Zee Zee Shahab

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Zee Zee Shahab
Zee Zee Shahab.jpg
Zee Zee selfie di pesawat (Januari 2014)
Nama lahir Fauziah Shahab
Lahir 31 Maret 1988 (umur 27)
Bendera Indonesia Jakarta, Indonesia
Kebangsaan Bendera Indonesia Indonesia
Pekerjaan Aktris
Model
Penyanyi
Presenter
Tahun aktif 1996 - sekarang
Hubungan Sarah Shahab & Anisa Shahab (Adik)
Pasangan Prabu Revolusi
Anak Fauzi Khaleev Putra Revolusi
Orang tua dr. Mustafa Kamil Shahab, SpM. (Ayah)
Eva Khadijah Alhasni (Ibu)
Agama Islam

Zee Zee Shahab (lahir di Jakarta, 31 Maret 1988; umur 27 tahun) adalah artis Indonesia berdarah Arab - Betawi. Mantan Artis cilik yang multitalenta ini, memulai kariernya di dunia hiburan Indonesia sejak umur 8 tahun.

Biodata[sunting | sunting sumber]

Fauziah atau biasa disapa Zee Zee, lahir tanggal 31 Maret 1988 (12 Sya'ban 1408 H) di Jakarta. Perempuan dengan golongan darah 'O' ini adalah anak pertama dari 3 bersaudara. Zee Zee yang berzodiak Aries dan Naga (shio)nya ini, lahir pada hari Kamis Pon. Nama Fauziah diambil dari bahasa Arab-Islami yang artinya Cergas (tangkas dan giat). Hari lahirnya bertepatan dengan penyelenggaraan Festival Film Bandung yang pertama kali.[1].

Zee Zee lahir dari keluarga keturunan Arab dengan pendidikan agama Islam yang kuat sekali. Sejak masih balita, ia dan kedua adiknya sudah rajin baca kitab suci Al Qur'an. Menurut orangtuanya, Zee Zee kecil punya kepribadian yang sangat keras. Meski begitu, ia adalah seorang gadis ceria yang senang sekali tertawa.

Masa Kecil[sunting | sunting sumber]

Saat di Jakarta[sunting | sunting sumber]

Sedari kecil Zee Zee cukup berbakat di bidang modeling dan fashion show. Ia punya segudang pengalaman tampil di atas pentas dan depan umum. Ia pun tidak terlihat canggung atau malu untuk berpose bak model di depan kamera. Ketika umur 2 tahun, Zee Zee pernah dapat juara Harapan I Balita Sehat piala ibu Tien Soeharto di Jakarta.

Pindah ke Palembang[sunting | sunting sumber]

Saat berusia 3 tahun, Zee Zee ikut orangtuanya pindah rumah ke kota Palembang.[2]. Karena kala itu ayahnya akan bertugas di Polda Sumatera Selatan dan SPN (Sekolah Polisi Negara) Betung, Banyuasin. Sang ayah bekerja sebagai anggota tim BIDDOKKES (Bidang Kedokteran & Kesehatan). Zee Zee dan kedua orangtuanya tinggal di kecamatan Kemuning, Palembang. Di sana Zee Zee juga aktif mengikuti bermacam lomba. Salah satu prestasinya adalah juara umum Gadis Bujang Palembang di umur 5 tahun. Ia menghabiskan 4 tahun masa kecilnya di kota Pempek tersebut. Selama itu pula, 2 orang adik Zee Zee lahir, yaitu Sarah dan Anisa.

Balik ke Jakarta[sunting | sunting sumber]

Umur 7 tahun gadis kecil yang bercita-cita menjadi Pramugari ini, balik ke Jakarta dengan keluarga barunya. Mereka tinggal di jalan Dewi Sartika Cawang, Kramat Jati, Jakarta Timur. Zee Zee yang memang pandai bergaya ini, kembali mengikuti berbagai lomba. Ia bahkan pernah terpilih sebagai None Cilik Jakarta tahun 1998.

Awal Karier[sunting | sunting sumber]

Tahun 1996[sunting | sunting sumber]

Tahun ini adalah awal mula karir Zee Zee di dunia hiburan tanah air. Hanya berselang setahun sejak ia meninggalkan Palembang. Zee Zee yang kala itu masih berumur 8 tahun, mulai aktif terjun sebagai artis cilik untuk pertama kalinya dengan menjadi penyanyi. Ia bahkan pernah bikin album anak-anak.

Tahun 1997[sunting | sunting sumber]

Zee Zee pun coba peruntungan menjadi bintang iklan di televisi. Iklan pertama yang ia bintangi adalah Choki-Choki, lalu disusul Bank Duta. Kemudian Zee Zee main dalam acara 'air magazine' Mentari Pagi. Acara ini tayang di TPI setiap hari Senin sampai Kamis jam 8 pagi. Dalam acara tersebut, ia berperan sebagai salah satu anak dari musisi senior Iin Parlina.

