Ultra Mobile Personal Computer

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Wibrain B1

Ultra Mobile Personal Computer (UMPC) atau dikenal juga dengan nama [Micro][PC] adalah versi kecil dari komputer pena. UMPC bermula dari sebuah proyek yang dikembangkan oleh Microsoft yang dinamakan “proyek origami”. Microsoft merasa laptop yang ada saat ini mobilitasnya masih sangat kurang karena itu proyek origami ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah komputer ekstra mini yang bisa dibawa ke mana-mana, berlayar sentuh, dapat memutar film dan lagu, bermain game, dapat digunakan untuk mengerjakan tugas kantor, dan berharga kurang dari 500 dollar Amerika Serikat. Ide ini kemudian dikembangkan Microsoft bekerja sama dengan ASUS, Samsung, dan Founder.


Spesifikasi UMPC[sunting | sunting sumber]

UMPC umumnya mempunyai layar berukuran antara 12,3 cmsampai 20 cm dan mempunyai layar sentuh dengan resolusi minimal 800 x 480 pixel. UMPC biasanya juga memiliki memori dengan kisaran 256 MB - 1 GB, dan hard disk sebesar 30 GB - 160 GB. Dari segi prosesor, UMPC umumnya menggunakan prosesor jenis ULV atau "Ultra Low Voltage" untuk memaksimalkan daya tahan baterai, dengan kecepatan prosesor mulai dari 500 MHz sampai dengan 1.5 GHz dapat ditemukan di perangkat UMPC dari berbagai vendor ternama seperti Intel, VIA dan AMD. Untuk UMPC vendor Intel menyediakan prosesor Intel Celeron M, Pentium M, Core Solo sedangkan VIA menyediakan prosesor C7-M dan AMD menyediakan prosesor Geod LX800.


UMPC biasanya menggunakan jenis papan ketik virtual atau papan ketik on-screen. UMPC juga ditemukan dalam beberapa tipe menggunakan papan ketik jenis slider dan papan ketik jempol. Tetapi karena umumnya UMPC mempunyai standar koneksi USB, kita dapat menambahkan papan ketik dan tetikus yang tersedia di pasaran. Dengan bobot kisaran dari 350 gram (terringan) sampai 900 gram (terberat). Semua UMPC mengusung fitur layar sentuh, baik itu layar sentuh aktif ataupun pasif. Dengan layar sentuh aktif, pengguna memerlukan stylus khusus untuk mengoperasikan UMPC. Sedangkan layar sentuh pasif adalah layar yang dapat disentuh dengan jari langsung, tanpa stylus khusus.


Fitur UMPC[sunting | sunting sumber]

Beberapa fitur lainnya di UMPC yang dapat ditemukan adalah GPS, kamera CMOS , dan konektivitas HSDPA, Bluetooth, WLAN / Wi-Fi, pembaca sidik jari, speaker stereo, TV tuner, pembaca memory card dan Ethernet. Ini semata-mata untuk semakin melengkapi UMPC, yang dilahirkan untuk menjadi sebuah gadget dengan mobilitas tinggi. UMPC dengan tambahan alat dapat dipasang di atas dashboard mobil dan menjadi pusat navigasi perjalanan, pengontrol audio dan video di dalam mobil. Dengan tambahan aplikasi yang tepat, UMPC juga bisa menerima telepon, baik melalui jaringan VOIP ataupun jaringan selular biasa. Gabungan UMPC dengan Orb ("Penggeser Tempat") memungkinkan pengguna untuk mengakses data-data multimedia/kantoran di remote server ketika bepergian. Ini adalah salah satu cara terbaik untuk memaksimalkan penggunaan UMPC baik di rumah atau di luar rumah.


