Teknik pangan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Teknik pangan adalah salah satu bidang ilmu multidisiplin dari fisika terapan yang dikombinasikan dengan fisika murni, mikrobiologi, dan ilmu keteknikan untuk pangan dan industri terkait. Teknik pangan meliputi aplikasi dari teknik pertanian dan teknik kimia untuk bahan pangan, namun tidak dibatasi hanya untuk dua hal tersebut. Teknik pangan juga termasuk pengetahuan tentang produksi berprinsip cost-effective dan komersialisasi produk pangan dan jasa terkait.

Teknik pangan adalah aktivitas keilmuan yang luas; bisa terlibat di pemrosesan bahan pangan, permesinan industri pangan, pengemasan, manufaktur bahan pangan, hingga instrumentasi dan kontrol. Ranah kerja teknik pangan yang utama yaitu:

  • Penelitian dan pengembangan produk pangan
  • Pengembangan dan penggunaan sistem manufaktur, pengemasan dan distribusi untuk produk pangan
  • Perancangan dan pemasangan proses produksi bahan pangan
  • Perancangan dan pengoperasian sistem pengelolaan limbah yang berwawasan lingkungan
  • Pemasaran dan dukungan teknis terhadap fasilitas manufaktur

Meski difokuskan pada produk pangan, namun insinyur pangan dapat bekerja pada bidang apapun yang terkait dengan hal di atas, misalnya produksi obat-obatan dan produk biologis karena proses produksi, perancangan alat-alat dan sistem produksi, serta pengoperasian dan pengelolaannya memiliki konsep yang sama.

Dalam pengembangan di bidang teknik pangan, salah satu tantangannya adalah dengan mendayagunakan peralatan modern dan ilmu pengetahuan seperti pengetahuan material dan nanoteknologi, untuk mengembangkan produk baru dan prosesnya, juga meningkatkan kualitas dan keamanannya, termasuk pemanfaatan material pengemasan yang baru untuk perlindungan lebih terhadap bahan pangan, dan pemanfaatan teknologi pengawetan yang baru. Pengendalian proses dan otomasi juga masih menjadi prioritas dalam pengembangan sistem dan alat proses produksi dan distribusi. Beberapa masalah yang sering menjadi tema dalam pengembangan di bidang teknik pangan adalah dampak terhadap lingkungan, pengelolaan limbah, emisi, efisiensi energi, dan efektivitas alat dan sistem produksi. Dari banyak hal yang tersebut di atas, maka beberapa tema yang dapat menjadi perbincangan di bidang teknik pangan yaitu:

Pustaka[sunting | sunting sumber]

  • Dennis R. Heldman, Daryl B. Lund. 2007. Handbook of Food Engineering, Second Edition. CRC Press/Taylor & Francis.
  • R. Paul Singh, Dennis R. Heldman. 2008. Introduction to Food Engineering, Fourth Edition. Academic Press.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]