Tahun 1998[sunting | sunting sumber]

Pada usia 10 tahun, Zee Zee ikut sekolah akting di sanggar Ananda dan Teater Kawula Muda pimpinan Aditya Gumay. Ia bermain di banyak acara produksi sanggar ananda, seperti: Lenong Bocah Gress, Canda (Cerita Anak Dunia), dan Kring-kring Olala. Zee Zee adalah salah satu artis yang multitalenta. Ia bisa akting, nyanyi, modeling, dancing sampai jadi presenter. Semua itu adalah berkat pelatihan dari Sanggar Ananda. Zee Zee adalah generasi kedua dari Lenong Bocah. Ia seangkatan dengan Ruben Onsu, Olga Syahputra, Dude Herlino, Ayu Pratiwi serta kakak-beradik Lia Waode dan Chika Waode.

Tahun 1999[sunting | sunting sumber]

Zee Zee yang suka menyanyi ini, kembali lagi mencoba dunia tarik suara. Perempuan pengidola Jennifer Lopez dan U2 ini merilis album anak-anak bersama ketiga temannya. Mereka adalah Marcella, Bella, dan Dhea yang tergabung dalam girl band cilik 4 Jelita. Judul album sama dengan hits singelnya yaitu Papa Jangan Merokok. Di tahun yang sama pula, Zee Zee main sinetron pertamanya berjudul Vladd di Indosiar. Ia dapat peran menjadi tokoh antagonis di sinetron tersebut.

Tahun 2000[sunting | sunting sumber]

Di tahun itu, Zee Zee ikut bermain dalam sinetron Luv yang produksi dan tayangnya di RCTI. Awalnya ia hanya kebagian peran jadi bintang tamu. Karena rating yang bagus, akhirnya ia terus diberi peran tetap sebagai Stephanie (Steffi). Cewek pindahan dari London yang cerewet, judes, manja, dan centil. Ciri khas Steffi adalah logat bicaranya yang sok bule dan tidak lupa selalu membawa saputangan. Karena peran itu, Zee Zee sering dimaki oleh penggemarnya. Dua dari Tiga temannya di 4 Jelita yaitu Marcella dan Dhea, juga turut serta bermain dalam sinetron Luv. Mereka berperan sebagai tokoh antagonis Trio ember bersama Sheza Idris. Sinetron Luv tayang selama hampir 3 setengah tahun, dari bulan Nopember 2000 sampai dengan April 2004.

Tahun 2001[sunting | sunting sumber]

Ketika kelas 2 SMP, Zee Zee mengikuti ajang pemilihan GADIS Sampul dan masuk menjadi salah satu dari 20 finalis.[3]. Kala itu untuk pertama kali, ia harus merelakan rambut panjangnya dipotong pendek sebahu supaya terlihat lebih fresh. Sebelumnya Zee Zee termasuk perempuan yang jarang bergaul. Karena ikutan ajang GADIS Sampul, ia jadi lebih mengerti soal mode. Wanita berdagu belah ini adalah finalis termuda, karena pada saat itu usianya baru menginjak 13 tahun. Zee Zee satu alumni dengan Intan Nuraini, Hayria Lontoh, Paula Verhoeven, Soraya Larasati, Ingka Noverita dan Tya Ariestya yang eksis terjun ke dunia hiburan.

Kehidupan Pribadi[sunting | sunting sumber]

Cerita Cinta[sunting | sunting sumber]

Di bulan Januari 2007, Zee Zee berpacaran dengan komedian Bedu.[4]. Ketika itu usianya masih 18 tahun. Percintaan mereka sempat menghebohkan jagad hiburan. Karena Bedu yang berwajah biasa saja, berhasil mendapatkan gadis secantik Zee Zee Shahab yang mirip dengan artis Keira Knightley ini.[5]. Tapi di bulan Mei 2008, kisah cinta mereka berakhir setelah setahun lebih berpacaran.[6]. Sebelum sama Bedu, kabarnya Zee Zee sempat terlibat cinlok dengan Reza Mahendra (Luv) dan Dimaz Andrean (Dan).

Setelah itu pada tahun 2009, Zee Zee digosipkan menjalin cinta dengan pesinetron Tommy Kurniawan.[7]. Tapi Zee Zee membantah telah berpacaran sama Tommy. Sebab ia mengaku mengenal dan berteman baik dengannya sudah sejak lama.[8]. Kemudian Zee Zee terlihat berpacaran lagi dengan pria yang lain. Namun ia tidak mau mengekspose ke publik dan media.

