Zee Zee Shahab

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Zee Zee Shahab
Zee Zee Shahab.jpg
Nama lahir Fauziah Shahab
Lahir 31 Maret 1988 (umur 26)
Bendera Indonesia Indonesia
Pekerjaan aktris, model
Tahun aktif 1996 - sekarang
Pasangan Prabu Revolusi
Anak Fauzi Khaleev Putra Revolusi

Fauziah Shahab (lahir 31 Maret 1988; umur 26 tahun) adalah aktris Indonesia keturunan arab dari ayahnya yang bernama dr. Mustafa Kamil Shahab, SpM. Aktris kelahiran Jakarta yang dikenal dengan nama Zee Zee Shahab ini mengawali kariernya di dunia hiburan Indonesia pada usia 8 tahun dengan berperan dalam beberapa judul sinetron.

Awal Karier[sunting | sunting sumber]

Pada usia 7 tahun, Zee Zee kembali ke Jakarta setelah selama 4 tahun mengikuti orangtuanya bertugas di Polda Sumatera Selatan di kota Palembang.[1]. Di umur 8 tahun, Zee Zee pertama kali terjun ke dunia hiburan Indonesia dengan membintangi sinetron Mentari Pagi.

Setelah itu Zee Zee bergabung dengan sanggar Ananda pimpinan Aditya Gumay, dan bermain dalam serial komedi anak Lenong Bocah Gress. Zee Zee adalah generasi kedua dari Lenong Bocah, yang satu angkatan dengan Ruben Onsu, Olga Syahputra, Dude Herlino, dan Lia Waode.

Tahun 1999, Zee Zee mencoba dunia tarik suara dengan membuat album dan membentuk girl band anak-anak. Bersama ketiga temannya, yaitu: Marcella, Bella, dan Dhea, mereka menamakan dirinya 4 Jelita. Judul album sama dengan hits singlenya yaitu Papa Jangan Merokok.

Setahun kemudian, Zee Zee bermain dalam sinetron Luv produksi RCTI. Awalnya hanya kebagian peran jadi bintang tamu. Karena ratingnya bagus, akhirnya diberi peran tetap sebagai Stephanie (Steffi) yang judes, manja, dan centil. Sinetron Luv tayang selama 3 tahun lebih, dari bulan November 2000 sampai April 2004.

Pada tahun 2001, Zee Zee mengikuti ajang pemilihan GADIS Sampul dan masuk menjadi finalis.[2]. Zee Zee adalah finalis termuda, karena pada saat itu usianya baru menginjak 13 tahun. Zee Zee satu alumni dengan Intan Nuraini, Hayria Lontoh, Soraya Larasati, dan Tya Ariestya yang eksis di dunia hiburan.

Kehidupan Pribadi[sunting | sunting sumber]

Zee Zee pernah berpacaran dengan komedian Bedu sejak 26 Januari 2007.[3]. Percintaan mereka sempat menghebohkan jagad hiburan, karena Bedu yang berwajah biasa saja, berhasil mendapatkan gadis secantik Zee Zee. Tapi kisah cinta mereka berakhir setelah setahun lebih berpacaran.[4]. Setelah itu, Zee Zee digosipkan menjalin cinta dengan pesinetron Tommy Kurniawan.[5]. Tentang kebenarannya masih tanda tanya, karena tidak ada bukti kebersamaan mereka di berbagai media, dan juga pengakuan dari keduanya.

Lama menjomblo, akhirnya pada bulan Maret 2011, Zee Zee menemukan pelabuhan cintanya yang terakhir pada sosok news anchor bernama Prabu Revolusi. Perkenalan pertama mereka terjadi saat Prabu diundang bergabung di sebuah group BlackBerry Messenger (BBM), dengan Zee Zee sebagai salah satu anggotanya. Prabu pun tak menyia-nyiakan kesempatan untuk berteman dengan Zee Zee di BBM. Di tanggal cantik 11-11-11, Prabu melamar Zee Zee usai shalat Jum'at.[6]. Prabu juga memberikan benda bersejarah, karena selalu menemani selama 6 tahun yang didapat dari gaji pertamanya, yaitu jam tangan merk Calvin Klein.

Delapan bulan berpacaran, akhirnya pada tanggal 26 November 2011, Prabu dan Zee Zee melangsungkan pernikahan di hotel Akmani, Jakarta.[7]. Untuk mas kawinnya, Prabu memberikan uang sebesar 4 juta rupiah.[8]. Tidak butuh waktu yang lama, Zee Zee hamil anak pertamanya.[9]. Waktu hamil muda, Zee Zee ngidam buah yang langka, yaitu buah Kecapi.[10]. Tanggal 9 Agustus 2012, Zee Zee melahirkan seorang putra, yaitu Fauzi Khaleev Putra Revolusi melalui operasi caesar.[11]

Riwayat Keluarga[sunting | sunting sumber]

Zee Zee adalah anak pertama dari 3 bersaudara, pasangan Mustafa Kamil Shahab dan Eva Khadijah Alhasni. Ayahnya adalah seorang dokter mata yang praktek di RS. Polri, sedangkan ibunya bekerja di perusahaan asuransi dan berwiraswasta. Ayah Zee Zee juga seorang anggota Polri berpangkat Kombes (Komisaris Besar).

Zee Zee mempunyai 2 adik perempuan yang bernama Sarah Shahab dan Anisa Shahab. Berbeda dengan Zee Zee, mereka berdua lahir di Palembang karena waktu itu orangtuanya tinggal disana. Khusus untuk Sarah, waktu kecil sempat berkiprah di dunia hiburan dengan bermain di sinetron Tersanjung (2004), iklan deterjen Daia (2000), dan model video klip Bidadariku (2001) dari The Fly. Zee Zee dan Sarah juga pernah duet bareng di sinetron Luv, Cerita Anak Dunia, dan iklan Fashion Fever Barbie.

Zee Zee mempunyai darah keturunan Arab dan Belanda. Darah keturunan Arab dari ayahnya, sedangkan Belanda dari nenek buyutnya Maria Van Engels (Mariam), seorang penceramah agama Islam. Zee Zee juga merupakan salah satu keturunan dari Habib Ali Kwitang, tokoh penyiar agama Islam terdepan di Jakarta pada abad ke 20.

Zee Zee adalah cucu dari sutradara senior Ali Shahab.[12]. Mereka pernah kerjasama bareng dalam sinetron Anak-Anak Masa Depan dan film dokumenter Aristoteles, sebagai sutradara dan pemain.

Filmografi[sunting | sunting sumber]

Sinetron[sunting | sunting sumber]

Sitkom[sunting | sunting sumber]

FTV[sunting | sunting sumber]

Iklan[sunting | sunting sumber]

Prestasi[sunting | sunting sumber]

Diskografi[sunting | sunting sumber]

  • Group
    • 1999 : 4 Jelita (Girl Band)
    • 2011 : Jiung Band (Group Band Betawi)

Acara TV[sunting | sunting sumber]

Pembawa Acara[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala Luar[sunting | sunting sumber]