Suku Dayak Uheng Kereho

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Suku Dayak Seputan)
Langsung ke: navigasi, cari

Suku Dayak Uheng Kereho atau Punan Keriau atau Dayak Seputan atau Oloh Ot Nyawong[1] adalah sub-suku Punan yang mendiami perhuluan sungai Kapuas dan Sungai Keriau/Kereho dan termasuk dalam Kelompok Punan Pegunungan Muller-Schwaner (Aoheng, Hovongan, Kereho, Punan Aput, Punan Merah).

Sub ini terdiri dari beberapa kampung:

  1. Nanga Enap
  2. Nanga Erak
  3. Nanga Balang
  4. Sepan
  5. Salin
  6. Bu'ung (sebagian)
  7. Belatung (sebagian)
  • Kepala Adat

Kelompok ini mempunyai seorang temenggung yaitu Agustinus Djangin.

  • Populasi

Populasi etnis ini diperkirakan sekitar 2500 Jiwa.

  • Bahasa Uheng Kereho

Kode Bahasa Uheng Kereho adalah xke


Daerah ketemenggungan Dayak Punan ini dapat dijangkau dengan menggunakan transportasi sungai dari Putussibau dengan biaya sewa speed boat bervariasi dari satu juta sampai tiga juta lima ratus ribu rupiah. Sumber daya alamnya masih melimpah ruah; seperti sarang burung walet dan kekayaan pertambangan lainnya. Akan tetapi karena terlalu jauhnya wilayah ini, banyak dari masyarakat suku ini terisolasi dari dunia luar sehingga tingkat perekonomian serta pendidikan sampai sekarang dalam tingkat yang mengkhawatirkan.

Di setiap kampung-kampung orang Punan anak yang bersekolah hingga menamatkan pendidikan dasar dapat dihitung dangan jari, apalagi yang menamatkan bangku kuliah.


Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ (Inggris)Sellato, Bernard (1994). Nomads of the Borneo rainforest: the economics, politics,and ideology of settling down. University of Hawaii Press. hlm. 16. ISBN 0-8248-1566-1. ISBN 9780824815660