Snow White (Disney)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Snow White
Snow White Disney.jpg
Penampilan pertama Snow White and the Seven Dwarfs (1937)
Pencipta Grimm Bersaudara
Pengisi suara Adriana Caselotti (film asli)
Informasi
Jenis kelamin Perempuan
Pekerjaan Pembantu (dulu); Putri (sekarang)
Keluarga Ratu Jahat (ibu tiri)
Miley Cyrus
Suami Pangeran
Kewarganegaraan Jerman

Snow White adalah tokoh fiksi dan tokoh utama dari film animasi pertama Walt Disney, Snow White and the Seven Dwarfs. Dia juga dianggap sebagai anggota pertama dari kelompok Disney Princess.

Snow White ((Jerman):Schneewittchen) berasal dari dongeng terkenal dari Eropa, versi yang paling terkenal adalah koleksi Grimm Bersaudara. Dalam bahasa Indonesia, Snow White dikenal dengan nama Putih Salju.

Pengisi suara Snow White adalah Adriana Caselotti di Snow White and the Seven Dwarfs.

Profil[sunting | sunting sumber]

Pakaian[sunting | sunting sumber]

Snow White pernah memakai dua gaun di film orisinilnya. Pertama, baju pelayan berwarna cokelat dengan lengan berwarna putih dan rok yang sobek-sobek dengan tambalan-tambalan kain. Bandonya berwarna biru tua. Kedua, baju atasan berwarna biru dengan kerah putih dan lengan biru muda dengan hiasan warna merah berbentuk tetesan air yang besar, masing-masing lengan punya tiga. Roknya berwarna kuning (pernak-pernik) atau krim (film). Bandonya menjadi warna merah. Dia juga memakai sepatu warna cokelat muda dengan pita kuning.

Penampilan fisik[sunting | sunting sumber]

Snow White mempunyai "bibir semerah mawar, rambut sehitam eboni, kulit seputih salju" seperti yang dikatakan cermin ajaib milik Ratu Jahat. Meskipun tidak pernah disebutkan, umur Snow White adalah empat belas tahun. Snow White juga merupakan Disney Princess yang paling pendek.

Sifat[sunting | sunting sumber]

Snow White ditampilkan sangat baik hati, polos, dan ceria. Snow White tidak pernah marah bahkan pada Ratu Jahat. Snow White dekat dengan binatang-binatang. Dia juga ramah, rajin, dan agak pemalu. Snow White gemar menyanyi dan memasak. Snow White peduli pada orang tua, walau nenek tersebut ternyata jahat. Snow White bisa membuat orang-orang menyukainya, seperti Grumpy yang tidak tahan untuk tidak menyukainya. Snow White juga merupakan Disney Princess yang paling lembut dan paling manis dan satu-satunya yang pernah berdoa.

Penampilan[sunting | sunting sumber]

Snow White and the Seven Dwarfs[sunting | sunting sumber]

Snow White adalah puteri muda yang tinggal di istana bersama ibu tirinya, Ratu Jahat. Snow White memiliki suara yang merdu. Walau diperlakukan buruk oleh Ratu Jahat, Snow White tetap ceria. Dia bernyanyi sambil bekerja, ditemani burung-burung merpati. Ketika sedang menimba air di sumur sambil bernyanyi, Snow White didatangi seorang Pangeran tampan. Sang Pangeran ikut bernyanyi sehingga Snow White malu. Snow White pun berlari ke dalam menara. Pangeran menyanyikan lagu cinta pada Snow White dan sejak itu, Snow White jatuh cinta pada Pangeran.

Ratu Jahat tidak senang Snow White menjadi gadis tercantik. Dia mau membunuh Snow White dengan jasa seorang pemburu. Snow White dibawa ke hutan oleh pemburu. Di hutan, Snow White yang lembut bertemu seekor burung kecil yang kehilangan orangtuanya. Pemburu yang hendak membunuh Snow White tidak tega melaksanakan perintah sang ratu. Dia pun menyuruh Snow White kabur.

Snow White berlari ke dalam hutan. Dia ketakutan karena di tengah hutan sangat gelap, ditambah dia masih tidak percaya Sang Ratu mau membunuhnya. Dia terjatuh dan menangis. Namun binatang-binatang hutan berdatangan dan menghiburnya. Snow White mempunyai kepribadian yang sederhana dan pandai menyanyi. Dia dibawa para binatang ke pondok kurcaci.

