Tracy Bond

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Tracy Bond
Tokoh James Bond
Tracy Bond yang diperankan oleh aktris Diana Rigg
Penampilan
perdana
Novel:
On Her Majesty's Secret Service
Film:
On Her Majesty's Secret Service
PenciptaIan Fleming
PemeranDiana Rigg
Informasi
Nama lengkapTeresa Draco di Vicenzo
AliasContessa Teresa di Vicenzo
Jenis kelaminPerempuan
PekerjaanCountess
PasanganJames Bond (suami)
Count Giulio di Vicenzo (mantan suami)
KerabatMarc-Ange Draco (ayah)
KlasifikasiGadis Bond

Teresa Draco di Vicenzo, dikenal juga sebagai Contessa Teresa di Vicenzo atau Teresa "Tracy" Bond, adalah karakter fiksi dan gadis Bond utama dalam novel James Bond On Her Majesty's Secret Service yang dirilis pada 1963, dan adaptasi filmnya tahun 1969. Dalam film, Tracy, yang diperankan oleh aktris Diana Rigg, adalah gadis Bond kedua yang menikah dengan 007.[nb 1]

Diyakini bahwa inspirasi untuk Tracy Bond berasal dari hubungan romantis saat masa perang antara Ian Fleming dengan Muriel Wright, yang ia temui saat bermain ski di Kitzbuhel. Kematian mendadak Wright dari serangan bom di flatnya di London pada tahun 1944 dan kesedihan Fleming berikutnya tercermin dalam kematian tak terduga Tracy dan pengaruhnya terhadap Bond, terbukti dalam novel dan adaptasi film berikutnya.[1]

Biografi[sunting | sunting sumber]

Teresa Draco lahir pada tahun 1943 (atau 1937 dalam novel), ia adalah satu-satunya anak dari Marc-Ange Draco, kepala Unione Corse, sindikat kejahatan Korsika yang kuat – tidak sebesar SPECTRE, tetapi dengan operasi "hukum" yang jauh lebih besar, termasuk Draco Construction. Teresa menggunakan nama "Tracy", karena ia merasa "Teresa" tidak cocok untuknya. Saat memperkenalkan dirinya kepada Bond, ia menyatakan, "Teresa adalah orang suci; saya dikenal sebagai Tracy".

Ibu Tracy adalah seorang pengasuh Inggris dan meninggal pada tahun 1955; ayahnya kemudian mengirimnya ke sekolah asrama di Swiss. Kehilangan kehidupan rumah tangga yang stabil, Tracy bergabung dengan "international fast set", melakukan "skandal demi skandal"; ketika Draco memotong uang sakunya, Tracy melakukan "kebodohan yang lebih besar" karena dendam. Ia kemudian menikah dengan Pangeran Italia Giulio di Vicenzo yang, selama pernikahan mereka, mendapatkan sebagian besar uangnya sebelum akhirnya meninggalkan ia dan ayahnya membayarnya untuk perceraian; ia kemudian meninggal saat mengendarai Maserati di perusahaan milik salah satu gundiknya. Selama pernikahan ini, Tracy memiliki seorang anak, yang kemudian meninggal karena meningitis tulang belakang.

Putus asa dengan kesedihan untuk anaknya, Tracy mencoba bunuh diri dengan berjalan ke laut di Portugal, hanya untuk diselamatkan oleh James Bond.[2]

Ketika ayahnya bertemu Bond, ia memohon pada Bond untuk terus bertemu dengannya, mengklaim bahwa hubungan mereka telah mengubahnya menjadi lebih baik. Bond awalnya menolak, tetapi ia berubah pikiran ketika Marc-Ange menawarkan sumber dayanya untuk apa pun yang diinginkan Bond. Sejak peristiwa Thunderball dan kemunduran SPECTRE, Bond telah memburu Ernst Stavro Blofeld, dan pada satu titik bersedia pensiun dari MI6 karena ia merasa perburuan itu bodoh dan bahwa layanan dan kemampuannya dapat digunakan dengan lebih baik. Menggunakan sumber daya Draco, bagaimanapun, Bond mampu melacak Blofeld ke Swiss. Sebagai imbalannya, Bond terus melihat Tracy dan akhirnya jatuh cinta padanya. Tragedi terjadi pada hari pernikahan mereka, ketika Blofeld dan kaki tangannya Irma Bunt menembaki Bond dan Tracy dalam sebuah insiden penembakan mobil. Meski Bond berhasil menghindar dan selamat, tetapi peluru yang ditembakan Bunt mengenai kepala Tracy dan ia tewas seketika.

