Rafi Cinoun

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Rafi Cinoun
LahirRafi Faryabi
26 Desember 1985 (umur 38)
Jakarta, Indonesia
Nama lainRafi Cinoun
PekerjaanAktor
Presenter
Komedian
Penulis Skenario
Casting Director
Produser
Sutradara
Tahun aktif1997-sekarang
Orang tuaH. Zulfinal Hasan (Bapak)
Hj. Rita Tri Kumari (Ibu)
KerabatRio Fallatan (kakak)

Rafi Faryabi, yang dikenal sebagai Rafi Cinoun (lahir 26 Desember 1985) adalah seorang Aktor, Komedian, dan Presenter Indonesia berdarah Minang dan India, yang mengawali karier di pertelevisian dengan membintangi serial Lenong Bocah.[1]

Karier[sunting | sunting sumber]

Rafi Cinoun memulai kariernya di entertainment sejak ia masih di bangku sekolah dasar di tahun 1993 dengan mengikuti berbagai macam lomba dan pemilihan seperti lomba puisi, lomba menyanyi, pemilihan model, fashion show dan mengikuti pelatihan & pertunjukan teater, hingga pada tahun 1997 ia masuk di Sanggar Ananda yang membuat-nya tergabung dalam group lawak Lenong Bocah Pimpinan Aditya Gumay bersama personil yang lainnya seperti Okky Lukman, Mellissa Grace, Noval Kurnia, Indra Bekti, Olga Syahputra, Ruben Onsu, Chika Waode, Lia Waode, Dude Harlino, Zee Zee Shahab dll. Sampai mereka dewasa lalu terbentuklah group bernama Lenong Bocor yang terdiri dari Olga Syahputra, Rafi Cinoun, Ruben Onsu, Chika Waode & Lia Waode yang saat itu mereka mengisi program sahur di Indosiar, beberapa program tv dan membintangi iklan. Lalu setelah itu Rafi Cinoun terus melanjutkan karir di entertainmentnya dengan membintangi banyak sinetron, ftv, sitkom seperti Komedi situasi Stripping FoodCourt yang tayang di SCTV, dimana ia menjadi Pemeran Utamanya bersama Ayudia Bing Slamet , Ayu Hastari dll.., hingga ia juga menjadi Presenter di berbagai program tv salah satunya program Acara realitas Buaya Darat yang tayang di ANTV bersama Vanessa Angel (pemeran indonesia) & Robby Purba. Dan ia pun mematangkan karirnya sebagai seorang aktor dengan membintangi beberapa Film Layar Lebar seperti Film Ayah, Mengapa Aku Berbeda? bersama Dinda Hauw, Surya Saputra, Indra Sinaga & Rima Melati, Film Pacar Hantu Perawan bersama Dewi Perssik, Olga Syahputra, Jonathan Frizzy, Tausiyah Cinta bersama Irwansyah, Hamas Syahid & Peggy Melati Sukma dan masih banyak lagi judul film layar lebar yang ia mainkan. Pada tahun 2013, ia mengembangkan sayapnya dengan memulai kariernya di belakang layar juga, menjadi penulis skenario dalam beberapa FTV, Webseries, Komedi situasi, Acara realitas dan ia juga menjadi casting director pada film Persembahan Terakhir yang tayang pada tahun 2015, lalu ia meneruskan karier di belakang layarnya dengan menjadi produser dan sutradara.[2] Dalam karier di depan layarnya, Rafi juga pernah membintangi sejumlah Iklan dan menjadi model dalam Video musik.

Filmografi[sunting | sunting sumber]

Presenter[sunting | sunting sumber]

Sitkom[sunting | sunting sumber]

Sinetron[sunting | sunting sumber]

Talk Show & Variety Show[sunting | sunting sumber]

FTV[sunting | sunting sumber]

Model Video Klip[sunting | sunting sumber]

Iklan[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Rafi Cinoun". indonesianfilmcenter.com. Diakses tanggal 3 Maret 2016. 
  2. ^ "Rafi Cinoun : Di Depan Layar Sebagai Aktor, Host dan Komedian, Di Belakang Layar Sebagai Casting Director dan Penulis Skenario". 11 Juni 2016. Diakses tanggal 13 Juni 2016. 
  3. ^ "Rafi Cinoun". filmindonesia.com. Diakses tanggal 3 Maret 2016. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]