5 Detik dan Rasa Rindu (buku)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
5 Detik dan Rasa Rindu
5 Detik dan Rasa Rindu sampul.jpeg
Sampul buku
PenyuntingFuad Jauharudin
PengarangPrilly Latuconsina
NegaraIndonesia
BahasaIndonesia
Genre
PenerbitThe PanasDalam Publishing
Tanggal terbit
Februari 2017
Jenis mediaBuku
Halaman156 halaman
ISBNISBN 978-602-61007-0-2

5 Detik dan Rasa Rindu adalah buku kumpulan puisi oleh aktris Indonesia, Prilly Latuconsina. 5 Detik dan Rasa Rindu merupakan buku debut kepenulisan Prilly yang diterbitkan pada bulan Februari 2017 melalui The PanasDalam Publishing.[1][2]

Latar belakang[sunting | sunting sumber]

Prilly Latuconsina, penulis buku 5 Detik dan Rasa Rindu dalam acara bedah buku 5 Detik di Surabaya

Berawal dari kebiasaan menulis kisah hidup dalam bentuk puisi sejak duduk di bangku SMP, Prilly Latuconsina merilis buku perdananya berjudul 5 Detik dan Rasa Rindu yang dirilis dalam bentuk kumpulan puisi. Di dalamnya terdapat lebih dari 100 judul puisi, beberapa di antaranya sengaja tidak diberikan judul. Puisi-puisi yang dituliskan mayoritas berasal dari inspirasi kehidupan pribadi dan teman-temannya.

Kata 5 Detik yang digunakan dalam judul, diambil dari satu judul puisi yang ada di dalam buku berjudul "5 Detik ke Lorong Kenangan", jadi diambillah kata 5 detik dan karena puisi itu lahir puisi lain.

Adapun Prilly juga menjelaskan di awal halaman buku bahwa berawal dari retina yang tidak sengaja Prilly tatap lima detik lahirlah beribu puisi yang tidak pernah mati.[3]

Rilis[sunting | sunting sumber]

Buku ini pertama kali diterbitkan pada bulan Februari 2017. Edisi fisik diterbitkan melalui The PanasDalam Publishing sedangkan edisi digital melalui Mizan Publishing.

Prilly pun mengadakan acara peluncuran buku di TB Gramedia Matraman yang terletak di jalan Matraman Raya, Jakarta Timur pada hari Minggu tanggal 5 Maret 2017.[1]

Personil[sunting | sunting sumber]

  • Prilly Latuconsina – penulis
  • Fuad Jauharudin – penyunting naskah
  • Pidi Baiq – desain
  • Deni Sopian – desain isi
  • Nanash – digitalisasi
  • The PanasDalam Publishing – penerbit (edisi fisik)
  • Mizan Publishing – penerbit (edisi digital)

Adaptasi[sunting | sunting sumber]

Lagu[sunting | sunting sumber]

Pada bulan April 2020, Prilly mengaku pernah terlibat dalam proyek bersama Glenn Fredly dalam pembuatan lagu 4 tahun yang lalu. Glenn sempat menciptakan lagu berjudul "Kangen" untuk Prilly yang terinspirasi dari buku puisi Prilly berjudul 5 Detik dan Rasa Rindu. Namun, proyek tersebut terhenti dan tidak terealisasikan. Adapun Prilly pernah sekali membawakan lagu berjudul "Kangen" tersebut dalam konser amal bertajuk #KonserSatuCara yang digelar secara virtual pada 9-10 April 2020.[4]

Seri web[sunting | sunting sumber]

Pada bulan Mei 2017, Manoj Punjabi selaku produser MD Entertainment tertarik untuk mengadaptasi buku tersebut menjadi bentuk film dan membeli hak adaptasi buku tersebut.[5] Pada bulan Agustus 2017, Prilly Latuconsina mengumumkan bahwa film tersebut telah memasuki fase penulisan skrip.[6]

Namun setelah 4 tahun proyek tersebut terhenti dan tidak ada kabar, pada tahun 2022 pihak MD Entertainment mengumumkan bahwa akhirnya buku tersebut dialihwahankan menjadi bentuk serial web. Pengumuman tersebut dilakukan pada 17 Februari 2022 bersamaan dengan acara syukuran proyek tersebut. Di samping itu juga diumumkan bahwa serial tersebut digarap oleh Monty Tiwa dan dibintangi oleh Prilly Latuconsina, Bryan Domani, Daffa Wardhana, Rafi Sanjaya, Fadly Faisal, Alif Joerg, Raquel Katie, dan Kaneishia Yusuf.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Media, Kompas Cyber (2017-03-05). "Prilly Latuconsina Luncurkan Buku Puisi". KOMPAS.com. Diakses tanggal 2022-02-18. 
  2. ^ Nilawati, Naomi (2017-06-19). "5 Detik dan Rasa Rindu, Buku Puisi Prilly Latuconsina yang Best Seller". Nyata (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-02-18. 
  3. ^ Hawari, Hanif. "Prilly Latuconsina Curhat Lewat Buku Puisi '5 Detik dan Rasa Rindu'". detikhot. Diakses tanggal 2022-02-18. 
  4. ^ MEDIA, PT AKURAT SENTRA (2020-04-13). "Terinspirasi dari Puisi 5 Detik dan Rasa Rindu, Glenn Fredly Ciptakan Lagu untuk Prilly Latuconsina". akurat.co. Diakses tanggal 2022-02-18. 
  5. ^ "Buku '5 Detik dan Rasa Rindu' Karya Prilly Latuconsina Akan Segera Difilmkan". TribunStyle.com. Diakses tanggal 2022-02-19. 
  6. ^ "Prilly Latuconsina Pilih Sendiri Pemain Film 5 Detik dan Rasa Rindu". www.popmagz.com. Diakses tanggal 2022-02-19. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]