Belahan Jiwa[sunting | sunting sumber]

Akhirnya pada tanggal 4 Maret 2011, Prabu Revolusi yang dipilih Zee Zee untuk jadi cinta sejatinya.[9]. Prabu adalah seorang presenter berita di sebuah televisi swasta nasional. Ia lulusan sarjana Teknik Fisika dari Institut Teknologi Bandung (ITB).[10][11]. Meski status Prabu adalah duda satu anak, tapi Zee Zee dan keluarganya tidak mempermasalahkan.[12]. Menurut Zee Zee, calon suaminya itu adalah seorang pria yang romantis[13][14] dan jago masak.[15]. Sebab itu dapat menutupi kekurangannya yang tidak bisa romantis dan memasak.[16]. Untuk tempat berkencan, mereka memilih di warteg dan toko buku karena terkesan lebih romantis.[17].

Perkenalan pertama mereka terjadi saat Prabu bergabung di grup chat BlackBerry Messenger (BBM). Di situ Zee Zee sebagai salah satu anggotanya. Prabu pun mengajukan permintaan untuk berteman dengannya. Akhirnya permintaan Prabu diterima setelah menunggu selama 3 hari. Sebulan kemudian, baru pertama kalinya mereka bertemu di kampus Universitas Trisakti. Saat itu Prabu mengantarkan kue favoritnya Zee Zee, Pancake. Setelah makan bareng dan mampir ke toko buku, akhirnya mereka resmi jadian. Kemudian di bulan Juni mereka sepakat untuk bertunangan.

Lamaran[sunting | sunting sumber]

Di tanggal cantik '11-11-11' atau 11 Nopember 2011, banyak pasangan selebritis yang menggelar beragam prosesi sakral, termasuk Prabu dan Zee Zee.[18]. Pada tanggal tersebut Prabu melamar Zee Zee usai shalat Jum'at, meski terlambat sejam dari jadwal semula.[19]. Selain membawa seserahan, Prabu juga memberikan Zee Zee jam tangan butut merk Calvin Klein. Prabu berani melamar karena pada awalnya di tantang Zee Zee dari sebuah insiden masakan Omelette. Untuk konsep pernikahan, mereka mempercayakan pada Wedding Organizer ternama, Rina Gunawan. Dalam pesta resepsi uniknya, mereka akan menggunakan konsep pasar malam dengan suguhan makanan khas dari seluruh Indonesia.[20].

Menikah[sunting | sunting sumber]

Setelah 8 bulan pacaran akhirnya pada 26 November 2011, Prabu dan Zee Zee resmi menggelar pernikahan dengan adat Arab-Betawi di hotel Akmani Jakarta.[21]. Prabu mengucapkan Ijab kabul dengan memakai bahasa Arab. Mantan Menpora Adhyaksa Dault dan Ustadz Jefri Al Buchori turut menjadi saksi di pernikahan mereka.[22]. Untuk mas kawin, Prabu memberikan uang sebesar 4 juta rupiah, yang artinya angka '4' itu adalah tanggal jadian mereka.[23]. Baju kebaya untuk akad nikah dan resepsi yang dipakai Zee Zee, merupakan rancangan dari desainer kondang Ivan Gunawan.[24][25]. Bulan madu dari pasangan ini cukup di dalam negeri, lebih tepatnya ke pulau Bali.[26]. Untuk momongan, mereka rencananya ingin memiliki 3 orang anak.[27].

Buah Hati[sunting | sunting sumber]

Tidak butuh waktu lama, Zee Zee akhirnya hamil anak yang pertama.[28]. Di saat hamil muda, ia ngidam buah langka khas Betawi yang rasanya asam manis, yaitu buah Kecapi.[29]. Ia juga ngidam es cendol, tapi tidak keturutan.[30]. Perubahan diri Zee Zee di kala hamil adalah, ia lebih manja dan sensitif pada sang suami.[31]. Bila sedang manja, ia selalu menyebut dirinya Aim, dengan suara yang kekanak-kanakan. Saat hamil tua, Zee Zee masih sibuk manggung bersama Jiung Band di berbagai acara menyambut HUT Jakarta.[32].

Pada tanggal 9 Agustus 2012 di bulan Ramadhan, ia melahirkan seorang putra, yang diberi nama Fauzi Khaleev Putra Revolusi melalui Bedah sesar.[33]. Pilih operasi karena air ketuban sudah merembes, tapi perutnya belum juga mulas. Sesuai tradisi keluarga, sejak lahir di dahi bebi Khaleev ditulis nama-nama Asmaul husna satu-persatu selama 99 hari. Tujuannya agar kelak dewasa, hati Khaleev selalu dekat dengan Sang Pencipta. Untuk urusan pendidikan si kecil, Zee Zee lebih mengenalkan pada agama sedangkan Prabu ke arah akademisi. Zee Zee rencana menambah anak lagi setelah putranya berusia 4 tahun.[34].

