500 Days of Summer

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
500 Days of Summer
Five hundred days of summer.jpg
Poster film 500 Days of Summer
SutradaraMarc Webb
ProduserMason Novick
Jessica Tuchinsky
Mark Waters
Steven J. Wolfe
SkenarioScott Neustadter
Michael H. Weber
PemeranJoseph Gordon-Levitt
Zooey Deschanel
MusikMychael Danna
Rob Simonsen
SinematografiEric Steelberg
PenyuntingAlan Edward Bell
Perusahaan
produksi
Dune Entertainment
DistributorFox Searchlight Pictures
Tanggal rilis
  • 17 Januari 2009 (2009-1-17) (Festival Film Sundance)
  • 17 Juli 2009 (2009-7-17) (terbatas di Amerika Serikat)
  • 7 Agustus 2009 (2009-8-7) (secara luas di Amerika Serikat)
Durasi
95 menit[1]
NegaraAmerika Serikat
BahasaInggris
Anggaran$7,5 juta[2][3]
Pendapatan kotor$60.722.734[3]

500 Days of Summer adalah film drama komedi romantis Amerika Serikat tahun 2009 yang disutradarai oleh Marc Webb dan diproduseri oleh Mason Novick, Jessica Tuchinsky, Mark Waters dan Steven J. Wolfe. Naskah film ini ditulis oleh Scott Neustadter dan Michael H. Weber. Film ini dibintangi oleh Joseph Gordon-Levitt dan Zooey Deschanel.

Film 500 Days of Summer merupakan film kolaborasi kedua Joseph Gordon-Levitt dan Zooey Deschanel setelah film Manic. Film ini ditayangkan secara perdana di Festival Film Sundance pada tanggal 17 Januari 2009[4] dan dirilis di Amerika Serikat pada tanggal 17 Juli 2009 secara terbatas dan 7 Agustus 2009 secara luas.[5] Film ini mendapatkan review positif dari para kritikus.

Plot[sunting | sunting sumber]

Pada tanggal 8 Januari, Tom Hansen (Joseph Gordon-Levitt) bertemu dengan Summer Finn (Zooey Deschanel), asisten baru atasannya. Tom dilatih sebagai arsitek tetapi ia bekerja sebagai penulis di perusahaan kartu ucapan di Los Angeles. Setelah mengetahui bahwa mereka memiliki selera musik yang sama, mereka mengobrol tentang cinta di karaoke. Tom percaya hal itu, tetapi Summer tidak. Teman dan rekan kerja Tom, McKenzie (Geoffrey Arend), mengungkapkan bahwa Tom menyukai Summer sambil mabuk, yang Tom anggap hanya sebagai "teman", sesuatu yang disetujui oleh Summer. Beberapa hari kemudian, Summer mencium Tom di ruang fotokopi kantor. Selama beberapa bulan berikutnya, Summer dan Tom semakin dekat.

Tom menunjukkan Summer tempat favoritnya di dalam kota, yang menghadap ke sejumlah bangunan yang disukainya, meskipun pemandangannya sedikit terhalang oleh tempat parkir. Setelah beberapa bulan berkencan, baik teman-teman Tom dan Rachel (Chloë Grace Moretz), adik tirinya yang masih remaja, mendesak Tom untuk bertanya kepada Summer di mana mereka berada dalam hubungan mereka, meskipun Summer mengabaikan hal ini dan mengatakan bahwa tidak masalah jika mereka berdua bahagia. Suatu malam, Tom berkelahi dengan seorang pria yang mencoba menggoda Summer di sebuah kedai minum, yang menyebabkan mereka berseteru untuk pertama kalinya. Mereka akhirnya berdamai dan Summer mengakui Tom pantas mendapat kepastian. Akan tetapi, permintaan Tom bahwa Summer berjanji untuk selalu merasakan hal yang sama tentang diri Tom tidak mungkin dilakukan oleh siapa pun.

Pada hari ke-290, mereka berkencan di kafe. Tom ingin kembali ke tempat Summer tetapi ia bersikeras melihat The Graduate dan akhirnya menangis, membuat Tom terkejut karena ia selalu berpikir itu adalah dongeng romantis. Mereka mengunjungi toko kaset, tetapi Summer merasa terganggu dan tampaknya telah bosan terhadap Tom, lalu ia menciumnya. Tom menggodanya dengan menawarkan panekuk di restoran di mana Summer dengan santai memberitahukan bahwa masih belum ada kelanjutan tentang hubungan mereka dan putus dengan Tom saat mereka menunggu makanan tiba. Summer ingin tetap berteman dengan Tom, tetapi Tom patah hati.

