Beauty and the Beast (film 1991)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Beauty and the Beast
Beautybeastposter.jpg
Poster layar lebar karya John Alvin[1]
Sutradara Gary Trousdale
Kirk Wise
Produser Don Hahn
Penulis Linda Woolverton
Narator David Ogden Stiers
Pemeran Paige O'Hara
Robby Benson
Richard White
Jerry Orbach
Angela Lansbury
David Ogden Stiers
Musik Alan Menken
Howard Ashman
Distributor Walt Disney Pictures
Tanggal rilis 22 November 1991
Durasi Asli:
84 menit
Edisi khusus:
90 menit
Negara  Amerika Serikat
Bahasa Inggris
Anggaran $20.000.000
Pendapatan kotor $403.476.931
Diikuti oleh Beauty and the Beast: The Enchanted Christmas (1997)

Beauty and the Beast ("Cantik dan Buruk Rupa") adalah sebuah film animasi tahun Amerika Serikat diproduksi oleh Walt Disney Feature Animation dan dirilis ke bioskop oleh Buena Vista Pictures pada 22 November 1991. Film ini disutradarai oleh Gary Trousdale dan Kirk Wise. Film ini merupakan film ke-30 dalam rangkaian film animasi klasik Walt Disney. Film ini merupakan adaptasi dari cerita Beauty and the Beast, yang berkisah tentang cinta seorang gadis cantik bernama Belle dapat mengubah Beast menjadi manusia.

Ini adalah yang pertama dari hanya dua film animasi yang dinominasikan untuk Academy Award untuk Best Picture (bersama dengan 2009's Up). Mempertinggi tingkat kinerja di era dikenal sebagai Disney Renaissance (1989-1999, dimulai dengan The Little Mermaid dan berakhir dengan Tarzan), banyak film animasi berikut dirilis telah dipengaruhi oleh campuran tradisional animasi dan komputer generated imagery. Sekuel film ini, Beauty and the Beast: The Enchanted Christmas, dirilis ke VHS pada 11 November 1997 dan disutradarai oleh Andy Knight.

Sinopsis

Di prolog film, seorang peri menyamar menjadi seorang wanita tua yang ingin menginap semalam di istana seorang pangeran dengan bayaran setangkai mawar. Ketika sang pangeran mengusirnya, peri itu marah dan mengutuknya menjadi binatang atau biasa di sebut Beast mengerikan serta para pelayan juga dikutuk menjadi perabotan rumah tangga. Sang peri memberi Beast sebuah cermin ajaib di mana Beast dapat melihat tempat-tempat yang jauh. Sang peri juga memberi Beast mawar. Pada ulangtahun ke-21 Beast, kelopak mawar terakhir akan jatuh. Apabila sebelum kelopak mawar terakhir jatuh, Beast mencintai seseorang dan cintanya dibalas, Beast dan pelayan-pelayannya akan berubah menjadi manusia. Namun kalau yang terjadi sebaliknya, Beast dan pelayan-pelayan tidak akan dapat menjadi manusia lagi.

Bertahun-tahun kemudian, gadis cantik namun unik bernama Belle tinggal di kota kecil di Perancis bersama ayahnya Maurice yang merupakan seorang penemu. Belle sangat gemar membaca sehingga dia dianggap aneh oleh penduduk desa. Seorang pemburu sombong bernama Gaston berusaha meminang Belle.

Suatu ketika, Maurice hendak menunjukkan penemuan barunya ke sebuah pameran, meninggalkan Belle sendirian di rumah. Ketika Belle sedang membaca, Gaston datang untuk melamarnya. Belle menolak lamarannya.

Setelah Gaston pergi, Belle mendapati kuda yang dikendarai ayahnya, Philippe, pulang tanpa ayahnya. Belle tahu Maurice dalam bahaya, maka dia menyusul Maurice ke hutan. Ternyata Maurice tersesat dan dan diserang serigala. Ia menyelamatkan diri dengan masuk ke istana Beast, tetapi dia membuat Beast marah. Beast mengurung Maurice.

Belle berhasil menemukan ayahnya. Dia bersedia menukar dirinya dengan ayahnya, menjadi tawanan Beast. Walau Maurice tidak rela, Beast sudah memasukkan Maurice ke kereta yang membawa Maurice pergi. Belle sangat sedih dan dia bersikeras tidak mau berhubungan apa-apa dengan Beast.

Sementara itu, Beast sudah tertarik dengan Belle. Pelayan-pelayannyapun mendukung Beast untuk mengejar Belle. Lumiere, salah satu pelayan Beast, paling berambisi untuk menjadi manusia lagi. Beast memberi Belle kamar sendiri dan mengijinkan Belle ke semua ruang di istana kecuali West Wing, kamar Beast.

