Abrona

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Sekilas perairan biru Darb el Hajj - sekarang Ovda - mendekati Eilat

Abrona (bahasa Ibrani: עַבְרֹנָה; bahasa Inggris: Abronah, kadang-kadang Ebronah) adalah salah satu tempat persinggahan orang-orang Israel dalam perjalanan keluar dari Mesir menuju ke tanah Kanaan di bawah pimpinan Musa, yang tercatat dalam Alkitab Ibrani atau Perjanjian Lama di Alkitab Kristen.[1] Menurut Kitab Bilangan merupakan tempat perhentian terakhir sebelum mencapai Ezion-Geber.

Catatan Alkitab[sunting | sunting sumber]

Bilangan 33:34-35

Mereka berangkat dari Yotbata, lalu berkemah di Abrona.
Mereka berangkat dari Abrona, lalu berkemah di Ezion-Geber.[1]

Identifikasi[sunting | sunting sumber]

Dalam bukunya "Rivers in the Desert" ("Sungai-sungai di Padang Gurun"), Nelson Glueck melaporkannya sebagai kota indusri Elat.

Arkeolog modern seperti Juris Zahrins telah mengaitkan dengan sejumlah rute perdagangan turun ke Elat dari Pegunungan Lebanon dan Laut Mati membawa kayu aras (cedar), lenan yang dipintal halus, aspal (bitumen), natron atau garam, ben jamin atau minyak juniper dari Lebanon, dan datang dari Punt membawa kemenyan dan mur; semua yang akan digunakan untuk ritual mumi di Karnak, Mesir, dan sebagai gantinya adalah nub atau emas Mesir yang dibawa dari Thebes oleh armada ratu Hatshepsut.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Tempat sebelumnya:
Yotbata
Pengembaraan orang Israel
dari Mesir ke Kanaan
Tempat persinggahan
Tempat berikutnya:
Ezion-Geber

Koordinat: 29°45′28″N 35°01′50″E / 29.75778°N 35.03056°E / 29.75778; 35.03056 Entri ini memadukan teks dari Easton's Bible Dictionary, sebuah ranah publik, aslinya diterbitkan pada 1897.