Seputar Keluarga[sunting | sunting sumber]

Orangtua[sunting | sunting sumber]

Ayah Zee Zee bernama dr. Mustafa Kamil Shahab, SpM. Ayahnya adalah seorang Dokter spesialis mata yang praktek di RS Polri Kramat Jati, Jakarta Timur. Selain sebagai dokter, ayah Zee Zee juga seorang anggota kepolisian berpangkat Kombes (Komisaris Besar Polisi). Zee Zee memanggil sang ayah dengan sebutan 'Abah'. Sedangkan ibunya bernama Eva Khadijah Alhasni yang berasal dari Gorontalo. Sang ibunda kerja di perusahaan asuransi dan berwiraswasta. Ibunya juga sering jadi MC (Master of Ceremony) di acara-acara pesta kawinan maupun ultah.

Saudara[sunting | sunting sumber]

Zee Zee mempunyai 2 adik perempuan yang bernama Sarah Shahab dan Anisa Shahab. Khusus untuk Sarah, sewaktu kecil ia sempat berkarier di dunia hiburan. Diantaranya adalah dalam sinetron Tersanjung (2004), iklan deterjen Daia (2000), dan model video klip Bidadariku dari The Fly (2001). Zee Zee dan Sarah juga pernah main bareng di sinetron Luv, Canda (Cerita Anak Dunia), dan iklan Fashion Fever Barbie. Ia berhenti dari dunia hiburan tahun 2008, untuk lebih konsentrasi pada pendidikan. Sekarang Sarah telah berhasil meneruskan profesi dari ayah dan kakeknya, dengan menjadi seorang Dokter. Sedangkan untuk Anisa, ia lebih jago dalam hal melukis. Ia yang suka bola ini, merupakan fans berat dari Juventus dan Bambang Pamungkas. Meski anak bungsu, namun Anisa yang lebih dulu berhijab dibanding kedua kakaknya.

Kakek-Nenek[sunting | sunting sumber]

Sama seperti ayahnya, kakek Zee Zee juga adalah seorang dokter yang bernama dr. Abdurrahman Shahab. Dia sudah meninggal dunia pada bulan Desember 2012 lalu. Sedangkan sang nenek tercinta, Syarifah Latifah menyusul meninggal di bulan April 2013. Yang sedih lagi, neneknya itu meninggal sehari menjelang peringatan 100 hari dari kematian sang kakek.[35].

Silsilah[sunting | sunting sumber]

Zee Zee adalah salah satu wanita keturunan Arab Syarifah. Leluhurnya, Habib Abdullah al-Habsyi adalah generasi pertama yang datang ke Nusantara dan menetap di kota Semarang, sekitar awal tahun 1800-an M. Dia berasal dari daerah Tarbeh, Hadramaut di negeri Yaman. Zee Zee juga ada darah Belanda yang berasal dari kakek buyutnya bernama Van Engels. Dia menikahi gadis asal Wonosobo dan punya anak bernama Maria Van Engels (Mariam), seorang penceramah agama Islam. Zee Zee merupakan generasi kelima dari ulama besar asal Jakarta, yaitu Habib Ali Kwitang.

Kerabat[sunting | sunting sumber]

Zee Zee adalah cucu keponakan dari sutradara Ali Shahab[36] dan budayawan Betawi Alwi Shahab[37]. Ia pernah bermain dalam karya Ali Shahab, yaitu di sinetron Anak-anak Masa Depan dan film dokumenter Aristoteles. Selain itu, penyanyi dangdut legendaris Fahmy Shahab dengan lagu fenomenalnya Kopi Dangdut, merupakan paman Zee Zee.

Sisi Lain[sunting | sunting sumber]

Indera Ke-enam[sunting | sunting sumber]

Zee Zee adalah satu dari sedikit artis yang memiliki Indera keenam. Kelebihan itu ia dapatkan dari sang ibunda yang mulai mengetahui ada keanehan pada dirinya sejak usia 3 tahun.[38]. Menurut ibunya ketika itu Zee Zee kecil sering berlari-larian sendiri diluar rumah pada tengah malam. Selain itu ia pun sering banget ngomong sendirian. Terus saat ditanya ia bilang sedang berbicara dan bermain dengan teman-temannya yang wajah mereka berdarah semua.

Di dalam keluarga hanya Zee Zee dan ibunya yang memiliki indera ke-enam. Sehingga jika ada kejadian tidak mengenakkan dialami Zee Zee, sang ibunda bisa juga merasakan dan begitupun sebaliknya. Konon katanya indera ke-enam itu hanya diturunkan mayoritas pada anak perempuan yang pertama. Gara-gara indera ke-enam itu, ia pun sempat ikut terapi psikiater segala. Hasilnya adalah Zee Zee termasuk Anak Indigo dengan warna aura Violet (Ungu).[39].

