Artis cilik

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari


Artis cilik adalah sebutan bagi selebritis yang merintis karier di usia kanak-kanak (20 tahun ke bawah). Artis cilik bisa berupa aktor, aktris, penyanyi, maupun multiprofesi. Selebritis dewasa yang semasa kecilnya sudah menjadi artis seringkali diidentifikasikan sebagai “mantan artis cilik”.

Umumnya, kualitas seorang artis cilik di belantika hiburan tidak harus mumpuni, karena biasanya poin penilaian serta nilai jual seorang artis cilik yang paling utama dalah kepolosan dan kelucuan mereka. Tapi tak sedikit pula artis cilik yang memang terbukti mampu menunjukkan kualitas wahid yang tak kalah dengan artis-artis senior mereka.

Penyanyi[sunting | sunting sumber]

Keberadaan penyanyi cilik telah eksis sejak era 60-an. Pada saat itu sudah ada beberapa penyanyi anak-anak seperti Fenty Effendy, Anna Mathovani, atau Nenny Triana. Namun yang bisa dibilang pionir penyanyi cilik yang paling tersohor dan masih eksis hingga saat ini adalah Adi Bing Slamet dan Ira Maya Sopha.

Kualitas seorang penyanyi cilik umumnya standar, karena nilai jual mereka adalah kepolosan dan keluguan khas anak-anak. Yang terpenting adalah lagu-lagu mereka sesuai bagi segmen pendengarnya, yakni anak-anak. Namun ada juga beberapa penyanyi cilik yang memang sudah punya bakat alami dan mampu menyanyi dengan teknik vokal khas penyanyi profesional. Sebagian besar lainnya adalah anak dari penyanyi-penyanyi senior yang sudah terkenal. Meskipun beberapa di antara mereka terhitung sukses pada masanya, umumnya karier mereka mandeg disaat di usia remaja, sehingga tak bisa melanjutkan karier mereka sebagai penyanyi remaja. Sebagai gantinya, mereka memilih pensiun dari dunia hiburan atau beralih ke profesi lain, misal pemain sinetron.

Zaman keemasan penyanyi cilik sempat redup di pertengahan dekade 2000-an, sampai belakangan muncul kembali di awal dekade 2010-an dalam bentuk grup vokal (mengikuti tren pasar boyband dan girlband).

Beberapa penyanyi cilik (dan mantan penyanyi cilik) Indonesia adalah:

Aktor/Aktris[sunting | sunting sumber]

Hampir sama seperti penyanyi cilik, kualitas aktor/aktris cilik juga terkadang bukan jadi nilai jual utama. Karena aktor anak-anak biasanya diminta berakting sebagaimana kapasitas mereka. Meski demikian tetap ada pengecualian bagi beberapa aktor cilik yang memang punya talenta berakting yang luar biasa. Biasanya aktor cilik semacam ini bisa mempertahankan karier mereka sampai remaja dan dewasa.

Beberapa aktor dan mantan aktor cilik di Indonesia antara lain: