Ulamburiash

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Ulam-Buriaš
Raja Babilon
Berkuasaskt. 1480 SM
Pendahulu? Kaštiliašu III
Penerus? Agum III

Ulam-Buriaš, kontemporer ditulis sebagai Ú-la-Bu-ra-ra-ia-ash atau mÚ-lam-Bur-áš di kronik kemudian dan berarti "putra ( dewa Kass) Buriaš", merupakan seorang raja Kass dari Sealand (kuneiform:LUGAL KUR A.AB.BA, Akkadia: šar māt tâmti), yang ia taklukkan pada paruh kedua abad ke-16 SM dan mungkin juga telah menjadi raja Babilon, mungkin sebelumnya atau menggantikan saudaranya, Kaštiliašu III.[1] Pemerintahannya menandai titik di mana kerajaan Kass meluas ke seluruh Mesopotamia selatan.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Konfirmasi asalnya berasal dari beban onyx, berbentuk katak, dengan prasasti kuneiform, "1 shekel, Ulam Buriaš, putra Burna Buriaš", yang ditemukan dalam sebuah pemakaman besar, selama penggalian situs kota kuno Metsamor.[2] Pemakaman untuk dua orang, didampingi oleh lima puluh korban, sembilan belas kuda, sapi, domba, dan anjing.[3] Terletak di Armenia, di tengah lembah Ararat, Metsamor merupakan pusat bangsa Hurri yang penting untuk penempaan logam.

Kronik Raja-raja Awal, teks historiografi neo-Babilonia yang diawetkan pada dua batu peringatan, menjelaskan bagaimana Ea-gamil, raja terakhir Dinasti Sealand, melarikan diri ke Elam menjelang sebuah invasi yang dipimpin oleh Ulam-Buriaš, "saudara Kaštiliašu", yang menjadi "tuan atas tanah" (bēlūt māti īpuš), yaitu Sealand, wilayah Mesopotamia selatan yang identik dengan atau di ujung selatan Sumeria. Sebuah serpentinit atau gada kepala diorit atau mungkin kenop pintu yang ditemukan di Babilon, diukir dengan julukan Ulaburariaš, "Raja Sealand".[4] Objek itu digali di Tell Amran ibn-Ali, saat penggalian Jerman di Babilon, dilakukan dari tahun 1899 sampai tahun 1912, dan sekarang ditempatkan di Museum Pergamon.

Prasasti[sunting | sunting sumber]

  1. ^ J. A. Brinkman (1976). Materials and Studies for Kassite History, Vol. 1. Oriental Institute. hlm. 318–319. 
  2. ^ E. V. Khanzadian; G. Kh. Sarkisian; I. M. Diakonoff (Spring 1992). "Babylonian Weight from the Sixteenth Century b.c. with Cuneiform Inscription from the Metsamor Excavations". Anthropology & Archeology of Eurasia. 30 (4): 75–83. doi:10.2753/aae1061-1959300475. 
  3. ^ Philip L. Kohl (1988). "The Northern Frontier of the Ancient Near East: Transcaucasia and Central Asia Compared". American Journal of Archaeology. American Institute of Archaeology. 92 (4): 595. JSTOR 505256. 
  4. ^ B. Landsberger (1954). "Assyrische Königsliste und "Dunkles Zeitalter" (Continued)". Journal of Cuneiform Studies. 8 (2): 70–71. JSTOR 1359531.  n. 182

Referensi[sunting | sunting sumber]