Nabopolassar

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Nebopolassar (play /ˌnæbɵpəˈlæsər/; bahasa Akadia: Nebû-apal-usur; 658 – 605 SM) adalah raja Babilonia yang berperan penting dalam kejatuhan Kerajaan Asyur setelah matinya raja Asyur terakhir yang kuat, Asyurbanipal. Ia dianggap pendiri Kekaisaran Babilonia Baru.[1] Masa pemerintahannya atas Babilon adalah 20 tahun (625 - 605 SM).[2]

Perjalanan kekuasaan[sunting | sunting sumber]

Nabopolassar bangkit memberontak terhadap Kerajaan Asyur yang telah menguasai Babilon selama 200 tahun terakhir, setelah matinya, Asyurbanipal, antara tahun 631 dan 627 SM. Setelah berhasil, ia memakai gelar Raja Babilonia.

Kehancuran Asyur[sunting | sunting sumber]

Asyur dilemahkan oleh perselisihan dalam negeri dan pemerintahan yang tidak efektif setelah matinya Asyurbanipal, akhirnya tidak dapat menahan serangan gabungan orang Kasdim dan Madai, yang bersama-sama merebut ibukota Niniwe pada tahun 612 SM di akhir pengepungan lama kota itu selama "Perang Niniwe". Menurut Tawarikh Babilon, jatuhnya Niniwe terjadi pada tahun ke-14 pemerintahannya.[3] Nabopolassar menguasai Niniwe, sementara tentaranya dan sekutunya menghancurkan sisa-sisa tentara Asyur di Karkemis pada tahun 605 SM.

Perang lain[sunting | sunting sumber]

Nabopolassar berperang melawan Mesir dari tahun 610 SM sampai matinya. Pada tahun 605 SM, Nabopolassar merebut kota Asyur, Harran, di mana tentara Asyur berpusat setelah mundur dari Niniwe. Kemudian pada tahun yang sama, putranya Nebukadnezar mengalahkan tentara Mesir di bawah pimpinan Firaun Nekho II di Karkhemish, beberapa waktu sebelum Nabopolassar mati.

Kematian[sunting | sunting sumber]

Setelah tentaranya mengalahkan Asyur dan sekutu Mesirnya, Nebopolassar menyerahkan pemerintahan kepada putra mahkotanya, Nebukadnezar. Beberapa bulan setelah turun tahta pada tahun 605 SM, Nabopolassar mati karena sebab alamiah pada usia 53 tahun. Menurut Tawarikh Yerusalem ia meninggal pada tahun ke-21 pemerintahannya pada tanggal 8 bulan Abu (bulan ke-5 Ab) = 15 Agustus 605 SM.[4]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ D. Brendan Nagle, The Ancient World: A Social and Cultural History, 6th ed., Upper Saddle River, N.J.: Pearson, 58.
  2. ^ Lihat Kanon Ptolemaeus
  3. ^ Riwayat jatuhnya Niniwe
  4. ^ Tawarikh Yerusalem, bagian depan (observe), baris 9-10.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

  • ABC 2: Tawarikh mengenai tahun-tahun pertama Nabopolassar
  • ABC 3: Chronicle Concerning the Fall of Nineveh
  • ABC 4: Chronicle Concerning the Late Years of Nabopolassar
  • Nabopolassar Cylinder
Didahului oleh:
Kandalanu
(mungkin Asyurbanipal dari Asyur, atau seorang raja muda)
Raja Babilon
626–605 SM
Diteruskan oleh:
Nebukadnezar II