Menemukan rumah kurcaci kotor, Snow White berinisiatif untuk membersihkannya. Karena kelelahan, Snow White tertidur. Setelah terbangun, Snow White berteman baik dengan para kurcaci yang sudah pulang dari bekerja bertambang. Mereka bahkan berpesta. Hanya saja salah satu kurcaci bernama Grumpy tampak tidak menyukai Snow White.

Namun keesokan harinya, Grumpy ternyata juga menyukai Snow White. Kenyataannya, dia mengkhawatirkan Snow White karena ibu tirinya jahat. Ketika ketujuh kurcaci itu pergi menambang permata, Ratu Jahat yang telah berubah wujud melalui ramuan menjadi nenek tua datang ke pondok kurcaci.

Ratu Jahat menipu Snow White yang sedang membuat kue pai. Katanya, kalau Snow White memakan apel pemberiannya sambil mengucapkan harapannya, harapan Snow White akan terkabul. Ketika Snow White memakan apel beracun itu, Snow White malah jatuh tak sadarkan diri.

Para kurcaci diberitahu oleh binatang-binatang hutan tentang kedatangan Ratu Jahat, mengejar Ratu Jahat sampai ke puncak tebing di mana sang ratu jatuh dan meninggal. Tetapi Snow White tidak terselamatkan. Dia akhirnya diletakkan di dalam peti kaca.

Pada musim semi, Pangeran yang mendengar kabar tentang meninggalnya Snow White, mencari dan berhasil menemukannya. Dia mencium Snow White dan Snow White pun terbangun. Hanya ciuman cinta sejati yang dapat mengalahkan kutukan. Pangeran dan Snow White pergi menuju istana dan hidup bahagia.


Penampilan di serial Kingdom Hearts[sunting | sunting sumber]

Kingdom Hearts Birth by Sleep[sunting | sunting sumber]

Snow White pertama kali bertemu Terra di padang rumput ketika dia sedang memetik bunga. Sewaktu para Unversed datang, Terra segera mengeluarkan keybladenya, tapi hal itu membuat Snow White ketakutan dan ia segera lari ke hutan dengan perasaan takut.

Setelah Ventus tiba di Dwarf Woodlands dan bertemu dengan para kurcaci, ia mendengar Snow White berteriak dan menemukan bahwa dia telah dikelilingi oleh Unversed dan monster-monster yang ada di dalam pohon-pohon Dwarf Woodlands. Dia segera menyelamatkannya dan mereka menemukan pondok para kurcaci dimana Snow White tinggal sampai para kurcaci datang. Para kurcaci setuju untuk membiarkan Snow White tinggal di pondok mereka. Setelah mengalahkan Mad Treant, Ventus bermaksud untuk meninggalkan Dwarf Woodlands tapi secara tidak sengaja mengarahkan Ratu Jahat yang sedang menyamar ke tempat dimana Snow White berada.

Sewaktu Aqua datang, Snow White telah memakan apel beracun dan ditidurkan di dalam peti kaca oleh para kurcaci. Nanti, Aqua datang dengan sang Pangeran yang bisa mematahkan kutukannya. Dia menciumnya di bibir dan membangunkannya dari "tidurnya". Snow White mengucapkan selamat tinggal kepada para kurcaci dan segera pergi bersama sang Pangeran.

Kingdom Hearts[sunting | sunting sumber]

Dunia Snow White dihancurkan oleh Heartless. Snow White adalah salah satu Princesses of Heart yang diculik dan dibawa ke Hollow Bastion.

Begitu mereka semua telah terkumpulkan, Maleficent segera menggunakan hati mereka untuk membuka lubang kunci di Hollow Bastion dan melepaskan kekuatan yang ada di dalamnya. Ketika hati para princess berhasil kembali ke tubuh masing-masing, Snow White dan kelima putri lainnya bangun dari tidurnya dan memakai kekuatan mereka untuk mencegah kegelapan yang menyebar di seluruh dunia. Mereka tidak bisa menahannya dalam waktu lama, karena putri ketujuh, Kairi, tidak ada. Tetapi mereka berusaha untuk menahannya selama mungkin untuk memberi Sora waktu. Sora berhasil kembali dan menyegel lubang kunci Hollow Bastion. Setelah itu, Snow White tinggal di Hollow Bastion dengan para putri yang lainnya, juga dengan Beast, Leon Yuffie, dan Aerith.

Sewaktu Kingdom Hearts disegel, Snow White kembali ke dunianya sendiri.

Kingdom Hearts II[sunting | sunting sumber]

Meskipun dia tidak muncul, nama Snow White adalah bagian dari password yang bisa mengakses DTD dataspace di Space Paranoids.

Pranala Luar[sunting | sunting sumber]