Di kamarnya, Belle berkenalan dengan Wardrobe dan Ibu Potts serta anak-anak Ibu Pot. Sebelumnya, Belle telah menolak tawaran makan malam Beast. Beast marah dan melarang siapapun memberikan Belle makan kalau Belle tidak mau makan dengan Beast.

Namun malam harinya, Belle lapar dan keluar kamar. Dia pergi ke dapur. Pelayan Beast tidak mendengarkan perintah Beast dan memmeri Belle makan malam bagaikan pesta. Bahkan setelah makan, Belle tur keliling istana bersama Lumiere dan Cogsworth.

Belle malah tertarik ke West Wing. Saat dia masuk ke sana, Belle menemukan bunga mawar Beast. Dia membuka penutupnya dan saat yang bersamaan, Beast datang dan membentak Belle untuk pergi. Belle terkejut. Dia memutuskan untuk meninggalkan Beast tidak peduli janjinya.

Di hutan, Belle diserang serigala. Untunglah Beast segera datang menyelamatkannya, tetapi Beast sendiri malah terluka. Belle mengurung niatnya untuk kabur dan membawa Beast kembali ke istana. Belle membalut luka Beast, berterimakasih pada Beast. Sejak itu, hubungan mereka mulai membaik.

Beast hendak memberi Belle kejutan, yaitu sebuah perpustakaan. Belle sangat gembira ketika dia mendapat kejutan ini.

Selanjutnya, Belle dan Beast sarapan bersama. Belle mengajari tata cara makan pada Beast. Merekapun bermain salju dengan burung-burung. Mereka juga membaca buku bersama.

Beast mengadakan sebuah pesta dansa romantis untuk Belle. Keduanya berdandan. Belle mengenakan gaun kuningnya yang menjadi ciri khasnya. Setelah makan malam, Belle dan Beast berdansa dengan lagu Beauty and the Beast mengalun. Seusai dansa, Belle dan Beast pergi ke balkon.

Beast hendak menyatakan cintanya pada Belle namun dia belum berani. Belle malah teringat ayahnya. Beastpun menunjukkan cermin ajaibnya pada Belle sehingga Belle dapat melihat kondisi ayahnya. Ternyata Maurice sakit. Belle ingin menjenguknya. Beast, hatinya sudah menjadi lembut, membebaskan Belle dari tawanannya. Beast juga memberi Belle cermin ajaibnya supaya Belle masih bisa melihat Beast kalau dia rindu Beast.

Kembali di desa, Belle dan ayahnya berhadapan dengan Gaston yang jahat. Gaston telah membawa seorang petugas asilum untuk menangkap Maurice kalau Belle menolak menikahinya. Maurice dipancing untuk mengatakan soal Beast dan Belle terpaksa mengeluarkan cermin ajaibnya untuk membuktikan Beast benar-benar ada dan ayahnya tidak bohong. Belle terlihat mencintai Beast sehingga Gaston cemburu. Gaston menghasut penduduk bahwa Beast itu jahat dan akan mencuri anak-anaknya. Belle dan Maurice dikurung di ruang bawah tanah di rumah Belle sementara Gaston dan penduduk pergi ke hutan mencari Beast.

Dengan bantuan Chip dan mesin ciptaan Maurice, anak Ibu Potts, Belle dan Maurice berhasil keluar. Mereka menyusul ke istana Beast. Sementara pelayan-pelayan Beast menanggapi penduduk yang menyerang, Gaston mencari Beast.

Gaston berusaha menyerang Beast. Awalnya Beast masih terlalu sedih untuk menanggapi Gaston. Belle yang datang memohon Gaston untuk berhenti. Kedatangan Belle membuat Beast bersemangat. Beast, memenangkan peperangan, tidak jadi membunuh Gaston dan melepaskannya. Namun Gaston dengan licik menusuk Beast dari belakang. Gaston sendiri jatuh dari menara dan meninggal karena kehilangan keseimbangan.

Belle mengira Beast sudah meninggal. Dia mengakui bahwa dia mencintai Beast sebelum kelopak mawar terakhir jatuh. Beast berubah menjadi manusia. Ketika dia dan Belle berciuman, seluruh istana menjadi indah kembali. Para pelayan menjadi manusia lagi. Film berakhir ketika Belle dan Beast menari di ruang dansa, dilihat Maurice dan orang banyak, termasuk pelayan-pelayan Beast.

