A Coruña

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
A Coruña
Corunna
City
A Coruña
A Coruña
Lambang kebesaran A Coruña
Julukan: 
La ciudad de cristal (The Glass City)
Motto: 
A Coruña, la ciudad donde nadie es forastero (A Coruña, the city where nobody is a stranger)
CountrySpain
RegionGalicia
ProvinceA Coruña
CountyA Coruña
ParishesA Coruña, Elviña, Oza, San Cristovo das Viñas, Visma
Pemerintahan
 • JenisMayor-council
 • BadanConcello da Coruña
 • MayorXulio Ferreiro (Marea Atlántica)
Luas
 • City37,83 km2 (1,461 sq mi)
Populasi
 (2008)INE
 • City244.388
 • Kepadatan6.613/km2 (17,130/sq mi)
 • Metropolitan
419.800
DemonimCorunnan
coruñés (m), coruñesa (f)
Zona waktuCET (GMT +1)
 • Musim panas (DST)CEST (GMT +2)
Postcode
15001-15011
Kode area telepon+34 981
Situs webhttp://www.coruna.es/

A Coruña (atau Corunha) adalah sebuah kota di daerah Galicia, ibu kota provinsi A Coruña, yang terletak di sebelah barat laut Spanyol.

Tugu Herkules
Los Menhires

Kota sejarah dan kota modern[sunting | sunting sumber]

Menurut sensus tahun 2005, penduduk kota A Coruña berjumlah 243.349, sementara jumlah keseluruhan penduduk seluruh daerah metropolitannya diperkirakan 396.015. Kota pelabuhan di Samudra Atlantik ini sangat sibuk dan menjadi titik distribusi hasil pertanian dari wilayah ini. Industri berat provinsi ini didasarkan pada galangan kapal dan industri metal di kota tetangganya, Ferrol meskipun di A Coruña sendiri terdapat penyulingan minyak. Menyebar di seluruh provinsi ini terdapat pabrik-pabrik kaca dan keramik. Provinsi ini juga merupakan pusat penangkapan ikan di samudra (di "A Costa da Morte" dan "Ferrolterra").

Kota ini merupakan tempat dari Tugu Herkules dari masa Romawi Kuno, yaitu sebuah mercu suar yang sudah selama sekitar 2000 tahun bekerja terus-menerus. Kota ini juga terkenal karena ciri khas balkon-balkonnya yang kaca-kaca jendelanya diglasir, yang disebut galerías.

Pada Abad Pertengahan, kota ini merupakan pelabuhan dan pusat yang penting untuk memproduksi tekstil. Pada 1588, armada Spanyol [1] berangkat dari teluk Pangkalan Angkatan Laut Ferrol [2] (Provinsi A Coruña). Pada 1598, kota ini diserang oleh suatu armada Inggris di bawah Francis Drake. Di sini pula terjadi pertempuran selama Perang Jazirah, pada 16 Januari 1809, untuk melindungi naiknya pasukan-pasukan Britania ke kapal setelah mereka mengundurkan diri. Pada pertempuran itu Sir John Moore terbunuh. Pada abad ke-19, kota ini menjadi pusat gerakan anti monarkhi. Lihat pula Pertempuran A Coruña.

Struktur kota ini telah mengalami pembaruan selama beberapa dekade terakhir. Kini A Coruña memiliki fungsi-fungsi administratif yang sama seperti kota dan pangkalan angkatan laut Ferrol (ibu kota provinsi maritim di utara Spanyol). Berbagai perusahaan bertumbuh, khususnya di sektor-sektor keuangan, komunikasi, perencanaan dan perdagangan, manufaktur, pelayanan teknis dan pelabuhan itu sendiri (pelabuhan-pelabuhan di provinsi ini adalah yang terbesar di Eropa dari segi jumlah ikan segar yang diturunkannya), dengan peningkatan dalam berbagai aktivitas lainnya, seperti minyak mentah dan barang-barang dalam jumlah besar, yang semuanya mewakili 75% dari lalu lintas pelabuhan Galicia.

Selama beberapa tahun terakhir ini, A Coruña telah mengalami berbagai perbaikan, dengan jalan-jalan yang lebih baik, pusat kebudayaan, tempat-tempat olahraga, dan infrastruktur rekreasi dan ilmiah, perbaikan garis pantainya, dan perbaikan di berbagai segi dari sektor wisatanya. Semua ini telah memperkuat kehadiran kota ini sebagai pusat administrasi, perdagangan, kegiatan pelabuhan, budaya dan wisata.

Teluk kota ini merupakan tempat spektakular minyak tumpah ketika Laut Aegea tercemar tumpahan minyak dan meledak. Kejadian ini terekam dalam video dan kemudian dijadikan bagian dari acara nyata TV pada tahun 1990-an. Akibat dari tumpahan ini masih terlihat di sepanjang garis pantainya.

A Coruña mempunyai sebuah klub sepak bola di divisi utama Spanyol, Deportivo de La Coruña (klub ini menggunakan ejaan bahasa Spanyol, bukan Galicia).

Kota ini mempunyai sebuah pelabuhan udara yang dilayani oleh Iberia yang melayani penerbangan ke Madrid, Barcelona, Bilbao dan paling akhir London.

Museum[sunting | sunting sumber]

Berikut ini adalah sejumlah museum yang terdapat di A Coruña:

Etimologi[sunting | sunting sumber]

Dewan kota

Pada masa Ferdinand II dari Leon (abad ke-12) nama Crunia muncul pertama kalinya. Pada 1208, Alphonsus IX mendirikannya kembali sebagai sebuah pelabuhan dagang (iuxta Turrim de Faro in loco qui dicitur Crunia).

Tempat-tempat menarik lainnya[sunting | sunting sumber]

Endesa Termic, salah satu cerobong asap tertinggi di Eropa.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]