Ariel (Disney)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Ariel
Penampilan pertama The Little Mermaid (1989)
Pencipta Ron Clements
John Musker
Pengisi suara Jodi Benson (film)
Sierra Boggess (musical)
Informasi
Jenis kelamin Female
Keluarga King Triton (ayah)
Aquata, Andrina, Arista, Attina, Adella & Alana (kakak perempuan)
Pasangan Pangeran Eric

Ariel adalah tokoh fiksi dan tokoh utama dari film animasi Disney ke-28 The Little Mermaid (1989). Dia juga tampil di sekuel-sekuelnya yang langsung dirilis di video The Little Mermaid II: Return to the Sea dan The Little Mermaid: Ariel's Beginning. Dia juga tampil di serial TV. Pengisi suara Ariel selalu Jodi Benson, Sierra Boggess. Dia adalah Disney Princess keempat.

Profil[sunting | sunting sumber]

Pakaian[sunting | sunting sumber]

Ariel memiliki duyung berwarna hijau dan kerang berwarna ungu. Saat pertama kali menjadi manusia, Ariel memakai baju buatan Scuttle dari terpal berwarna gading diikat tali. Di istana Eric, dia diberi gaun merah muda dengan bahu kelihatan. Anting putihnya juga panjang. Baju tidurnya juga berwarna merah muda. Ketika berjalan-jalan di kota bersama Eric, Ariel memakai baju biru muda dengan pita sangat besar di rambutnya. Ketika diubah menjadi manusia lagi oleh Triton, gaunnya berwarna biru keunguan tanpa lengan dan berkilau-kilau. Rok bagian belakangnya lebih panjang dari bagian depannya. Saat menikah, gaunnya berwarna putih dengan lengan balon. Di bagian pinggang, dada, dan ujung lengan panjangnya ada garis hijau muda. Ia memakai mahkota emas gemerlap dengan kerudung putih panjang.

Penampilan fisik[sunting | sunting sumber]

Rambut merah Ariel tebal dan panjang. Poninya menyembul ke depan. Mata besarnya berwarna biru laut kehijauan. Badannya cukup mungil dan langsing. Bibirnya merah.

Penampilan[sunting | sunting sumber]

The Little Mermaid[sunting | sunting sumber]

Ariel pertama kali tampil diThe Little Mermaid (1989) sebagai putri duyung berusia enambelas tahun yang sangat tertarik pada dunia manusia. Kegemarannya adalah mengoleksi barang-barang manusia dari kapal karam bersama sahabat baiknya, Flounder. Ayahnya, Raja Triton, menganggap dunia manusia berbahaya karena duyung bisa ditangkap oleh kail mereka. Karena itu, dia marah saat mengetahui Ariel ke permukaan laut lagi untuk bertanya-tanya soal barang manusia pada burung camar temannya bernama Scuttle.

Ariel mempunyai suara yang indah, hanya saja dia malas berlatih, seperti kata kepiting konduktor Sebastian. Suatu saat, Ariel menyelamatkan pangeran manusia bernama Eric dari tenggelem di laut. Dia menyanyikan lagu saat Eric pingsan sebelum kembali ke laut. Ariel jatuh cinta pada Eric. Eric juga jatuh cinta pada gadis yang menyelamatkannya dan bernyanyi itu.

Ariel menukar suaranya pada penyihir laut, Ursula, supaya bisa menjadi manusia. Perjanjiannya, Ariel harus mencium Eric sebelum matahari terbenam pada hari ketiga untuk bisa menjadi manusia selamanya. Kalau gagal, Ariel akan menjadi milik Ursula.

Ariel menjalin hubungan yang baik dengan Eric, termasuk makan bersama, jalan-jalan di kota, dan mendayung perahu di laguna. Ketika mereka hampir berciuman, belut peliharaan Ursula menjatuhkan perahu mereka. Ursulapun mengubah dirinya sendiri menjadi gadis cantik dengan suara Ariel supaya Ariel tidak mendapat ciuman Eric.

Malam harinya, Eric telah memutuskan untuk melupakan gadis bersuara Ariel dan mencintai Ariel yang bisu. Tetapi Ursula, menyamar menjadi Vanessa, datang dengan suara Ariel. Ericpun tersihir. Keesokan harinya, dia langsung mau menikah dengan Vanessa.

Ariel sangat sedih. Scuttle melihat bahwa Vanessa ternyata Ursula. Ariel dan teman-temannya berusaha mencegah pernikahan itu. Akhirnya Max, anjing Eric, memecahkan kerang berisi suara Ariel yang dipakai Ursula. Ericpun sadar dari sihir dan Ariel dapat berbicara kembali.

Ursula marah dan menarik Ariel ke laut. Matahari sudah terbenam sebelum Ariel dan Eric berciuman. Triton datang dan mau menukar dirinya dengan Ariel. Ursulapun berkuasa. Eric berhasil membunuh Ursula dengan menusuknya dengan ujung tajam dari kapal karam.

Triton menyadari bahwa putrinya benar-benar mencintai Eric. Arielpun diubah menjadi manusia lagi. Dia dan Eric menikah di kapal, berlayar di laut. Para duyungpun berani ke permukaan laut.

Serial TV[sunting | sunting sumber]

Ceritanya terjadi sebelum film The Little Mermaid. Ariel masih tinggal di laut bersama ayahnya Triton, Flounder, dan Sebastian.

The Little Mermaid II: Return to the Sea[sunting | sunting sumber]

Ariel menjadi ibu dari Melody. Ketika keselamatan Melody diancam oleh adik Ursula, Morgana, Ariel melarang Melody sama sekali ke lautan. Ariel juga memasang tembok pemisah istana dan lautan. Namun Melody bandel dan tetap diam-diam ke lautan. Dia bahkan bertemu Morgana dan diubah menjadi duyung. Ariel mencari Melody yang hilang. Akhirnya, Melody tahu kakeknya adalah duyung. Morgana dikalahkan. Tembok pemisah dihancurkan. Lautan dan daratan pun bersatu kembali.

The Little Mermaid: Ariel's Beginning[sunting | sunting sumber]

Ceritanya saat Ariel berusia lima tahun. Ibu Ariel, Ratu Athena, senang musik dan diberi hadiah kotak musik dari Triton. Suatu saat, Ratu Athena meninggal karena terhimpit antara kapal dan batu. Tritonpun melarang musik sama sekali di lautan. Putri-putrinya dirawat Marina.

Ariel berteman dengan Flounder. Mereka bergabung di klub rahasia di mana ternyata Sebastian dan band-nya bermain musik. Ariel mengajak kakak-kakaknya juga bergabung. Lambat laun Triton mengetahui rahasia ini karena Marina. Rupanya Marina ingin pekerjaan Sebastian.

Sebastian, Flounder, dan band di penjara. Ketika Ariel bertanya pada Triton apa alasannya musik dilarang, Triton malah marah. Ariel, membebaskan tahanan, pergi meninggalkan istana bersama para tahanan. Di tempat terpencil, Ariel menemukan kotak musik ibunya. Ariel ingin membawa kotak musik itu pada ayahnya supaya mungkin dapat mengubah pendapatnya.

Di perjalanan, Marina mengacaukan dengan belut listriknya. Marina hendak menghantam Sebastian, namun Ariel mendorongnya, berakibat Ariel tidak sadarkan diri. Triton menyaksikan kejadian ini. Dengan menyanyikan lagu yang biasa dinyanyikan Athena, Triton menyadarkan Ariel. Akhirnya, Marina dipenjara. Musik diijinkan kembali. Sebastian diangkat menjadi komposer.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]