Sistem Operasi UMPC[sunting | sunting sumber]

Pada saat pertama kali muncul, UMPC menggunakan sistem operasi edisi Microsoft WindowsXP Tablet PC yang telah dimodifikasi untuk membuatnya lebih cocok untuk ditampilkan dalam format kecil. Seiring perkembangan saat ini UMPC dapat menggunakan platform Microsoft Windows Vista, dan sebuah platform khusus untuk sedang dikembangkan oleh Microsoft saat ini dengan nama Origami Experience 2.0 dan direncanakan akan diluncurkan pada tahun 2008. Origami Experience 2.0 adalah sebuah bentuk piranti lunak yang didesain khusus untuk UMPC dan dibuat untuk ditambahkan pada sistem operasi Windows Vista, beberapa fitur khusus seperti :

  • Origami Picture Password, yaitu sebuah cara untuk memasukan kata sandi dengan mengklik beberapa target yang berupa gambar dan bukan dengan mengetik kata sandi di UMPC anda. Ini merupakan cara baru yang cepat dan menyenangkan dalam memasukan kata sandi.
  • Origami Central, yaitu sebuah program yang mengumpulkan beberapa fitur media favorit anda, seperti musik, gambar, video, program, berita dan internet dalam satu tempat. Ini merupakan program yang mengintegrasikan beberapa fitur media.
  • Origami Now, sebuah program yang memberikan akses sekali sentuh pada informasi yang anda anggap penting seperti surat-e, kalender, cuaca, dan jadwal kegiatan, semua ini diatur di layar yang berubah seiring waktu bahkan tempat.



Perbedaan Laptop dengan UMPC[sunting | sunting sumber]

Banyak orang menganggap UMPC adalah laptop yang memiliki ukuran kecil, pendapat ini tentu salah karena UMPC tentu berbeda dengan laptop. Dari bentuknya kita dapat membedakan UMPC dan laptop, UMPC umumnya berbentuk seperti papan. Layar UMPC yang berukuran 4,3 inci sampai 7 inci, lebih kecil dari layar laptop yang umumnya berukuran 12 inci ke atas. UMPC umumnya tidak mempunyai papan ketik, kalaupun ada biasanya bentuknya adalah papan ketik geser, papan ketik virtual atau papan ketik jempol, berbeda dengan laptop yang mempunyai papan ketik standar. UMPC memiliki bobot yang lebih ringan dibandingkan laptop, UMPC umumnya berbobot kurang dari 1 kg sedang laptop umumnya mempunyai bobot 1,5-3 kg. UMPC adalah perangkat komputerteringan yang ada saat ini.

Hampir semua UMPC memiliki layar sentuh yang umumnya tidak ditemukan di laptop. Sedang untuk urusan kinerja prosesor dan grafis, UMPC dapat dikatakan kalah dari laptop. Ini dapat dikatakan wajar karena ini adalah konsekuensi dari sebuah bentuk yang lebih kecil dan bobot yang lebih ringan. Selayaknya sebuah laptop, UMPC dapat digunakan untuk mengerjakan aktivitas kantor seperti pengolahan kata, presentasi, dan lain sebagainya. Dengan bentuknya yang mungil, bobot yang ringan, fitur layar sentuh, dan fitur pengenalan tulisan akan sangat mudah untuk menjadikan sebuah UMPC sebagai alat pencatat baik di kelas ataupun di sebuah pertemuan kantor. Dengan alat perekam yang terdapat di UMPC, pengguna UMPC juga dapat menyimpan keberlangsungan sebuah diskusi dalam bentuk dokumen audio.


Perkembangan UMPC[sunting | sunting sumber]

AMtek T700 dan Samsung Q1 adalah dua tipe awal dari UMPC, AMtek T700 dipasarkan dengan nama berbeda di berbagai belahan dunia di Amerika UMPC ini bernama TabletKiosk eo v7110, agoPC ago7, dan Azentek GB-810 di Eropa UMPC ini bernama PaceBlade EasyBook P7, di Australia bernama TabletKiosk eo v7110 dan Pioneer DreamBook UMPC 700 dan di Jepang bernama PBJ SmartCaddie. UMPC berkembang dengan sangat cepat, saat ini sudah cukup banyak tipe-tipe UMPC yang beredar di pasaran, seperti Wibrain B1L, yang menggunakan sistem operasi Linux Ubuntu, Samsung Q1b yang merupakan seri lanjutan dari Samsung Q1, AMtek T770, ASUS R2H, OQO model2, Raon Digital Everun, dan ASUS EEE PC. Sedang beberapa tipe UMPC yang akan segera diluncurkan adalah Medion UMPC, WiBrain B1 UMPC, dan Packard Bell EasyNote XS Everex CloudBook. Hewlett-Packard juga akan meluncurkan tipe UMPC pertamanya pada musim semi tahun 2008.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]