Zee Zee yang menggemari karya Agatha Christie ini, mulai bisa merasakan indera ke-enamnya, saat pertama menstruasi di usia 12 tahun. Ia juga sering diajak komunikasi oleh makhluk halus di sekitarnya.[40]. Namun Zee Zee selalu menghindar, sebab bila direspon tubuhnya bisa lemas. Ketika berusia 17 tahun, Zee Zee bermaksud menghilangkan indera ke-enamnya, karena banyak yang tidak percaya.[41]. Tapi niat itu urung dilakukan setelah berkonsultasi dengan orangtuanya. Wanita yang suka film horor The Sixth Sense ini, merasa kemampuan indera ke-enamnya semakin tajam dan peka setelah punya anak.

Zee Zee punya pengalaman mistis waktu syuting di benteng Speelwijk, kota Serang, Banten.[42]. Menurutnya banyak sekali hantu noni-noni Belanda yang menyeramkan di dalam benteng tersebut. Lalu saat masuk ke Rumah Gurita di Bandung, ia melihat penampakan laki-laki berjubah hitam yang tinggi sekali, tapi mukanya tidak kelihatan. Cerita yang lain adalah saat akan melahirkan, ia melihat banyak makhluk halus sedang mengelilinginya di ruang bersalin RS. Selain itu Zee Zee juga pernah mengalami Deja vu. Ia melihat peristiwa buruk dalam mimpinya, terulang sama dengan yang terjadi pada dunia nyata. Namun ia tidak mampu berbuat apa-apa untuk sekedar mencegah ataupun menolong. Banyak melihat berbagai wujud Makhluk gaib, tapi menurut Zee Zee penampakan terseram adalah saat bertemu hantu yang kepalanya tiba-tiba putus sendiri. Lalu kepala itu jatuh dan menggelinding tepat di bawah kakinya.

Berhijab[sunting | sunting sumber]

Pada akhir Juli 2013 atau di saat bulan Ramadhan, Zee Zee memutuskan untuk berhijrah dengan berhijab. Sang ibunda dan adik-adiknya menangis bahagia ketika melihat Zee Zee sudah menggunakan Hijab.[43]. Begitupun dengan sang suami, Prabu Revolusi yang merasa bangga dan kaget dengan keputusan dari sang istri yang akhirnya berhijab.[44]. Dengan berhijab, Zee Zee berharap bisa perlahan merubah sikapnya yang dulu pecicilan menjadi lebih sabar dan kalem.[45]. Ia pakai hijab tidak ada paksaan dari siapapun. Murni panggilan hati dan dapat hidayah dari Allah SWT. Oki Setiana Dewi adalah salah satu inspirasinya untuk berhijab.

Sebelum berhijab, Zee Zee termasuk artis yang konsisten berbusana tertutup dan sopan. Wanita penggemar Inneke Koesherawati dan Cornelia Agatha ini kurang suka dengan busana yang memperlihatkan aurat seperti baju tanpa lengan ataupun mini dress. Jadi setelah berhijab, baju-baju yang lama tetap terpakai dan bisa dipadu padankan dengan hijabnya. Zee Zee pertama kali berakting pakai hijab dalam sitkom Ramadhan Keluarga Senyum di TV 7 tahun 2004 silam. Saat itu ia yang masih berusia 16 tahun, tampak begitu cantik dan anggun memakai hijab.

Di tahun 2010 meski belum berhijab, tapi Zee Zee sudah menjadi 'ikon' busana muslim dari sahabatnya yang juga seorang desainer muda, Dian Pelangi.[46]. Gaya berhijab dari perempuan pengoleksi kacamata ini adalah yang sederhana, nyaman dipakai dan tetap terlihat modis.[47]. Sejak Februari 2014, Zee Zee jadi brand ambassador dari Tuneeca. Sebuah produk busana muslim modern yang berlokasi di Bandung.

Zee Zee yang mengidolakan Syaikh Abdurrahman as-Sudais ini, merasakan dapat banyak berkah dan keberuntungan setelah setahun berhijab.[48]. Diantaranya adalah, Pada Mei 2014 ia berkesempatan keliling Eropa sebulan penuh untuk syuting sebuah acara wisata religi. Negara yang ditujunya yaitu: Turki, Belanda, Perancis, Italia, dan Spanyol. Zee Zee juga sering menjadi pembicara di acara seminar dan talkshow religi secara off-air. Ia pun coba profesi baru menjadi presenter seperti sang suami.[49].

Anak Betawi[sunting | sunting sumber]

Zee Zee adalah seorang anak Betawi berdarah Arab. Ia lahir dan besar dari lingkungan yang kental dengan nuansa budaya Betawi.[50]. Tidak heran kalau sejak kecil ia sudah dikenalkan dengan kebudayaan dan kesenian khas Betawi. Ketika kelas 5 SD, Zee Zee sudah ikut pentas seni tari Betawi di sekolahnya.

