Belle (Disney)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Belle
Penampilan pertama Beauty and the Beast (1991)
Pencipta Linda Woolverton
Pengisi suara Paige O'Hara (film)
Susan Egan (musical)
Informasi
Alias Putri Belle
Jenis kelamin Perempuan
Keluarga Maurice (ayah)
Suami Beast
Kewarganegaraan Perancis

Belle adalah tokoh fiksi dari dongeng Beauty and the Beast dan salah satu dari tokoh utama film kartun Disney Beauty and the Beast dan sekuel-sekuelnya yang langsung dirilis dalam video, Beauty and the Beast: The Enchanted Christmas serta Beauty and the Beast: Belle's Magical World. Dia juga termasuk Disney Princess yang resmi.

Dia juga ada di Taman dan Resor Walt Disney sebagai tokoh yang dapat ditemui. Dan dia juga ada di berbagai pertunjukan dan parade. Belle menjadi kameo di film Disney tahun 1996, The Hunchback of Notre Dame.

Belle juga tampil di sejumlah episode serial TV Disney's House of Mouse juga di film Mickey's Magical Christmas: Snowed in at the House of Mouse dan Mickey's House of Villains.

Kisahnya berasal dari Perancis.

Penampilan fisik[sunting | sunting sumber]

Belle sangat cantik. Dia memiliki rambut cokelat, panjang, sering diikat dalam bentuk low ponytail. Matanya cokelat dan pipinya berwarna agak-agak seperti mawar. Di film Beauty and the Beast, Belle memakai bermacam-macam pakaian. Pakaiannya yang paling dikenali adalah gaun pestanya yang berwarna kuning (pernak-pernik) atau emas (film) dengan sarung tangan berwarna senada dan model atasannya memiliki bahu off-shoulder. Rambutnya ditata menjadi up-do yang bagus dengan sebagian rambutnya dibiarkan tergerai. Pakaiannya yang kedua adalah pakaiannya waktu dia menjadi penduduk di desanya. Dia memakai atasan warna biru dengan kerah dan lengan putih, rok biru, celemek putih, rambut diikat ke bawah dengan pita biru dan sepatu hitam. Ini menjadi hal unik di film Beauty and the Beast waktu adegan menyanyi lagu pertama, berjudul "Belle", dimana dia adalah satu-satunya penduduk desa yang memakai pakaian warna biru, sementara para penduduk lainnya memakai pakaian warna merah, oranye, kuning, hijau, dan cokelat.

Kepribadian[sunting | sunting sumber]

Meskipun Belle sangan cantik, dia kurang peduli terhadap penampilannya. Ironisnya, dia sangat peduli terhadap pendapat dan pemikiran para penduduk desa yang menganggapnya "aneh". Belle juga memiliki tingkat intelijensi yang sangat tinggi, karena hobinya membaca buku selama bertahun-tahun, hal itu juga membekalinya dengan kata-kata vocabulary yang sangat luas, imajinasi yang aktif, dan pikiran terbuka. Belle juga sangat percaya diri, dan selalu membicarakan pendapatnya. Belle tidak suka diperlakukan tidak adil, diremehkan, dikendalikan oleh pria mana pun, terutama Gaston.

Penampilan[sunting | sunting sumber]

Beauty and the Beast[sunting | sunting sumber]

Belle adalah seorang gadis muda yang tinggal di kota kecil di Perancis bersama ayahnya yang merupakan seorang penemu bernama Maurice. Belle merasa kota kecil itu cukup membosankan. Belle lebih tertarik untuk mendapat petualangan. Dia gemar membaca buku, terutama buku dongeng romantis. Belle telah membaca semua koleksi buku di perpustakaan kota!

Ketika Maurice pergi ke pameran, Belle dilamar pemburu sombong namun idaman para gadis di kota, Gaston. Belle menolak lamarannya. Tidak lama kemudian, dia menemukan kudanya, Philippe, pulang tanpa Maurice sehingga Belle mencari Maurice. Belle sampai di istana mengerikan yang ternyata milik Beast. Belle mendapati Maurice ditangkap Beast. Dengan berani Belle menukar dirinya dengan ayahnya sehingga ayahnya bebas.

Awalnya Belle tidak menyukai Beast yang kasar dan pemarah. Bahkan Belle sempat kabur karena dimarahi Beast akibat sembarangan masuk ke kamar Beast. Belle diserang serigala di hutan sebelum Beast menyusul dan menolongnya. Beast terluka dan Belle kembali lagi ke istana. Hubungan Belle dengan Beast menjadi lebih baik. Mereka berteman sampai akhirnya saling mencintai. Namun Beast belum berani menyatakan cintanya pada Belle. Pada saat Beast ingin mengungkapkan perasaannya, Belle malah menyatakan dia rindu ayahnya. Lewat cermin ajaib Beast, Belle melihat Maurice sakit sehingga Belle dibebaskan Beast untuk menemui ayahnya.