Pengisi suara dan karakter

  • Paige O'Hara sebagai Belle (Animasi - James Baxter) - Gadis yang gemar membaca yang jatuh cinta pada Beast dan menemukan sisi lembut dari Beast. Dia mengubah Beast menjadi lebih baik.
  • Robby Benson sebagai Beast (Animasi - Glen Keane) - Seorang pangeran berhati dingin yang tinggal di istana di hutan yang diubah menjadi Beast. Beast merupakan sosok yang pemarah sebelum dia berubah menjadi lebih baik karena Belle. Akhirnya, Beast menjadi pangeran kembali.
  • Richard White sebagai Gaston (Animasi - Andreas Deja, Ron Husband, David Burgess, Tim Allen) - Pemburu sombong yang merasa diri tampan ini disukai gadis-gadis di desa Belle. Gaston, merasa dirinya bagus, yakin dapat menikahi Belle. Dia mempunyai badan berotot dan kuat.
  • Jerry Orbach sebagai Lumiere (Animasi - Nik Raneiri)
  • David Ogden Stiers sebagai Cogsworth
  • Angela Lansbury sebagai Ibu Potts
  • Bradley Michael Pierce sebagai Chip
  • Rex Everhart sebagai Maurice - Ayah Belle yang merupakan seorang penemu. Penduduk desa menganggap Maurice dan putrinya aneh.
  • Jesse Corti sebagai Le Fou - Pengikut Gaston
  • Hal Smith sebagai Philippe - Kuda Belle
  • Jo Anne Worley sebagai Madame De la Grande Bouche Wardrobe - Pelayan Beast yang disihir menjadi lemari di kamar Belle.
  • Kimmy Robertson sebagai Featherduster
  • Frank Welker sebagai Footstool - Anjing Beast
  • Mary Kay Bergman dan Kath Soucie sebagai Bimbettes - trio gadis desa yang menyukai Gaston
  • Tony Jay sebagai Monsieur D'Arque - pemilik Maison de Lune, rumah orang sakit jiwa.

Penghargaan dan nominasi

Academy Award

Lagu Alan Menken dan Howard Ashman "Beauty and the Beast" memenangkan Musik Orisinil Terbaik dari Academy Award. Dua lagu Menken dan Ashman yang lain dari film, "Belle" dan "Be Our Guest" juga dinominasi untuk Musik Orisinil Terbaik. Prestasi menempatkan tiga nominasi di bagian Musik Orisinil Terbaik ini hanya diikut The Lion King (1994), Dreamgirls (2006), dan Enchanted (2007).

Film ini juga dinominasikan untuk Tata Suara Terbaik dan Film Terbaik. Beauty and the Beast adalah satu-satunya animasi yang dinominasikan untuk kategori Film Terbaik, sebelum rekor ini dipecahkan oleh UP pada tahun 2009 dan Toy Story 3 pada tahun 2010.

Dengan enam nominasi, film ini menjadi film animasi dengan nominasi terbanyak, berbagi dengan WALL-E (2008).

Penghargaan Recipient
Musik Orisinil Terbaik Alan Menken
Musik Orisinil Terbaik ("Beauty and the Beast") Alan Menken & Howard Ashman
Nominasi:
Film Terbaik Don Hahn
Musik Orisinil Terbaik ("Belle") Alan Menken & Howard Ashman
Musik Orisinil Terbaik ("Be Our Guest") Alan Menken & Howard Ashman
Tata Suara Terbaik Terry Porter, Mel Metcalfe, David J. Hudson & Doc Kane

Golden Globes

Beauty and the Beast adalah film animasi pertama yang memenangkan Golden Globe for Best Picture - Musical or Comedy. Prestasi ini diikuti olehThe Lion King and Toy Story 2.

Penghargaan Hasil
Gambar Bergerak Terbaik - Musikal atau Komedi Menang
Musik Orisinil Terbaik Menang
Musik Orisinil Terbaik (Untuk "Beauty and the Beast") Menang
Musik Orisinil Terbaik (Untuk "Be Our Guest") Nominasi

Grammy Awards

Penghargaan Hasil
Album Terbaik untuk Anak-anak Menang
Penampilan Pop Terbaik oleh Grup atau Duo dengan Vokal (Untuk "Beauty and the Beast") Menang
Lagu Tahun Ini (Untuk "Beauty and the Beast") Nominasi
Komposisi Instrumen Tertulis Terbaik untuk Gambar Bergerak Menang
Lagu Tertulis Terbaik Khususnya Untuk Gambar Bergerak atau Untuk Televisi (Untuk "Beauty and the Beast") Menang
Rekaman Tahun Ini (Untuk "Beauty and the Beast") Nominasi

Referensi

Pranala luar