerk
Produser Gary Barber
Bob Israel
Andrew G. La Marca
James G. Robinson
Penulis Jack Bernstein (karakter)
Steve Oedekerk
Pemeran Jim Carrey
Ian McNeice
Simon Callow
Maynard Eziashi
Bob Gunton
Sophie Okonedo
Tommy Davidson
Musik Robert Folk
Sinematografi Donald E. Thorin
Studio Morgan Creek Productions
O Entertainment
Distributor Warner Bros. Pictures
Tanggal rilis
Durasi 90 menit
Negara Amerika Serikat
Bahasa Bahasa inggris
Anggaran $30 juta
Pendapatan kotor $212,385,533[1]

Ace Ventura: When Nature Calls adalah sekuel film tahun 1995 dari film sebelumnya pada tahun 1994, Ace Ventura: Pet Detective. Jim Carrey memerankan lagi perannya sebagai karakter utama Ace Ventura, seorang detektif yang mengkhususkan diri dalam penyelamatan hewan peliharaan atau hewan yang tawanan.Lawan mainnya antara lain Ian McNeice, Simon Callow, dan Sophie Okonedo, sedangkan Tommy Davidson, yang ikut membintangi dengan Carrey di acara In Living Color, membuat penampilan cameo dalam film ini.

Film ini ditulis dan disutradarai oleh Steve Oedekerk, yang juga bekerja sama dalam pembuatan film sebelumnya; Tom Shadyac telah meninggalkan setelah penembakan dimulai. Film ini telah mengembangkan penggemar yang besar sejak rilis. Hal ini diikuti oleh sekuel direct-to-video, Ace Ventura Jr: Pet Detective, pada tahun 2009.

Plot[sunting | sunting sumber]

Setelah percobaan penyelamatannya gagal terhadap sebuah rakun di Pegunungan Himalaya (parodi dari Cliffhanger), Ace Ventura mengalami suatu gangguan emosional dan bergabung dengan Biara Tibet. Disana, ia didekati oleh Fulton Greenwall, seorang koresponden Inggris yang bekerja untuk Konsulat provinsi di suatu negara fiksi di Afrika yakni negara Nibia. Karena pengaruh Ace mengganggu biara, Kepala Biara memberikan berbagai alasan kepada Ace agar ia pergi dari Biara tersebut, dan mengirimkan dia kepada Greenwall.

Setelah itu, Greenwall menanyai Ventura untuk menemukan kelelawar putih 'Shikaka', sebuah hewan suci dari suku Wachati, yang menghilang tak lama setelah ditawarkan sebagai mahar dari Putri Wachati, yang diatur untuk menikah dengan Pangeran Wachootoo untuk membentuk gencatan senjata antara dua suku yang bersekutu. Ditemani oleh monyet Capuchin miliknya, Spike, Ace melakukan perjalanan ke Afrika untuk mencari kelelawar yang hilang itu.

Setelah tiba di Nibia dan bertemu dengan konsul Vincent Cadby, Ace mulai menyelidiki kasusnya serta kemungkinan tersangka, tetapi harus mengatasi ketakutannya akan kelelawar untuk terus melakukannya. Ia berkeliling ke desa suku Wachati, di mana ia belajar bahwa jika kelelawar tidak dikembalikan dalam waktu yang telah ditetapkan, Wachootoo akan menyatakan perang terhadap suku Wachati. Setelah itu banyak aktivitas dimana Ace melibatkan penghilangan tersangka dan eskalasi abadi menumbuhkan ancaman antara Wachati dan Wachootoo. Hal ini sulit, dan dibuat lebih dengan insiden lainnya diantarnya upaya untuk membunuhnya, serangkaian tugas melelahkan yang ditetapkan oleh suku Wachootoo, dan upaya sang putri Wachati untuk merayunya.

Bingung dengan misteri ini, Ace berkonsultasi Kepala Biara melalui proyeksi astral. Disarankan oleh sang biksu, Ace menyimpulkan bahwa Vincent Cadby telah mengambil kelelawar dan mempekerjakan Ace untuk mengalihkan kecurigaan dari dirinya sendiri, setelah direncanakan untuk membiarkan suku-suku saling menghancurkan sehingga ia kemudian dapat menguasai gua-gua kelelawar banyak mengandung guano yang dapat dijual sebagai pupuk. Ketika Ace menghadapi Cadby dengan pengetahuan ini ia ditangkap oleh kepala keamanan suku Hitu, tetapi memanggil sebuah gajah untuk melarikan diri, dan kemudian memanggil kawanan hewan hutan untuk menghancurkan rumah Cadby itu. Cadby kemudian mencoba untuk menembak Ace, tetapi digagalkan oleh Greenwall yang meninju wajahnya. Cadby lolos dengan kelelawar di mobil, tapi Ace mengikutinya dalam truk raksasa Dalam pengejaran, Ace menghancurkan mobil Cadby, meninggalkan kandang kelelawar tersangkut di pohon sementara Cadby lolos.

Ace, meskipun dia ciroptofobia, secara dramatis kembali kelelawar untuk suku-suku, dan Cadby, menonton di dekatnya, ditemukan oleh Pangeran Wachati Ouda dan dikejar oleh kedua suku, yang kemudian diperkosa oleh gorila punggung perak betina yang sedang musim kawin. Putri lalu menikah dengan Pangeran, yang merupakan juara gular yang berhasil mengalahkan Ace sebagai salah satu tantangan suku Wachootoo. Beberapa saat kemudian, diketahui bahwa sang puteri tidak lagi perawan, tampaknya Ace yang menjadi penyebabnya. Kedua suku kemudian mengejar Ace, menjadi konklusi dari film ini.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Penghargaan[sunting | sunting sumber]

1996 ASCAP Award[sunting | sunting sumber]

1996 American Comedy Award[sunting | sunting sumber]

  • Funniest Actor in a Motion Picture (Leading Role) - Jim Carrey (Nominasi)

1996 Kid's Choice Awards[sunting | sunting sumber]

  • Favorite Movie - (Menang)
  • Favorite Movie Actor - Jim Carrey (Menang)

1996 MTV Movie Awards[sunting | sunting sumber]

  • Best Male Performance - Jim Carrey (Menang)
  • Best Comedic Performance - Jim Carrey (Menang)
  • Best Kiss - Jim Carrey dan Sophie Okonedo (Nominasi)

1996 Razzie Awards[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]