Tahun 2010 Zee Zee masuk sebagai vokalis baru dari grup musik Jiung Band.[51]. Mereka adalah band berciri khas Betawi yang sering membawakan lagu-lagu milik Benyamin Sueb, dengan meramunya jadi lebih 'simple dan easy listening'.[52]. Keterlibatan Zee Zee di situ selain karena vokalis cewek lagi kosong, juga pertemanannya dengan Ajul Jiung di sinetron Mariam Mikrolet. Untuk aksinya di atas panggung, ia pun bisa tampil atraktif dan 'gokil' sama seperti sang partner Ajul.[53].

Aktifitas Zee Zee di dunia hiburan cukup banyak bergelut dengan seni Betawi. Contohnya adalah di sinetron Mariam Mikrolet, Bukan Romeo Juliet, Lenong Bocah, kontes Abang None dan film KTPnya sih Islam (Batal tayang di bioskop). Jika sebagian anak muda terkesan cuek dengan kesenian lokal, ia justru ingin lebih melestarikan seni budaya Betawi agar tidak langka.

Fobia[sunting | sunting sumber]

Sama seperti artis kebanyakan yang juga mempunyai Fobia, Zee Zee pun termasuk salah satunya. Zee Zee mempunyai fobia dengan karet gelang. Ia akan langsung histeris dan kabur ketika melihat ataupun menyentuh karet gelang. Karena menurutnya, karet gelang baunya sangat menyengat sehingga membuat Zee Zee merasa mual dan ingin muntah.

Selain karet gelang Zee Zee juga mempunyai fobia dengan sabun colek. Untuk mencuci ia lebih suka dengan sabun cair atau deterjen bubuk daripada sabun colek. Zee Zee tidak suka karena sabun colek selalu lengket di tangan, sehingga ia merasa jijik.

Tomboy[sunting | sunting sumber]

Dibalik penampilannya yang sudah berhijab, Zee Zee ternyata dulu sebelum menikah adalah seorang cewek yang agak tomboy dan cuek abis.[54]. Sampai sekarang untuk tampilan sehari-hari, Zee Zee senang memakai celana jeans dan busana casual yang tidak ribet. Ia juga lebih suka pakai sepatu sneakers daripada high heels.

Menurut cerita Zee Zee, ketika masih SMP ia pernah ikut tawuran antar pelajar di sekolahnya. Saat itu perempuan yang sedikit bisa Pencak Silat ini memukul lawannya yang cowok hingga jatuh pingsan. Perannya sebagai Mariam di sinetron Mariam Mikrolet, adalah gambaran karakter yang sangat lekat dari keseharian seorang Zee Zee Shahab.

Cokelat[sunting | sunting sumber]

Zee Zee suka sekali dengan yang namanya makan Cokelat. Berbagai jenis dan bentuk cokelat ia suka. Contohnya adalah cokelat biskuit, cokelat kacang, dan dark cokelat. Sedangkan untuk white cokelat, ia tidak suka karena rasanya yang terlalu manis. Zee Zee selalu menyediakan cokelat dalam tasnya dan terlebih di kulkas rumah. Dalam sehari ia bisa menghabiskan 8 buah cokelat batangan.[55].

Makanan pokok Zee Zee bukan nasi, melainkan cokelat. Sebab sejak kecil ia memang kurang doyan makan nasi. Tidak makan nasi dirasakan Zee Zee tak membuatnya kekurangan tenaga dan merasa cepat lapar. Ia justru merasa lemas kalau belum makan cokelat. Menurut Zee Zee itu semua hanya sebatas sugesti saja. Yang pasti dengan makan cokelat, bisa menghilangkan stres dari rutinitasnya yang padat. Begitu sukanya dengan cokelat, sampai-sampai Zee Zee pernah makan cokelat yang sudah kedaluwarsa 2 bulan.[56].

Pengalaman Pahit[sunting | sunting sumber]

  • Kemalingan

Di tahun 2008 Zee Zee yang pelupa ini pernah kemalingan. Saat itu ia sedang syuting acara reality show Cinta Monyet yang ditayangkan SCTV. Karena lupa menutup pintu mobil, alhasil tas berisi barang-barang berharga miliknya raib digondol maling.[57].

  • Dibentak

Dahulu Zee Zee saat berakting, sering banget mengubah dialog skenario yang terlalu panjang. Yang lebih parah, ia tidak berkonsultasi dengan sutradara maupun pemain lainnya. Gara-gara improvisasinya itu, ia sampai pernah dibentak oleh sutradara Ali Shahab dan aktor senior Torro Margens.[58].

  • Kesurupan

Zee Zee dulunya cukup sering mengalami kesurupan. Salah satunya saat sedang syuting film horor Roh di pinggir hutan tahun 2006 silam. Ia yang berperan sebagai Ririn mengalami kesurupan cukup parah.

  • Usus Buntu

Pada Agustus 2009 atau sebelum bulan puasa, Zee Zee pernah menderita sakit Usus buntu. Saking parahnya, ia sampai tidak bisa jalan dan harus masuk RS. Gara-garanya adalah ia sering banget menyantap makanan yang pedas terutama Bakso.

