Cedrus libani

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
?Cedrus libani
Aras Libanon di "Hutan Cedar Allah"
Aras Libanon di "Hutan Cedar Allah"
Status konservasi
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan: Plantae
Divisi: Pinophyta
Kelas: Pinopsida
Ordo: Pinales
Famili: Pinaceae
Genus: Cedrus
Spesies: C. libani
Nama binomial
Cedrus libani
A.Rich.


Cedrus libani (atau Aras Libanon) adalah spesies cedar yang berasal dari kawasan Mediterania.[1][2][3]

Ada dua tipe Cedrus libani berbeda yang dianggap sebagai subspesies atau varietas:

  • Aras Libanon (Lebanon Cedar; Cedrus libani subsp. libani atau var. libani) - tumbuh di Lebanon, Palestina, Israel, Yordania barat laut, Suriah barat, dan Turki selatan tengah
  • Aras Turki (Turkish Cedar atau Taurus Cedar; Cedrus libani subsp. stenocoma atau var. stenocoma) - tumbuh di Turki barat daya.

Pemerian[sunting | sunting sumber]

Daun-daun Cedrus libani

Cedrus libani adalah pohon coniferous evergreen, yang tumbuh sampai setinggi 40 m (130 ft); batangnya mempunyai garis tengah sampai 2.5 m (8 ft 2 in). Pucuk pohon berbentuk kerucut ketika masih muda, kemudian melebar menyamping sejalan dengan bertambahnya usia dengan cabang-cabang yang tumbuh merata.

Tunas-tunasnya dimorphic, dengan tunas panjang dan tunas pendek. daun-daun seperti jarum, dengan jarak tertentu pada tunas panjang, dan dalam kelompok 15-45 buah pada tunas pendek; panjangnya 5–30 mm (14–1 316 inci), irisannya berbentuk persegi empat, dan bervariasi dari warna hijau sampai kebiruan dengan pita-pita stomata pada keempat sisinya.

Taksonomi[sunting | sunting sumber]

Cedrus libani pertama kali diklasifikasikan oleh ahli botani Perancis Achille Richard. Sejumlah ahli botani juga mengklasifikasikan "Aras Siprus" (Cyprus Cedar; Cedrus brevifolia)[4] dan "Aras Atlas" (Atlas Cedar; Cedrus atlantica)[5][6] sebagai subspesies dari C. libani. Namun, mayoritas sumber pustaka modern[1][7][8][9][10][11][12] menganggap keduanya spesies tersendiri.

Ekologi[sunting | sunting sumber]

Di Suriah, Libanon dan Turki, pohon ini tumbuh paling subur pada ketinggian 600-2.000 m (1.968–6.500 kaki), dan membentuk hutan murni atau hutan campuran dengan Cilician Fir (Abies cilicica), European Black Pine (Pinus nigra), serta beberapa spesies juniper (Juniperus). Di Siprus, tumbuh pada ketinggian 1.000-1.525 m (3.300–5.000 kaki) (mencapai puncak Gunung Paphos). Pada pegunungan Atlas di Maroko, dijumpai pada ketinggian 1.370–2.200 m (4.500–7.200 kaki) dalam hutan murni atau hutan campuran dengan spesies Abies dan Juniperus thurifera.[1]

Sejarah, simbolisme dan penggunaan[sunting | sunting sumber]

Kerucut pohon aras libanon menunjukkan keluarnya getah
Kerucut jantan pohon aras libanon

Aras libanon bernilai penting untuk berbagai budaya kuno. Pohon-pohon ini digunakan oleh orang Fenisia untuk membuat kapal dagang dan kapal perang, maupun rumah, istana dan kuil-kuil. Orang Mesir kuno menggunakan getahnya dalam proses mumifikasi, dan serbuk kayunya ditemukan dalam makam-makam Firaun Mesir. Orang Sumeria mencatat dalam Epos Gilgamesh bahwa hutan-hutan aras di Libanon merupakan tempat kediaman dewa-dewa yang dikunjungi oleh Gilgamesh, tokoh utama kisah itu.

