Mr. Wint dan Mr. Kidd

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Pak Wint dan Pak Kidd
Tokoh James Bond
Bruce Glover sebagai Pak Wint (kiri) dan Putter Smith sebagai Pak Kidd (kanan) dalam Diamonds Are Forever.
Penampilan
perdana
Diamonds Are Forever (novel, 1956)
Penampilan
terakhir
Diamonds Are Forever (film, 1971)
PenciptaIan Fleming
PemeranBruce Glover (Pak Wint)
Putter Smith (Pak Kidd)
Informasi
Jenis kelaminLaki-laki
AfiliasiThe Spangled Mob (novel)
SPECTRE (film)
KlasifikasiAnak buah

Pak Wint dan Pak Kidd adalah karakter fiksi dalam seri waralaba media James Bond yang tampil dalam novel dan film, Diamonds Are Forever.[1] Dalam novel, Wint dan Kidd adalah anggota dari The Spangled Mob. Dalam film, diasumsikan bahwa mereka anak buah untuk dalang kriminal Ernst Stavro Blofeld, meskipun mereka tidak pernah digambarkan bertemu dengan Blofeld (atau orang lain, kecuali Bert Saxby). Salah satu ciri khas mereka adalah menyindir kejadian yang sudah terjadi setelah membunuh target mereka; mereka juga melakukannya setelah mencoba membunuh Bond meskipun hasilnya gagal.[2] Dalam film tersebut, Wint diperankan oleh Bruce Glover dan Kidd oleh musisi jazz Putter Smith dalam peran akting yang langka.

Dalam novel[sunting | sunting sumber]

Sebagai pembunuh dan pelindung dari Spangled Mob, Wint dan Kidd ditugaskan antara lain, untuk memastikan penyelundupan berlian dan segala sesuatu yang terkait dengannya berlangsung tanpa hambatan. Jika terjadi kesalahan, Wint dan Kidd (mereka tidak pernah disebut sebagai "Pak" dalam novel) dikirim untuk "membujuk" pelaku agar tidak melakukan kesalahan lagi. Mereka mengambil kesenangan sadis dalam membunuh; ini terutama terlihat dalam sebuah adegan di mana mereka menuangkan lumpur mendidih ke wajah seorang joki yang mereka yakini telah mencegah kuda milik Mob memenangkan perlombaan.

Mereka mengikuti siapapun yang membawa berlian tersebut dari London ke New York City untuk memastikan bahwa penyelundup tidak mendapatkan ide untuk terjun ke bisnis tersebut sendirian. Untuk hal ini, dua penjahat ini menggunakan samaran sebagai pengusaha Amerika yang menyebut diri mereka "W. Winter" dan "B. Kitteridge". Meskipun mereka berdua adalah pembunuh bayaran, Wint secara patologis takut bepergian. Ketika ia harus melakukannya, ia memakai label nama pengenal dan stiker yang bertuliskan "golongan darah saya adalah F". Ia juga harus dibayar bonus khusus oleh majikannya. Karena fobianya, Wint mendapat julukan "Windy", meskipun tidak ada yang berani memanggilnya seperti itu di depan wajahnya. Kidd dijuluki "Boofy" karena penampilannya yang "pretty-boy". Agen CIA Felix Leiter menduga bahwa Wint dan Kidd adalah homoseksual, sebuah catatan yang kemudian menjadi titik utama kisah dua penjahat ini dalam film. Wint memiliki kutil merah besar di satu ibu jari, detail yang memungkinkan Leiter untuk mengkonfirmasi keterlibatannya ketika Bond menyebutkannya.

Di kota hantu di luar Las Vegas, gangster terkemuka, Seraffimo Spang, mencoba membuka penyamaran Bond dan memerintahkan Wint dan Kidd untuk menyiksa Bond untuk mengetahui identitas aslinya. Wint dan Kidd kemudian melakukan "Brooklyn stomping", menendang Bond hingga pingsan saat mengenakan sepatu sepak bola, setelah itu penyelundup Tiffany Case membantunya melarikan diri. Setelah mereka menculik Tiffany di kapal pesiar Queen Elizabeth, Bond datang untuk menyelamatkannya dengan turun dari sisi kapal dan menyelam ke kabinnya melalui jendela kapal. Mereka berkelahi dan Bond menembak mereka berdua. Untuk menghindari masalah, ia kemudian memalsukan bukti di kabin agar terlihat seperti seseorang yang bunuh diri. Setelah pembunuhan, Bond mempertimbangkan hubungannya dengan Tiffany dan bertanya-tanya apakah itu akan bertahan selamanya. Tapi ia melihat mata pembunuh yang menatapnya. Bond membayangkan mereka mengatakan "tidak ada yang bertahan selamanya, kecuali apa yang kamu lakukan padaku!" — referensi ke judul buku.

