A. F. K. Organski

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

A.F.K. Organski
Lahir12 May 1923
Roma, Italia
Meninggal6 Maret 1998
KebangsaanAmerika Serikat
AlmamaterUniversitas New Universitas
Dikenal atasTeori peralihan kekuasaan
Karier ilmiah
BidangIlmu politik
InstitusiBrooklyn College, Universitas Michigan
Mahasiswa ternamaBruce Bueno de Mesquita, Jacek Kugler

Abramo Fimo Kenneth Organski (12 Mei 1923 – 6 Maret 1998) adalah dosen ilmu politik di Universitas Michigan, pencetus teori peralihan kekuasaan, dan pendiri Decision Insights, Inc. Karya rintisannya dilahirkan selama beberapa dasawarsa dan berfokus pada aspek-aspek tertentu politik dunia seperti demografi politik, perkembangan politik, dan strategi besar. Ia merupakan penulis World Politics, The Stages of Political Development, The War Ledger, Birth, Death and Taxes, dan The $36 Billion Bargain. Karya lainnya tersedia di jurnal-jurnal ilmiah.

A.F.K. Organski lahir di Roma, Italia. Saat masih muda, ia bersekolah di Ginnasio Liceo Torquato Tasso. Ia pindah ke Amerika Serikat untuk menghindari undang-undang anti-Yahudi yang disahkan pemerintahan Benito Mussolini, lalu menjadi bagian dari pasukan militer Amerika Serikat dalam Perang Pasifik tahun 1943 sampai 1945. Setelah Perang Dunia II, ia menetap di New York City dan menjadi warga negara Amerika Serikat pada tahun 1944. Ia mendapatkan gelar B.A. (1947), M.A. (1948), dan Ph.D. (1951) dari Universitas New York. Pada tahun 1952, ia mulai mengajar di Brooklyn College, lalu pindah ke Universitas Michigan pada tahun 1964. Ia menjadi dosen ilmu politik dan ilmuwan peneliti senior di Institute for Social Research. Ia mendirikan Decision Insights, firma konsultasi yang memperkenalkan keakuratan ilmiah dalam pelaksanaan kebijakan dan pembuatan keputusan di pemerintahan dan perusahaan.[1]

Salah satu teorinya adalah Uni Soviet dan Amerika Serikat yang kebanyakan penduduknya berkulit putih akan bersekutu melawan Tiongkok daratan, negara yang tumbuh pesat pada tahun 1960-an. Ini akan terjadi meski Tiongkok memiliki ideologi Komunis yang sama seperti Uni Soviet.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Tammen, Ronald (2000). Power Transitions: Strategies for the 21st Century. New York: Chatham House. ISBN 1-889119-43-1.