Dalam film tersebut, Tracy mengendarai mobil Mercury Cougar XR-7 convertible tahun 1969 berwarna merah.[3]

Peninggalan[sunting | sunting sumber]

Dalam novel Fleming, Bond adalah orang yang hancur setelah kematian Tracy. Dalam You Only Live Twice, ia mulai mabuk berat, yang mempengaruhi pekerjaannya. M dipaksa untuk mengakui bahwa Bond tidak lagi layak untuk bertugas. Namun, ia memutuskan untuk memberi Bond satu kesempatan terakhir dan menugaskannya untuk urusan diplomatik terkait intelijen di Jepang. Hal ini pada gilirannya menyebabkan duel sampai mati dengan Blofeld di klimaks novel, dan Bond akhirnya diberikan balas dendam tetapi menderita cedera kepala yang membuatnya amnesia.

Dalam film, James Bond melacak Blofeld dalam adegan pembuka Diamonds Are Forever. Film ini tidak menjelaskan alasannya dan juga tidak menyebutkan Tracy. Awalnya, telah direncanakan bahwa On Her Majesty's Secret Service akan berakhir dengan Bond dan Tracy meninggalkan pernikahan mereka. Adegan di mana ia ditembak difilmkan pada saat yang sama dengan maksud bahwa adegan tersebut akan membentuk urutan awal untuk Diamonds Are Forever. Sebagai hasil dari George Lazenby meninggalkan peran tersebut, adegan-adegan ini akhirnya menjadi bagian dari On Her Majesty's Secret Service.

Film-film berikutnya, sampai akhir alur waktu orsinil di tahun 2002, merujuk fakta bahwa Bond sebelumnya pernah menikah, tetapi hanya sekilas:

  • Dalam Live and Let Die, setibanya Bond di San Monique, ia diberitahu oleh petugas hotel tempat dia menginap bahwa "Mrs. Bond" sudah ada di sana . Ia terkejut pada awalnya, tetapi mengikutinya dan ketika ia bertemu dengan wanita yang dimaksud, agen CIA Rosie Carver, ia bercanda memanggilnya Mrs. Bond beberapa kali.
  • Dalam The Spy Who Loved Me, ketika Bond bertemu Anya Amasova di bar Mujaba Club, di Kairo, ia merangkum karir dan kehidupan pribadinya. Ketika ia mengatakan, "... banyak teman wanita, tetapi menikah hanya sekali. Istri terbunuh —", Bond memotong pendeknya dengan mengatakan, "Baiklah, kau telah menyampaikan poin utamanya". Anya berkomentar bahwa ia sensitif. Bond menjawab, "Tentang hal-hal tertentu, ya".
  • Dalam For Your Eyes Only, dalam adegan pembuka, Bond meletakkan bunga di makam Tracy di halaman gereja Gereja St Giles, Stoke Poges sebelum menaiki helikopter. Nisan itu berbunyi: "TERESA BOND, 1943–1969, Istri Tercinta JAMES BOND / We have all the time in the World" – mengacu pada kata-kata terakhir dalam On Her Majesty's Secret Service, yang menjadi lagu tema film itu. Batu nisan menunjukkan Tracy meninggal pada tahun 1969, tahun yang sama On Her Majesty's Secret Service dirilis.
  • Dalam Licence to Kill, setelah pernikahan Felix Leiter, istri baru Felix, Della, melemparkan garternya ke Bond dan menggodanya, "orang berikutnya yang menangkap ini adalah orang berikutnya yang ..." Bond terlihat sangat sedih; ketika Della bertanya kepada Felix tentang hal itu, Felix membuat referensi singkat dan sedih tentang Bond yang pernah menikah, "tapi itu sudah lama sekali."
  • Dalam GoldenEye, Alec Trevelyan mendorong Bond, "Sebaiknya saya bertanya kepadamu apakah semua vodka martini itu pernah membungkam jeritan semua pria yang telah kau bunuh ... atau jika Anda menemukan pengampunan di tangan semua wanita yang bersedia untuk semua orang mati yang gagal Anda lindungi."
  • Dalam The World Is Not Enough, Elektra King bertanya kepada Bond apakah ia "pernah kehilangan orang yang dicintai." Bond berhenti sejenak dan mengabaikan pertanyaan itu.

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Yang pertama adalah Kissy Suzuki dalam film You Only Live Twice (1967) sebagai cara penyamaran.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Dixon, Lynne (3 December 2017). "Welcome to the Derbyshire home of the tragic beauty who inspired Ian FLeming's only Mrs James Bond". Derbyshire Live. Diakses tanggal 3 July 2022. 
  2. ^ "MI6 :: The Home of James Bond 007". 15 January 2006. Diarsipkan dari versi asli tanggal 15 January 2006. 
  3. ^ "1969 Mercury Cougar XR-7 in "On Her Majesty's Secret Service, 1969"". IMCDb.org. Diakses tanggal 8 November 2011.