Abuya Ja'far

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Ja'far At-Thayyar
Bismillahirahmanirahim
Dr. KH. Ja'far At-Thayyar, Lc., MA.
Ja'far At-Thayyar
جعفر الطيار
Nama dan Gelar
Nama
NamaJa'far At-Thayyar
Nama (arabic)جعفر الطيار
Nama lainnya
Abuya Ja'far
Kelahirannya
Tanggal lahir (M)8
Bulan lahir (M)April
Tahun lahir (M)1979
Tempat lahirGresik
Negara lahir
(penguasa wilayah)
Indonesia
Tanggal lahir
8 April 1979 (umur 40)
Tempat lahir
Bendera Indonesia Gresik
Usia (Tahun hijriyah)
Usia (Tahun masehi)
± 40 Tahun
Agama, Identitas, Kebangsaan
Agama Islam
Etnis (Suku bangsa)
Etnis
(Suku bangsa)
Jawa
KebangsaanIndonesia
Kewarganegaraan
Kewarganegaraan Indonesia
Bantuan kotak info

Dr. KH. Ja'far At-Thayyar, Lc., MA. (Arab: جعفر الطيار) yang lebih akrab disapa Abuya Ja'far (lahir di Kabupaten Gresik, Jawa Timur, 8 April 1979; umur 40 tahun) adalah pengasuh Pondok Pesantren Nurul Hayah yang berpusat di Brebes. Beliau masih memegang peran aktif dalam dakwah agama Islam, khususnya daerah sekitar Brebes, Cirebon, dan Kuningan. Beliau juga termasuk salah satu pembina Yayasan Al-Khoeriyah di Cibingbin, Jawa Barat.

Mendirikan Pondok Pesantren[sunting | sunting sumber]

Abuya Ja'far mendirikan Yayasan dan Pondok Pesantren dengan nama Nurul Hayah yang pusatnya berada di wilayah Kabupaten Brebes. Beliau adalah alumni Mambaus Sholihin, Gresik, dan setelah lulus melanjutkan masa studinya di Universitas Al-Ahgaff, Yaman. Setelah kepulangan beliau ke Indonesia, beliau mengajar di Pondok Pesantren Al-Bahjah, di bawah pengasuh Buya Yahya. Setelah beberapa tahun di sana, beliau ke Brebes dan mendirikan Yayasan Nurul Hayah, dan pada tahun 2018 mulai dibangun Pondok Pesantren Nurul Hayah.

Saat ini, Nurul Hayah masih dalam proses pembangunan, dan masih dalam tahap penyelesaian. Direncanakan, tahun ajaran 2019-2020 sudah bisa beroperasi dan menerima santri baru SMP dan SMA Nurul Hayah.[1]

Salah satu peraturan di Nurul Hayah, nantinya para santri diharuskan berbahasa Arab dan Inggris dalam keseharian. Bagi santri baru, diberi waktu tiga bulan untuk beradaptasi. Pondok Pesantren ini beraqidahkan ahlussunnah wal jama'ah, dan menganut tradisi ulama salaf, serta masih tetap mengadopsi sistem pendidikan modern.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "NUHAtv". web.facebook.com. Diakses tanggal 2018-11-21. 
  2. ^ "Nurul Hayah – Website resmi PP. Nurul Hayah, Ketanggungan, Brebes". nuha.co.id (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2018-11-21. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]