Ferrol

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Ferrol
Munisipalitas
Pelabuhan Ferrol
Pelabuhan Ferrol
Bendera Ferrol
Bendera
Lambang Ferrol
Lambang
Negara Spanyol
Komunitas otonom Galisia
Provinsi A Coruña
Comarca Ferrol
Desa nelayan Abad ke-1 SM
Pos Kristen Abad ke-8
Arsenal Kerajaan Abad ke-16
Galangan kapal kerajaan Abad ke-18
Paroki Brión, A Cabana, Covas, Doniños, Esmelle, Ferrol, A Graña, Leixa, Mandiá, Marmancón, A Mariña, Trasancos, Serantes
Pemerintahan
 • Jenis Dewan
 • Lembaga Concello de Ferrol
 • Walikota Jorge Suárez (Ferrol en Común)
Luas
 • Total 81,9 km2 (316 sq mi)
Populasi (2014)INE
 • Total 70,389
Demonim ferrolan (m), ferrolana (f)
Zona waktu CET (GMT +1)
 • Musim panas (DST) CEST (GMT +2) (UTC)
Kode pos 15401 - 15406
Kode wilayah +34 981
Situs web http://www.ferrol.es/

Ferrol (pengucapan bahasa Galisia: [feˈrɔl]) adalah sebuah kota yang terletak di Provinsi A Coruña[1] di Galisia, Spanyol barat laut. Kota yang terletak di pesisir Samudra Atlantik ini memiliki jumlah penduduk sebesar 70.389 jiwa berdasarkan sensus tahun 2014, sehingga menjadikannya permukiman terbesar kelima di Galisia. Kota ini merupakan bagian dari konurbasi Ferrolterra bersama dengan kota Eume di selatan dan Ortegal di utara.

Kota ini merupakan pusat pembuatan kapal Spanyol dan ibukota Departemen Maritim Utara Angkatan Laut Spanyol semenjak masa awal kekuasaan Wangsa Bourbon. Sebelumnya, pada abad ke-17, Ferrol merupakan tempat pembuatan dan penyimpanan senjata yang penting di Spanyol.[1] Kini kota ini juga merupakan tempat pembuatan kapal Navantia.

Kota ini merupakan tempat kelahiran Jenderal Spanyol dan Caudillo Francisco Franco pada tahun 1892, dan kota ini secara resmi dikenal dengan nama Ferrol del Caudillo dari tahun 1938 hingga 1982. Kota ini juga merupakan tempat kelahiran pendiri Partai Buruh Sosialis Spanyol, Pablo Iglesias, pada tahun 1850.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Wikisource-logo.svg Chisholm, Hugh, ed. (1911). "Ferrol". Encyclopædia Britannica 10 (11th ed.). Cambridge University Press. p. 289.