Turning Torso

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Turning Torso

HSB Turning Torso merupakan sebuah pencakar langit di Malmö, Swedia, terletak di selat Öresund. Menara ini dirancang oleh arsitek Spanyol, Santiago Calatrava dan secara resmi dibuka pada 27 Agustus 2005. Menara ini mencapai tinggi 190 meter (623 kaki) dengan 54 tingkat. Setelah selesai, menara ini menjadi bangunan tertinggi di Skandinavia, dan bangunan apartemen tertinggi kedua di Eropa, setelah Triumph-Palace setinggi 264 meter di Moskow.

Kronprinsen setinggi 84 meter dulunya merupakan bangunan tertinggi di Malmö sebelum Turning Torso.

Lukisan putaran menara

Rancangan gedung ini didasarkan pada sebuah pahatan oleh Santiago Calatrava yang disebut Twisting Torso. Menara ini menggunakan kotak bertingkat lima yang berputar apabila dipasang; bagian paling atar berputar 90 derajat searah jarum jam dengan lantai dasar. Setiap lantai secara dasar berisi sebuah ujung persegi yang mengitari pusat gedung, bersama dengan ujung segitiga, yang didukung oleh sebuah tangga-tangga besi. Dua kotak bawah digunakan sebagai perkantoran. Kotak ke-3 hingga ke-9 merumahkan 149 apartemen mewah.

Pahatan Twisting Torso dengan marmer putih berdasarkan pada bentuk manusia apabila berputar. Johnny Örbäck, mantan CEO kontraktor Turning Torso dan Board Chairman HSB cabang Malmö, melihat pahatan tersebut pada 1999 dan mengontrak Calatrava untuk merancang sebuah bangunan menggunakan konsep yang sama. Konstruksi dimulai pada musim panas 2001.

Satu alasan untuk bangunan Turning Torso adalah untuk menciptakan kembali pencakar langit di Malmö sejak penghancuran Kockums Crane pada 2002, yang terletak 1 km dari Turning Torso. Politisi lokal mempertimbangkan menara tersebut penting untuk masyarakat agar Malmö memiliki simbol tersendiri — Kockumskranen, yang mana merupakan sebuah takal besar yang digunakan untuk pembuatan kapal dan menyimbolkan pekerja blue-collar di kota itu.

Pengenalan[sunting | sunting sumber]

Turning Torso memenangkan Penghargaan Pencakar Langit Emporis dengan margin terbesar sepanjang sejarah, melampaui Q1 Tower di Gold Coast City, Australia dan Montevideo Tower di Rotterdam, Belanda.

Struktur ini memenangkan penghargaan MIPIM di Cannes, Perancis untuk Bangunan Apartemen Internasional Terbaik, melampaui 1 West India Quay di London, UK dan Espirito Santo Plaza di Miami, Amerika Serikat.

Konstruksi Turning Torso pernah ditayangkan dalam sebuah episode Extreme Engineering di Discovery Channel.

Acara[sunting | sunting sumber]

Pada 18 Agustus 2006, Felix Baumgartner berparasut ke Turning Torso, dan lompat ke tanah.[1]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Didahului oleh:
Taipei 101
(Taipei, Taiwan)
Penghargaan Pencakar Langit Emporis (Emas)
2005-
Diteruskan oleh:
Hearst Tower
(New York City, Amerika Serikat)

Koordinat: 55°36′48″LU,12°58′35″BT