Kembali ke kota, Belle dipaksa Gaston menikah. Gaston cemburu karena dia tahu Belle sudah menyukai Beast. Belle dan ayahnya pun dikurung di ruang bawah tanah di rumah Belle. Gaston dan penduduk yang telah dihasut Gaston memburu Beast. Setelah Belle dan Maurice berhasil keluar dari ruang bawah tanah, mereka segera pergi ke istana Beast. Gaston telah masuk ke dalam istana Beast dan berusaha melukai Beast. Beast, jauh lebih besar dan kuat dari Gaston, hendak menghancurkan Gaston namun dia tidak melanjutkan tindakannya karena hati Beast telah menjadi lembut. Gaston dengan licik menusuk Beast dari belakang, namun malah dia sendiri jatuh dari balkon kamar Beast dan meninggal.

Belle, mengira Beast telah meninggal, sangat sedih dan mengatakan, "Aku mencintaimu" pada Beast. Beastpun berubah menjadi manusia karena cinta Belle. Mereka akhirnya berdansa di istana Beast beserta pelayan Beast yang juga berubah menjadi manusia. Maurice juga datang dan banyak orang berkumpul melihat Belle dan Beast.

Beauty and the Beast: The Enchanted Christmas[sunting | sunting sumber]

Cerita ini terjadi di musim dingin dalam pertengahan Beauty and the Beast. Belle berusaha mengembalikan tradisi Natal di istana Beast karena Beast tidak menyukai Natal. Di hari Natal, dia diubah menjadi Beast.

Tetapi sebuah pipa organ dipanggil Forte tidak menginginkan Beast kembali menjadi manusia. Kalau Beast menjadi manusia, Beast akan berlaku kasar lagi padanya. Jadi dia menghalangi rencana Belle mengembalikan Natal. Akhirnya Beast setuju Belle mengadakan Natal walau dia masih benci Natal.

Forte menyarankan Belle ke hutan untuk mencari pohon Natal, namun Belle jatuh ke es dan hampir tenggelam. Beast datang menyelamatkan Belle, tetapi Beast marah pada Belle karena tipuan Forte. Forte bilang Belle pergi untuk meninggalkan Beast. Belle dikurung di penjara sebagai hukuman sebelum Beast menemukan buku yang ditulis Belle di West Wing. Beastpun memutuskan untuk membebaskan Belle dan mereka bersiap-siap untuk Natal.

Forte tetap berusaha menghalangi Beast dibebaskan dari kutukan; dia ingin mengakhiri kehidupan semua. Untunglah, Beast menghentikan semua ini dengan menghancurkan keyboard Forte. Natal akhirnya tiba dan ceritanya kembali ke pesta yang sebenarnya di mana sudah satu tahun sejak kejadian tersebut. Beast yang telah menjadi Pangeran manusia memberikan bunga mawar pada Belle sebagai hadiah.

Belle's Magical World[sunting | sunting sumber]

Di film ini, Belle adalah satu-satunya manusia. Dia bertemu tiga teman benda baru, Webster, Crane, dan LePlume. Belle berusaha memecahkan masalah dalam semua empat bagian. Narasi Belle, Belle mempunyai toko buku dan musik di PeranciÁs. Sejumlah anak-anak bersemangat ingin mendengar cerita Belle karena Belle adalah pendongeng yang asyik. Belle menceritakan dua kartun klasik Disney yaitu Tiga Babi Kecil dan Bayi-Bayi di Hutan sementara anak-anak membersihkan toko. Belle juga membacakan Ayam Betina yang berbeda dari yang lainnya begini ceritanya pada suatu hari ada seekor bebek betina bebek itu dipanggil si bebek buruk rupa bebek itu suka sekali sedih karena teman temannya tidak ada yang mau mengakui dirinya sama seperti yang lainnya.menurut anak anak cerita ini paling populer di seluruh negri walt disney.

Sing Me a Story with Belle[sunting | sunting sumber]

Belle tinggal di Perancis dan mempunyai toko buku dan musik. Lewis dan Carol, dua kutu buku ajaib, membantunya di toko. Di toko juga ada Harmony si Kucing. Toko bukunya dikunjungi anak-anak setempat yang suka dibacakan (atau dinyanyikan) sebuah cerita dengan moral yang cocok dengan situasi di toko atau situasi yang dialami anak-anak.