  • Kuliah

Gara-gara sibuk syuting sinetron stripping, Zee Zee harus cuti kuliah selama 2 tahun dari semester 5 di FH Universitas Trisakti.[59]. Lantas sudah 3 kali skripsinya ditolak sama Dosen, karena masalah judul yang kurang spesifik.[60]. Zee Zee butuh waktu selama 8 tahun sampai di wisuda untuk meraih gelar Sarjana Hukum.

Pelor[sunting | sunting sumber]

Zee Zee di keluarganya punya sebutan Pelor (nempel molor). Karena dengan mudah banget ia bisa tertidur nyenyak kapan dan dimanapun jika sedang mengantuk. Bila di kasih kursi atau kasur, maka ia tidak butuh waktu yang lama untuk terlelap begitu saja. Itu adalah salah satu alasan mengapa Prabu Revolusi jatuh cinta padanya. Sebab bila Zee Zee sedang mengantuk, maka bahu sang suami yang selalu jadi sandarannya.

Dance[sunting | sunting sumber]

Zee Zee hobi dan jago banget sama dance, terutama yang berjenis modern. Untuk menjaga tubuh agar tetap fit, ia secara rutin menari Salsa dan Belly dance.[61]. Pada Februari 2011, Zee Zee mengikuti ajang kompetisi menari selebriti bertajuk 'Just Dance' di Indosiar.[62]. Di ajang tersebut, ia unjuk kebolehan dance ala Jennifer Lopez, Beyonce Knowles, Lady Gaga, sampai tarian India Bole Chudiyan. Kemudian waktu pesta pernikahannya, Zee Zee juga menunjukkan kemahiran dalam menari khas arab, yaitu Tari Zapin.[63].

Bisnis Kuliner[sunting | sunting sumber]

Sebelum jadi pasutri, Prabu dan Zee Zee melakukan perjanjian pra nikah yaitu harus punya bisnis kuliner. Sebab mereka adalah pecinta kuliner sejati, Prabu jago masak dan Zee Zee suka makan. Akhirnya pada Januari 2013, mereka membuka restoran daging bakar bernama Steakology.[64]. Menurut Prabu, menu andalan dari resto ini adalah steak, tapi dengan daging dan bumbu asli Indonesia.[65]. Prabu yang mahir masak steak ini, sering terjun langsung melayani para pelanggan.[66][67].

Selain mereka, ada banyak lagi yang menjalankan bisnis ini, salah satunya adalah Tantri Kotak.[68][69]. Dalam bisnis kuliner tersebut, selain jadi investor Zee Zee pun duduk di bagian promosi karena statusnya sebagai publik figur.[70]. Wanita penikmat Sate Kambing dan Pecel Lele[71] ini, mengaku bersyukur karena bisnis kulinernya yang baru masuk tahun kedua, sekarang sudah mempunyai 3 cabang.[72]. Selain itu Zee Zee dan sang suami juga baru membuka bisnis kuliner coffee shop yang di beri nama Prabu Coffee Roastery.[73].

Pendidikan[sunting | sunting sumber]

Filmografi[sunting | sunting sumber]

Film[sunting | sunting sumber]

Sinetron[sunting | sunting sumber]

Sitkom[sunting | sunting sumber]

FTV[sunting | sunting sumber]

Iklan[sunting | sunting sumber]

Prestasi[sunting | sunting sumber]

Diskografi[sunting | sunting sumber]

  • Grup
    • 1999 : 4 Jelita (Girl Band Cilik)
    • 2010 : Jiung Band (Grup musik Betawi)

Acara Komedi[sunting | sunting sumber]

