3 Srikandi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
3 Srikandi
Sutradara Iman Brotoseno
Produser Raam Punjabi
Penulis Swastika Nohara
Iman Brotoseno
Pemeran Reza Rahadian
Bunga Citra Lestari
Chelsea Islan
Tara Basro
Donny Damara
Mario Irwinsyah
Indra Birowo
Detri Warmanto
Distributor MVP Pictures
Tanggal rilis
4 Agustus 2016 (Indonesia)
Negara Indonesia
Bahasa Indonesia

3 Srikandi adalah sebuah film biopik Indonesia 2016 yang disutradarai oleh Iman Brotoseno. Film tersebut berkisah tentang tiga atlet panahan asal Indonesia yang berhasil meraih medali pertama di ajang Olimpiade.[1] Film tersebut tayang perdana pada 4 Agustus 2016.[2]

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Indonesia di tahun 1988. Dunia olah raga mempersiapkan diri turun serta di Olimpiade Musim Panas 1988 di Seoul. Cabang panahan berada di titik kritis, di mana dibutuhkan pelatih yang bisa menyiapkan tim panahan wanita dalam waktu yang singkat. Satu-satunya yang bisa diandalkan menjadi pelatih adalah Donald Pandiangan (Reza Rahardian) yang dikenal sebagai “Robin Hood Indonesia”.

Tapi Donald sendiri sudah lama menghilang. Ia masih terpukul ketika di tahun 1980 saat ia bersiap mengikuti Olimpiade Musim Panas 1980 di Moskwa, ia batal pergi karena alasan politis. Kini ia hidup jauh dari panahan, bahkan olahraga. Selain pelatih, tim panahan pun harus dipilih 3 orang atlet wanita terbaik. Mereka adalah Nurfitriyana (Bunga Citra Lestari), Lilies (Chelsea Islan) dan Kusuma (Tara Basro).

Sementara itu, waktu menuju olimpiade semakin dekat, namun para 3 Srikandi ini pun memiliki masalah rumitnya masing-masing. Di bawah ancaman tidak akan diberangkatkan sama sekali, pengurus persatuan panahan, Pak Udi (Donny Damara), mesti membujuk dan meyakinkan Donald untuk mempersiapkan tim panahan wanita.

Pribadi Donald yang keras, militan dan amat disiplin, mesti mampu membentuk Yana, Lilies dan Suma mencapai puncak prestasi mereka. Masa latihan menjadi saat memacu diri bagi mereka semua. Pergesekan dan perseteruan satu sama lain, kerasnya medan berlatih dan waktu yang makin menipis, menempa mereka. Siang malam memeras fisik, emosi dan mental, tim panahan putri bersiap menuju Seoul. Dengan meneguhkan semangat, mereka pun bertempur di lapangan.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Produksi[sunting | sunting sumber]

3 Srikandi merupakan film yang direncanakan MVP Pictures untuk tayang di akhir tahun 2015 namun mengalami penundaan hingga pertengahan tahun 2016 bertepatan dengan momen Olimpiade Musim Panas 2016. Film yang mengisahkan 3 pemanah putri Indonesia yang mempersembahkan medali Olimpiade pertama untuk Indonesia ini sejatinya akan menghadirkan Dian Sastrowardoyo sebagai Nurfitriyana Saiman namun karena terjadi bentrok dengan syuting film lain sehingga digantikan oleh Bunga Citra Lestari.[3]

Referensi[sunting | sunting sumber]