Penampilan di serial Kingdom Hearts[sunting | sunting sumber]

Kingdom Hearts[sunting | sunting sumber]

Belle hidup bahagia di istana Beast, menjadi lebih dekat dengannya dari hari ke hari, meskipun penampilannya yang mengerikan dan temperamennya yang kurang terkendali. Tetapi, suatu hari Belle diculik oleh Maleficent sebagai bagian dari rencana untuk mendapatkan Kingdom Hearts. Para Heartless pun menghancurkan dunianya, menyebabkan para penduduk di sana menghilang ke dalam kegelapan. Tetapi Beast berhasil kabur dari kehancuran dunianya dan menyusul Belle, menggunakan Corridor of Darkness agar berhasil menyusulnya di Hollow Bastion.

Maleficent menggnakan sihir untuk menidurkan Belle dan menempatkannya di dalam peti kaca yang berdiri bersama para Princess of Heart yang lainnya. Dia kemudian menggunakan hari para putri tersebut untuk membuka lubang kunci di Hollow Bastion. Di saat yang bersamaan, Beast mendapat penglihatan tentang Belle yang menjadi Heartless (meskipun ini tidak sebenarnya terjadi, karena para putri tersebut tidak punya kegelapan di hati mereka, dan tidak bisa menjadi Heartless).

Hati Belle kemudian berhasil diselamatkan oleh Sora, dan dia terlepas dari tidurnya. Dia berpisah dari para putri lainnya, dan karena kesukaannya membaca buku, pergi ke perpustakaan Hollow Bastion untuk mencari cara menghentikan kegelapan. Berhasil bersatu dengan Beast, Belle menjelaskan sebisanya ke Sora apa yang terjadi di Hollow Bastion selama kepergiannya, dan kemudian memberinya Divine Rose Keychain. Ketika Sora akhirnya menyegel Kingdom Hearts, Belle dan Beast pulang kembali bersama ke dunia mereka.

Kingdom Hearts: Chain of Memories[sunting | sunting sumber]

Kejadian di Chain of Memories adalah korupsi dari ingatan Sora dari Kingdom Hearts dan tidak benar-benar terjadi di kenyataan Kingdom Hearts. Sora, Donald, dan Goofy memasuki ingatan Sora tentang Hollow Bastion melalui Castle Oblivion di mana mereka menemukan Belle dan Beast sedang dalam argumen yang memanas. Beast mencoba untuk menjelaskan kepada Belle bahwa dia telah datang dari jauh untuk menyelamatkannya dari Maleficent, tetapi Belle memaksa Beast untuk meninggalkan dirinya karena dia tidak tertarik untuk berbicara kepadanya. Ia akhirnya pergi ke perpustakaan Hollow Bastion, meninggalkan Beast dalam keadaan bingung dan depresi.

Sora dan teman-temannya kemudian menemukan Belle di perpperasaannya yang sebenarnya. ustakaan, dan berusaha untuk mengerti sikap dinginnya yang aneh terhadap Beast. Tetapi, sebelum dia dapat menjelaskan, Maleficent masuk dan memaksa Belle untuk memanggil Beast. Ketika ia menolak, Maleficent memindahkan dirinya dan Belle ke daerah istana yang lain.

Belle tetap menolak paksaan Maleficent, sekalipun diancam akan disiksa. Sora berhasil tiba tepat waktu, begitu pula dengan Beast. Belle melanjutkan sikapnya yang kasar terhadap Beast begitu melihatnya, menyebabkan Beast mengatakan perasaannya yang sesungguhnya untuk dia. Maleficent kemudian mengancam akan mencuri hati Beast, yang ternyata sangat menderita ketika menjelaskan cintanya kepada Belle, Begitu Maleficent berusaha mengambil hati Beast, Belle mengorbankan dirinya untuk menyelamatkannya.

Maleficent kemudian mengungkapkan ke Beast, Sora, Donald, dan Goofy bahwa Belle telah sengaja bersikap kasar terhadap Beast untuk mencegah dirinya dari mengekspos hati Beast untuk Maleficent yang akan digunakan untuk sihir gelapnya. Setelah Sora mengalahkan Maleficent, Belle berhasil kembali ke dalam keadaan fisiknya dengan hatinya utuh. Dia cepat-cepat minta maaf atas tindakannya, dimana dengan mudahnya Beast memaafkan, karena ia tahu bahwa itu bukan perasaan Belle yang sebenarnya.

Kingdom Hearts 358/2 Days[sunting | sunting sumber]

Ceritanya mengambil tempat setelah Kingdom Hearts, Belle dan Beast telah kembali ke istana Beast dengan aman dan tentram dan berusaha untuk melupakan semua hal buruk yang telah terjadi. Tetapi masalah muncul ketika Xaldin dari Organization XIII mulai tertarik dengan hati Beast.