Pembawa Acara[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Sejarah FFB, jabar.tribunnews.com
  2. ^ Zee Zee Shahab orang Palembang, tribunnews.com
  3. ^ Zee Zee Shahab di GADIS Sampul, gadis.co.id
  4. ^ Bedu dan Zee Zee Shahab, kapanlagi.com
  5. ^ Cerita Bedu dan Zee Zee, m.detik.com
  6. ^ Bedu dan Zee Zee Shahab putus, liputan6.com
  7. ^ Tommy Kurniawan dan Zee Zee Shahab, oktavita.com
  8. ^ Zee Zee dan Tommy Kurniawan Hanya Berteman, m.liputan6.com
  9. ^ Zee Zee dan Prabu pacaran, oktavita.com
  10. ^ Profil Prabu Revolusi 1, tabloidnova.com
  11. ^ Profil Prabu Revolusi 2, tabloidnova.com
  12. ^ Zee Zee Tidak Peduli Prabu Seorang Duda, m.okezone.com
  13. ^ Prabu Revolusi Romantis, m.kapanlagi.com
  14. ^ Prabu dan Zee Zee tetap romantis, m.okezone.com
  15. ^ Prabu Revolusi Jago Memasak, m.kapanlagi.com
  16. ^ Zee Zee tidak bisa masak, www.tabloidbintang.com
  17. ^ Zee Zee kencan di warteg, kompas.com
  18. ^ Artis-artis yang menikah tanggal 11-11-11, detik.com
  19. ^ Zee Zee Shahab dilamar, life.viva.co.id
  20. ^ Konsep Pernikahan Zee Zee dan Prabu, m.detik.com
  21. ^ Zee Zee Shahab menikah, kompas.com
  22. ^ Saksi Pernikahan Prabu dan Zee Zee, m.liputan6.com
  23. ^ Mas kawin Zee Zee Shahab, kapanlagi.com
  24. ^ Zee Zee fitting baju pengantin, m.liputan6.com
  25. ^ Kebaya Pernikahan Dirancang Ivan Gunawan, m.okezone.com
  26. ^ Zee Zee Bulan Madu ke Bali, www.cumicumi.com
  27. ^ Zee Zee ingin punya 3 anak, m.okezone.com
  28. ^ Zee Zee Shahab hamil, life.viva.co.id
  29. ^ Zee Zee Shahab ngidam, okezone.com
  30. ^ Zee Zee ngidam es cendol, detik.com
  31. ^ Zee Zee Hamil, Prabu Protektif, m.life.viva.co.id
  32. ^ Zee Zee tetap kerja walau hamil tua, m.liputan6.com
  33. ^ Zee Zee Shahab Melahirkan, m.life.viva.co.id
  34. ^ Zee Zee 4 Tahun Lagi Tambah Anak, m.liputan6.com
  35. ^ Nenek Zee Zee meninggal dunia, m.liputan6.com
  36. ^ Zee Zee Shahab cucu Ali Shahab, www.tempo.co
  37. ^ Zee Zee Cucu Alwi Shahab, m.republika.co.id
  38. ^ Zee Zee Shahab sejak balita akrab dengan hantu, hot.detik.com
  39. ^ Arti warna aura violet, bramardianto.com
  40. ^ Zee Zee Shahab komunikasi dengan hantu, hot.detik.com
  41. ^ Zee Zee Shahab ingin hilangkan indera ke-enamnya, hot.detik.com
  42. ^ Zee Zee Shahab di benteng Speelwijk, hot.detik.com
  43. ^ Zee Zee Shahab berhijab, hot.detik.com
  44. ^ Prabu bangga melihat Zee Zee berhijab, hot.detik.com
  45. ^ Zee Zee merubah sikapnya setelah berhijab, okezone.com
  46. ^ Zee Zee jadi model Dian Pelangi, okezone.com
  47. ^ Gaya berhijab Zee Zee Shahab, detik.com
  48. ^ Berhijab, Zee Zee banyak dapat berkah, m.kapanlagi.com
  49. ^ Jadi presenter, Zee Zee ikuti jejak suami, www.cumicumi.com
  50. ^ Zee Zee anak Betawi, kapanlagi.com
  51. ^ Sejarah Jiung band, www.reverbnation.com
  52. ^ Jiung, band dengan ciri khas Betawi, tribunnews.com
  53. ^ Gaya Zee Zee sebagai vokalis Jiung band, www.tabloidbintang.com
  54. ^ Zee Zee dulunya cewek tomboy, m.detik.com
  55. ^ Zee Zee suka makan cokelat, kompas.com
  56. ^ Zee Zee makan cokelat kadaluwarsa, m.okezone.com
  57. ^ Zee Zee kemalingan, liputan6.com
  58. ^ Zee Zee dibentak, tempo.co
  59. ^ Kuliah Zee Zee berantakan, kapanlagi.com
  60. ^ Skripsi Zee Zee ditolak 3 kali, kapanlagi.com
  61. ^ Zee Zee hobi dance, m.kapanlagi.com
  62. ^ Zee Zee menari di Just Dance, www.pikiran-rakyat.com
  63. ^ Zee Zee menari Japin, m.kapanlagi.com
  64. ^ Zee Zee bisnis steak, m.tribunnews.com
  65. ^ Steakology steak asli Indonesia, m.kapanlagi.com
  66. ^ Tips masak steak ala Prabu, sindonews.com
  67. ^ Prabu terjun langsung melayani pelanggan, sindonews.com
  68. ^ Tantri Kotak juga ada di Steakology, m.okezone.com
  69. ^ Tantri Kotak suka steak, kapanlagi.com
  70. ^ Zee Zee bisnis kuliner bareng suami, life.viva.co.id
  71. ^ Zee Zee suka pecel lele, liputan6.com
  72. ^ Bisnis kuliner Zee Zee terus merambah, okezone.com
  73. ^ Zee Zee buka kedai kopi, tabloidbintang.com
  74. ^ Pernikahan artis ter-hot, detik.com

Pranala Luar[sunting | sunting sumber]