Dalam film[sunting | sunting sumber]

Pak Wint dan rekannya Pak Kidd adalah dua pembunuh bayaran asal Amerika yang bekerja untuk Ernst Stavro Blofeld (Charles Gray), meskipun tidak pernah terlihat berinteraksi dengannya. Tugas mereka adalah membongkar pipa penyelundupan berlian Blofeld yang, selama hampir dua tahun, telah mengalihkan berlian ke Blofeld, yang menggunakannya untuk membangun satelit laser yang kuat. Dengan satelit yang hampir selesai dan investigasi CIA dan MI6 menunjukkan terlalu banyak minat pada kegiatan Blofeld, pipa penyelundupan harus dihilangkan untuk menutupi jejak Blofeld. Wint dan Kidd dikirim untuk membunuh siapa saja yang melakukan kontak dengan berlian setelah mereka melakukan bagian mereka dalam operasi penyelundupan berlian. Mereka mengikuti pengiriman terakhir berlian melalui pipa yang mengalir dari Afrika Selatan ke Amerika Serikat melalui Belanda. Seperti yang dikatakan Pak Wint, "Penasaran bagaimana setiap orang yang menyentuh berlian itu tiba-tiba mati".

Pasangan itu mengambil kesenangan sadis dalam pekerjaan mereka — misalnya, untuk hiburan Pak Wint ketika Pak Kidd memotret tubuh wanita tua (Bu Whistler) yang mereka tenggelamkan di kanal-kanal Amsterdam, bercanda tentang rencana mengirim gambar ke anak-anak sekolah tempat Bu Wistler mengajar. Ini adalah tipikal dari rasa humor yang mereka bagikan, melengkapi kalimat satu sama lain sebagai permainan dan senang bersaing dalam permainan kata-kata lucu yang sulit. Termasuk upaya untuk membakar James Bond hidup-hidup di krematorium adalah "penghargaan yang bersinar" dan "menghangatkan hati." Mereka juga menghibur diri mereka sendiri dengan penerapan peribahasa yang bengkok — misalnya, setelah meledakkan helikopter dalam penerbangan, Pak Kidd memulai kutipan lama, "Jika Tuhan menginginkan manusia untuk terbang ..." yang Mr. Wint menyimpulkan: "Maka Ia akan memberi kita sayap, Pak Kidd"; dan Pak Wint berkata "Jika pada awalnya Anda tidak berhasil, Pak Kidd", diikuti oleh jawaban Pak Kidd, "Coba dan coba lagi, Pak Wint".

Meskipun bekerja sama sebagai mitra, mereka tidak pernah memanggil satu sama lain dengan nama depan mereka, alih-alih lebih memilih kata ganti yang lebih sopan dan konvensional - "pak". Sangat tersirat dalam film bahwa keduanya adalah sepasang kekasih. Mereka terlihat berpegangan tangan dalam satu adegan; Pak Wint juga punya kebiasaan memakai parfum wanita; dan pada satu titik, Pak Kidd berkomentar bahwa Tiffany Case (Jill St. John) cantik, "... untuk seorang wanita," setelah itu Pak Wint menatapnya dengan iri.

Keduanya menggunakan banyak dan metode kreatif untuk membunuh target mereka seperti:

  • Menempatkan kalajengking di baju dokter gigi Afrika Selatan.
  • Menggunakan bom waktu untuk meledakkan helikopter yang dimaksudkan untuk mengambil barang dagangan dokter.
  • Menenggelamkan Bu Whistler di Sungai Amstel, dan kemudian bercanda tentang mengirimkan foto-foto mayat yang ditemukan kembali ke anak-anak sekolahnya di Afrika Selatan.
  • Menyegel Bond di peti mati dan mengirimnya ke tungku krematorium. Bond melarikan diri ketika kontak mafianya menemukan bahwa berlian yang ia berikan kepada mereka adalah palsu dan mengambil peti mati dari tungku tepat pada waktunya.
  • Menenggelamkan Plenty O'Toole (Lana Wood) dengan kaki terikat pada balok beton, di kolam renang yang cukup dalam untuk menenggelamkannya hanya sampai ke ujung hidungnya, dan dengan melakukan itu membunuhnya sepelan mungkin.
  • Mengubur Bond hidup-hidup dengan memasukkannya ke dalam pipa panjang untuk dikubur di gurun di luar Las Vegas — kedua kalinya ia tidak sadarkan diri atas belas kasihan mereka, sekali lagi mereka memilih pembunuhan yang terlalu rumit. Setelah sadar kembali, Bond melarikan diri dengan melakukan hubungan arus pendek pada alat las pipa, memaksa beberapa pekerja untuk memeriksanya.
  • Dalam adegan yang dihapus yang tersedia dalam rilis DVD, menembak karakter Shady Tree (Leonard Barr) dengan senjata penyangga lelucon yang pertama kali menghasilkan bendera dengan "BANG!" tertulis di atasnya, sebelum peluru sungguhan.

