Batu pualam

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Marmer)
Lantai yang terbuat dari Marmer putih

Marmer atau batu pualam merupakan batuan hasil proses metamorfosa atau malihan dari batu gamping. Pengaruh suhu dan tekanan yang dihasilkan oleh gaya endogen menyebabkan terjadi rekristalisasi pada batuan tersebut membentuk berbagai foliasi mapun non foliasi.

Secara Bahasa kata Marmer berasal dari bahasa yunani yaitu Marmaron dari asal kata marmaros, batu bersinar, batu kristal, mungkin kata kerja marmairo, berkilau atau bersinar. ini juga merupakan dasar untuk kata marmer dalam bahasa inggris marmoreal yang berarti seperti marmer. Akibat rekristalisasi struktur asal batuan membentuk tekstur baru dan keteraturan butir. Marmer Indonesia diperkirakan berumur sekitar 30–60 juta tahun atau berumur Kuarter hingga Tersier. Campuran warna yang berbeda, dapat mempunyai pita-pita warna. Kristal-kristalnya sedang sampai kasar, jika ditetesi asam akan mengeluarkan bunyi mendesis. Tulungagung adalah salah satu penghasil marmer terlama di Indonesia. Saat ini daerah penghasil marmer di Indonesia sudah tersebar luas, antara lain Lampung, Jawa Tengah, Bandung, Sulawesi, Kalimantan, Bangka, dan Kupang, namun marmer terbaik terdapat di Sulawesi Selatan.

Jenis-jenis marmer[sunting | sunting sumber]

Batu marmer yang ditambang dari berbagai negara memiliki ciri khas dan motif yang berbeda-beda. Marmer-marmer tersebut kemudian digolongkan ke dalam beberapa jenis di antarnya:

  • Carrara. Marmer dari Italia ini berwarna biru abu-abu. Di zaman Romawi Kuno, marmer ini dipergunakan untuk membangun kuil Proserpina, The Pantheon dan lain-lain.
  • Statuario. Marmer dari daerah Carrara Italia ini kerap dipakai untuk membuat patung ternama dunia. Marmer statuario berwarna putih cerah dengan sedikit corak.
  • Pentelic. Marmer ini ditambang dari Gunung Pentelicus, Yunani. Marmer Pantelic berwarna putih dengan tekstur berbutir halus.
  • Kreol. Marmer Kreol ditambang dari Pickens County, Georgia. Batu marmer ini bertekstur kasar dengan warna putih, biru, biru tua, abu-abu dan hitam.
  • Etowah. Marmer berwarna merah muda ini berasal dari daerah Georgia. Marmer etowah juga memiliki warna yang unik seperti pink, salmon dan rose.
  • Makrana. Marmer Makrana berasal dari India. Marmer ini terkenal karena dipergunakan untuk membangun Taj Mahal, India.
  • Breksi. Marmer Breksi memiliki tekstur dan corak yang agak kasar. Batu marmer dari Italia ini berwarna krem.
  • Cipollino. Marmer Cipollino yang berasal dari Yunani disebut dengan onion stone atau batu bawang. Marmer ini memiliki corak putih dan hijau yang berlapis-lapis dengan guratan warna kehitaman atau abu-abu.
  • Ruin marble. Marmer Puing atau Ruin marble berasal dari Italia Tengah. Marmer ini memiliki pola gelap dan terang yang kontras. Variasi warna abu-abu, coklat, kemerahan, biru atau hitam akan terlihat seperti lukisan yang rusak.
  • Shell marble. Shell marble merupakan jenis marmer langka. Marmer yang terbentuk dari fosil ini memiliki warna dasar hitam atau coklat dengan pola motif putih.

Tambang marmer terbesar di dunia[sunting | sunting sumber]

Berikut ini lima tambang marmer terbesar di dunia:

  1. Carrara, Italia. Tambang Carrara berada di sekitar pegunungan Alpen, Italia. Jenis marmer yang dihasilkan di antaranya adalah Carrara, Statuario, Calacatta Gold, Calacatta Borghini, Calacatta Macchia Vecchia, Arabescato Cervaiole dan Arabescato Vagli.
  2. Gunung Pentelicus, Yunani. Tambang ini berada di Yunani tepatnya di sekitar gunung Penteli, Attica, di wilayah Timur Laut Athena.
  3. Vermont, Amerika Serikat. Tambang marmer ini berada di Rutland. Marmer sudah ditemukan di daerah tersebut sejak tahun 1830.
  4. Turki. Tambang ini berada di kawasan sabuk orogenik Alpine Himalaya, Turki. Salah satu jenis marmer yang terkenal dari daerah ini adalah Prokonnesos.
  5. Pinoso, Spanyol. Tambang marmer terbesar di Eropa ini berada di Kota Pinoso, Valencia, Spanyol. Jenis marmer yang dihasilkan berwarna krem klasik dengan undertone berwarna kecoklatan yang disebut Crema Marfil.

Kegunaan[sunting | sunting sumber]

Kegunaan Batu Marmer dapat digunakan di rumah untuk perabotan, komponen komponen bangunan seperti lantai, meja, kamar mandi, jendela. Selain itu Marmer juga dapat digunakan untuk bahan baku pembuatan Piala, Patung, prasasti, papan nama,vandel dll.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]