Summer mengundurkan diri dari pekerjaannya di perusahaan kartu ucapan. Atasan Tom (Clark Gregg) memindahkannya ke departemen hiburan, karena depresinya membuat Tom tidak cocok dengan acara yang lebih bahagia. Tom berkencan buta dengan seorang wanita bernama Alison (Rachel Boston). Kencan mereka tidak berjalan dengan baik ketika Tom menghabiskan waktu untuk mengeluh tentang Summer hingga Alison yang jengkel akhirnya berpihak kepada Summer. Beberapa bulan kemudian, Tom menghadiri pernikahan rekan kerjanya, Millie (Patricia Belcher), dan mencoba menghindari Summer di kereta api, tetapi Summer melihatnya dan mengundangnya untuk minum kopi. Mereka bersenang-senang di pesta pernikahan, menari bersama dan Summer menangkap buket bunganya. Summer mengundang Tom ke pesta di apartemen Summer dan tertidur di bahu Tom dalam perjalanan naik kereta. Tom menghadiri pesta dan berharap untuk menghidupkan kembali hubungan mereka, tetapi ia hampir tidak bisa berbicara dengan Summer dan menghabiskan sebagian besar malamnya minum sendirian hingga Tom melihat cincin pertunangan Summer. Tom pergi dan hampir menangis, lalu ia mengalami depresi berat dan hanya meninggalkan apartemen Tom untuk minum alkohol dan makan makanan instan. Setelah beberapa hari, ia kembali bekerja dengan mabuk dan mengundurkan diri dari pekerjaannya. Rachel memberitahu Tom bahwa ia tidak percaya Summer adalah satu-satunya yang dicintainya dan bahwa depresi Tom semakin buruk oleh kenyataan bahwa ia hanya melihat kembali sisi positif dari hubungan mereka.

Suatu hari, Tom tiba-tiba menemukan energi untuk bangun dari tempat tidurnya dan mendedikasikan kembali dirinya untuk arsitektur, sesuatu yang telah ditekankan oleh Summer kepadanya. Tom membuat daftar perusahaan tempat ia ingin bekerja, menyusun portofolio dan pergi ke sesi wawancara kerja. Pada hari ke-488, Summer sedang menunggu Tom di tempat favoritnya di kota dan mereka berbicara. Summer memberitahu bahwa ia menikah karena ia merasa yakin tentang suaminya, sesuatu yang tidak dimilikinya bersama Tom. Summer menjelaskan bahwa Tom benar tentang cinta sejati yang ada, tetapi Tom hanya salah memahami hal itu ketika ia masih bersama dengan Summer. Summer meletakkan tangannya di tangan Tom dan memberitahu bahwa ia senang melihat Tom baik-baik saja. Ketika Summer pergi, Tom memberitahunya bahwa ia benar-benar berharap Summer bahagia.

Dua belas hari kemudian, pada hari Rabu tanggal 23 Mei, Tom menghadiri wawancara kerja dan bertemu dengan seorang gadis yang juga melamar pekerjaan yang sama. Tom menemukan bahwa gadis tersebut berbagi tempat favoritnya dan tidak menyukai tempat parkir. Saat Tom memasuki sesi wawancara, ia mengundang gadis tersebut untuk minum kopi setelahnya. Gadis tersebut mulanya menolak dengan sopan, lalu ia berubah pikiran. Namanya Autumn (Minka Kelly).

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Tanggapan Kritikus[sunting | sunting sumber]

Film 500 Days of Summer mendapatkan review positif dari para kritikus. Berdasarkan Rotten Tomatoes, film ini memiliki rating 85%, berdasarkan 225 ulasan, dengan rating rata-rata 7,6/10.[6] Berdasarkan Metacritic, film ini mendapatkan skor 76 dari 100, berdasarkan 36 kritik, menunjukkan "ulasan yang baik".[7]

Box Office[sunting | sunting sumber]

Film 500 Days of Summer mendapatkan $32.391.374 di Amerika Utara dan $28.331.360 di negara lain. Total pendapatan yang dihasilkan oleh film ini mencapai $60.722.734, melebihi anggaran produksi film $7,5 juta.[3]

Pada pembukaan akhir pekan secara terbatas, film ini mendapatkan $834.501, menempati posisi ke-12 di box office. Namun, pada pembukaan akhir pekan secara luas, film ini mendapatkan $3.739.702, menempati posisi ke-9 di box office.[3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "500 Days of Summer (12A)". British Board of Film Classification. August 23, 2009. Diakses tanggal July 12, 2019. 
  2. ^ Fung, Lisa (August 15, 2011). "A new dance video from 500 Days of Summer director Marc Webb" (video). Los Angeles Times. Diakses tanggal January 8, 2010. 
  3. ^ a b c d "500 Days of Summer (2009)". Box Office Mojo. Diakses tanggal July 12, 2019. 
  4. ^ Douglas, Edward. "Exclusive CS Video: Directing 500 Days of Summer". ComingSoon.net. Diakses tanggal January 7, 2010. 
  5. ^ Puig, Claudia (July 19, 2009). "Bask in the warmth of delightful 500 Days of Summer". USA Today. Diakses tanggal July 19, 2009. 
  6. ^ "500 Days of Summer (2009)". Rotten Tomatoes. Diakses tanggal July 12, 2019. 
  7. ^ "500 Days of Summer reviews". Metacritic. Diakses tanggal July 12, 2019. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]