Tahun Geofisika Internasional

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Emblem resmi TGI

Tahun Geofisika Internasional (TGI) adalah sebuah proyek ilmiah internasional yang berlangsung dari 1 Juli 1957, sampai dengan 31 Desember 1958. Ini menandai akhir dari periode panjang selama Perang Dingin ketika pertukaran ilmuwan antara Timur dan Barat telah dihentikan. Meninggalnya Joseph Stalin pada tahun 1953 membuka jalan bagi era baru kolaborasi. Enam puluh tujuh negara berpartisipasi dalam proyek-proyek TGI, meskipun satu pengecualian adalah Cina daratan, yang memprotes keikutsertaan Republik China (Taiwan). Timur dan Barat sepakat untuk mencalonkan orang Belgia Marcel Nicolet sebagai sekretaris jenderal organisasi internasional terkait.

Uni Soviet dan Amerika Serikat meluncurkan satelit buatan untuk acara ini, Uni Soviet Sputnik 1, diluncurkan pada tanggal 4 Oktober 1957, adalah satelit buatan pertama yang sukses. Prestasi penting lainnya dari TGI adalah penemuan sabuk radiasi Van Allen dan penemuan pegunungan bawah laut di tengah laut, konfirmasi penting lempeng tektonik.[1] Juga terdeteksi adalah kejadian langka radiasi matahari corpuscular keras yang bisa sangat berbahaya bagi penerbangan antariksa berawak.

Negara peserta[sunting | sunting sumber]

  1. ALIH Templat:Country data Republik Tiongkok Taiwan


Catatan kaki dan sumber[sunting | sunting sumber]

Sumber
  • Fraser, Ronald. (1957). Once Round the Sun: The Story of the International Geophysical Year, 1957-58. London, England: Hodder and Stroughton Limited.
  • Schefter, James (1999). The Race: The uncensored story of how America beat Russia to the Moon. New York: Doubleday. ISBN 0-385-49253-7. 
  • Sullivan, Walter. (1961). Assault on the Unknown: The International Geophysical Year. New York, New York: McGraw-Hill Book Company.
  • Wilson, J. Tuzo. (1961). IGY: The Year of the New Moons. New York, New York: Alfred A. Knopf, Inc.