Upaya terakhir mereka untuk membunuh Bond dan Case terjadi di kapal pesiar SS Canberra setelah Bond menggagalkan rencana Blofeld. Mereka berpose sebagai pelayan di suite pasangan tersebut, menyajikan makan malam romantis yang mereka sebut sebagai tanda terima kasih dari Willard Whyte; makanannya terdiri dari tiram Andaluz, shashlik, tidbits, prime rib au jus dan Salade Utopia. Makanan penutup adalah La Bombe Surprise — dalam arti yang paling harfiah, karena memiliki bom yang sebenarnya tersembunyi di dalamnya. Namun, ketika Pak Wint membuka botol anggur dan memberi Bond gabus untuk dicium, Bond mengenali aroma parfum Pak Wint, menghubungkannya dengan kesalahannya di dalam pipa dan dengan cepat menyadari bahwa ada sesuatu yang salah. Ia mengomentari parfum tersebut sebagai "kuat" dan "cukup kuat untuk mengubur apa pun".

Setelah mencicipi segelas Mouton Rothschild '55, Bond dengan santai mengatakan bahwa ia mengharapkan claret dengan makan malam yang begitu mewah. Ketika Pak Wint menjawab bahwa gudang kapal terlalu buruk diisi dengan clarets, Bond mengekspos ketidaktahuan antek itu, menjawab bahwa Mouton Rothschild sebenarnya adalah claret, sebelum berkomentar, "Saya telah mencium aroma itu sebelumnya, dan kedua kali saya menciumnya saya jadi teringat seekor tikus". Menyadari Bond telah membongkar penyamaran mereka, pasangan itu menjatuhkan sandiwara dan menyerangnya; Pak Kidd menyalakan tusuk sate shashlik dan bergerak untuk mencoba menusuk Bond, sementara Pak Wint mencekiknya dengan rantai dari mana tastevin sommeliernya ditangguhkan. Selama perjuangan, Bond pertama-tama menetralkan Pak Kidd dengan memercikkan Courvoisier padanya dan tusuk sate yang menyala, membuat pembunuh itu terbakar. Dalam hitungan detik, Pak Kidd dilalap api, dan dalam keputusasaan ia melompat ke laut. Case melempar makanan penutup ke Pak Wint, tapi meleset dan secara tidak sengaja mengungkapkan bom yang tersembunyi di kue.

Bond menang melawan Pak Wint, menarik ekor penjahat di antara kedua kakinya dan mengikat tangan dan bomnya bersama mereka. Bond membalik Pak Wint ke laut saat bom meledak di antara kedua kakinya, membunuhnya sebelum ia menyentuh air.

Dalam budaya populer[sunting | sunting sumber]

  • Keduanya diparodikan sebagai karakter "Mr. Wink" dan "Mr. Fibb" dalam serial animasi Codename: Kids Next Door.[3]
  • Pasangan ini diparodikan dalam Daniel Waters' Sex and Death 101, yang menampilkan pasangan lesbian bernama Bambi Wint dan Thumper Kidd. Para wanita memiliki nama belakang pembunuh pria dan nama depan pengawal wanita Willard Whyte, dan mereka berbicara dengan pola bicara sopan dan khas yang sama seperti kedua antek.[4]
  • Toko perhiasan berlian London, didirikan pada tahun 2002, dinamai Wint & Kidd sesuai dengan karakternya.[5]
  • Dalam add-on Fallout 3 Broken Steel, sepasang hantu yang mungkin ditemui pemain dalam misi diberi nama "Wint" dan "Kidd".[6]
  • Di episode kedua dari seri pertama The League of Gentlemen, dua surveyor tiba di Royston Vasey bernama Pak Wint dan Pak Kidd. Karakter menggunakan pola bicara sopan yang sama seperti Wint dan Kidd di Diamonds Are Forever.[7]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Canby, Vincent (December 18, 1971). "Diamonds Are Forever (1971) A Benign Bond:007 Stars in 'Diamonds Are Forever'". The New York Times. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2019-10-17. Diakses tanggal 2022-09-24. 
  2. ^ "James Bond multimedia | Putter Smith (Mr Kidd)". Jamesbondmm.co.uk. 1941-01-19. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2021-05-03. Diakses tanggal 2012-07-06. 
  3. ^ "Codename: Kids Next Door (2002) - Trivia - IMDb". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-08-15. Diakses tanggal 2022-12-25. 
  4. ^ "Sex And Death 101 Script - Drew's Script-O-Rama". Script-o-rama.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-12-25. Diakses tanggal 2012-11-14. 
  5. ^ Wint & Kidd Jewellers London ("Named after the baddies in Diamonds are Forever")
  6. ^ "Fallout 3 @ GameBanshee". Gamebanshee.com. 2012-01-31. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-03-26. Diakses tanggal 2012-11-14. 
  7. ^ "'The League of Gentlemen' (1999) — Trivia". IMDb. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-12-25. Diakses tanggal 2010-04-28. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]