Stasiun Lebak Jero

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Stasiun Lebak Jero
Stasiun-lb-jero-2013.jpeg
Letak
Provinsi Jawa Barat
Kabupaten Bandung
Kecamatan Nagreg
Desa Ciherang
Kode pos 40215
Sejarah
Informasi lain
Kode stasiun LBJ
Ketinggian +818 m
Layanan Simandra
Tata letak stasiun


Stasiun Lebakjero

Stasiun Lebak Jero (LBJ) adalah stasiun kereta api di daerah perbatasan Ciherang, Nagreg, Bandung dengan Karangtengah, Kadungora, Garut. Stasiun berketinggian +818 m dpl ini terletak di Daerah Operasi II Bandung. Stasiun ini terletak di tengah-tengah pegunungan, seperti jalur selatan Jawa Barat pada umumnya. Lintasan rel di stasiun ini melengkung, seperti membentuk kurva S.

Sebagai stasiun kecil, stasiun ini hanya disinggahi oleh kereta api Simandra (Purwakarta-Cibatu), sedangkan lainnya langsung melintas.

Rel langsir di Stasiun Lebak Jero adalah yang terpendek di Jawa Barat, karena hanya dapat menampung 5 gerbong. Jika melebihi angka tersebut, maka harus diarahkan ke jalur terminus, di mana masinis harus menggerakkan KA, untuk menempatkan bagian belakangnya di garis terminus yang berlawanan.

Stasiun Lebak Jero hanya terdiri dari bangunan utama yang sederhana, berukuran sekitar 4 × 3 meter. Di sampingnya ada bangunan tambahan berdinding kayu, sebagai ruang tunggu. Namun tak ada kursi tunggu di sini.

Kereta api[sunting | sunting sumber]

Galeri[sunting | sunting sumber]


Stasiun sebelumnya:
Stasiun Nagreg
Stasiun berikutnya:
Stasiun Leles