Kingdom Hearts II[sunting | sunting sumber]

Setahun setelah Kingdom Hearts, Belle dan Beast berusaha untuk kembali hidup normal di istana Beast. Tetapi, kedamaian mereka segera diganggu oleh Xaldin, salah satu anggota Organization XIII. Xaldin mulai bermain dengan kemarahan Beast, dengan maksud agar hatinya menjadi gelap dan akan menciptakan variasi Heartless dan Nobody yang sangat kuat untuk nantinya akan digunakan oleh Organization XIII. Dalam usaha untuk mengamankan mereka, Beast memenjarakan para pembantunya di penjara istana. Belle, tidak tahu apa yang harus dilakukan dan takut akan kemarahan Beast yang tiba-tiba, bersembunyi di kamarnya dengan perasaan takut. Dia sangat senang ketika Sora, Donald, dan Goofy berkunjung.

Begitu Sora melepaskan para pembantu dari penjara dan berusaha untuk menenangkan Beast, Beast sadar bahwa ia telah kasar terhadap Belle dalam kemarahannya yang membuta. Berharap untuk minta maaf, ia pergi bersama Sora untuk mencarinya, di mana ia mendengar suaranya yang seperti orang disekap d ruangan pesta dansa istana. Belle telah memutuskan untuk menemui Xaldin, memperingatinya untuk meninggalkan Beast sendirian. Xaldin memakai pengaruhnya dalam kegelapan untuk menciptakan Shadow Stalker yang menyerang Belle. Dia berusaha untuk menghindarinya, kabur ke balkon ruangan pesta dansa. Setelah makhluk tersebut dikalahkan, Beast minta maaf ke Belle, yang menerima kata-katanya yang baik tetapi menegurnya karena tidak mempercayainya.

Ketika Sora dan yang lainnya mengunjungi Hollow Bastion untuk yang ketiga kalinya, nama Belle ternyata adalah bagian dari sebuah password untuk mengakses dataspace DTD, bersama dengan nama para putri yang lainnya.

Sora kembali ke istana Beast di mana ia menemukan Belle dan Beast sedang di tengah-tengah kencan. Ketika kedua pasangan tersebut mulai berdansa di ruangan pesta dansa istana, Xaldin datang dan mengganggu acara mereka, yang membuat Belle tidak senang. Dia dipaksa untuk pergi selagi Xaldin mengirimkan segerombolan Nobody yang mengejar Sora dan Beast. Ketika para Nobodies berhasil dikalahkan, Belle menemukan Beast dalam keadaan sangat kuatir akan bunga mawar ajaibnya yang hilang. Mengikutinya ke atas, dia memohon kepada Beast untuk menjelaskan apa yang salah, tetapi rasa frustrasi Beast membuatnya menyuruk Belle dan Sora untuk meninggalkan istana.

Belle kembali ke kamarnya dengna perasaan putus asa, yang pada akhirnya pergi ke balkon untuk membereskan semua masalah. Waktu ia melihat Beast, bersama dengan Sora, Goofy dan Donald, keluar ke halaman istana dia cepat-cepat kembali ke dalam, tapi di jalannya menemukan mawar ajaib di dekat pintu. Dia segere menunjukkan mawar ajaib tersebut ke teman-temannya dengan perasaan senang, tapi kemudian ia menyadari bahwa semuanya adalah jebakan begitu Xaldin menyekapnya dari belakang dan segera membawanya ke jembatan di luar istana Beast. Begitu Xaldin menawari Beast pilihan antara Belle atau mawar ajaib, Belle menunjukkan ke Xaldin bahwa ia bukan sekedar gadis desa yang sederhana. Dia meninju perut anggota Organization XIII tersebut dengan sangat keras dan segera berlari ke dalam istana dengan mawar ajaibnya.

Begitu Beast dan Sora mengalahkan Xaldin, Belle dengan perasaan lega mengembalikan mawar ajaib Beast. Dia kemudian dengan gugup menanyakan ke Belle apakah ia mau tinggal bersamanya di istananya, dan Belle setuju dengan senang hati. Di bagian akhir Kingdom Hearts II, ternyata Beast telah kembali menjadi manusia, yang kemungkinan mengakhiri cerita Beauty and the Beast di Kingdom Hearts, meski status Belle sebagai salah satu Princess of Heart masih mengikatnya di permainan-permainan Kingdom Hearts yang berikutnya.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

  • Paige O'Hara (film)
  • Jodi Benson (House of Mouse)
  • Sierra Boggess (House of Mouse)
  • Susan Egan (musical)

Pranala Luar[sunting | sunting sumber]