Imam-imam Ibrani diperintahkan dalam Taurat Musa untuk menggunakan kulit kayu aras Libanon dalam upacara pembersihan setelah berakhirnya masa sakit lepra.[13] Nabi Ibrani, Yesaya, menggunakan aras libanon sebagai kiasan untuk kesombongan duniawi.[14] Menurut Talmud, orang Yahudi pernah membakar kayu aras libanon di Bukit Zaitun untuk merayakan tahun baru. Penguasa-penguasa asing dari jauh dan dekat memesan kayu pohon ini untuk keperluan proyek pembangunan keagamaan atau sipil. Yang paling terkenal adalah Raja Salomo yang menggunakannya untuk membangun Bait Suci di Yerusalem dan juga istana-istananya. Karena itu kata "aras" disebutkan 75 kali dalam Alkitab Ibrani (Perjanjian Lama di Alkitab Kristen) yaitu 51 kali dalam bentuk tunggal, dan 24 kali dalam bentuk jamak. Pengiriman kayu ini penting dalam menguatkan hubungan Fenisia-Ibrani. Di luar itu, kayu-kayu pohon ini juga digunakan oleh orang Romawi, Yunani, Persia, Asyur dan Babel.

Nilai penting nasional dan regional[sunting | sunting sumber]

Bendera Libanon, dengan aras libanon di tengah-tengah

Aras libanon juga merupakan lambang nasional Libanon, dan terpampang di tengah-tengah Bendera Libanon serta coat of arms. Gambar pohon ini juga menjadi logo Middle East Airlines (MEA), yaitu perusahaan penerbangan nasional Libanon. Tumbuhan ini telah mendapatkan penghargaan Award of Garden Merit dari Royal Horticultural Society, Britania Raya.[15]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c Farjon, A. (1990). Pinaceae. Drawings and Descriptions of the Genera. Koeltz Scientific Books ISBN 3-87429-298-3.
  2. ^ Greuter, W., Burdet, H. M., & Long, G. (eds.), (1984). Med-Checklist – A critical inventory of vascular plants of the circum-mediterranean countries. Cedrus libani
  3. ^ Conifer Specialist Group (1998). Cedrus libani. 2006 IUCN Red List of Threatened Species. IUCN 2006. Diakses 12 May 2006.
  4. ^ GRIN Taxonomy for Plants Cedrus.
  5. ^ Güner, A., Özhatay, N., Ekim, T., & Başer, K. H. C. (ed.). 2000. Flora of Turkey and the East Aegean Islands 11 (Supplement 2): 5–6. Edinburgh University Press. ISBN 0-7486-1409-5
  6. ^ Eckenwalder, J. E. (2009). Conifers of the World: The Complete Reference. Timber Press ISBN 0-88192-974-3.
  7. ^ Gymnosperm database Cedrus.
  8. ^ NCBI Taxonomy Browser Cedrus.
  9. ^ Flora of China vol. 4
  10. ^ Qiao, C.-Y., Jin-Hua Ran, Yan Li and Xiao-Quan Wang (2007): Phylogeny and Biogeography of Cedrus (Pinaceae) Inferred from Sequences of Seven Paternal Chloroplast and Maternal Mitochondrial DNA Regions. Annals of Botany 100(3):573-580. Available online
  11. ^ Farjon, A. (2008). A Natural History of Conifers. Timber Press ISBN 0-88192-869-0.
  12. ^ Christou, K. A. (1991). The genetic and taxonomic status of Cyprus Cedar, Cedrus brevifolia (Hook.) Henry. Mediterranean Agronomic Institute of Chania, Greece.
  13. ^ Imamat 14:1-4
  14. ^ Yesaya 2:13
  15. ^ "RHS Plant Selector - Cedrus libani". Diakses tanggal 27 June 2013.