Sistem klasifikasi APG II

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Dalam taksonomi tumbuhan, sistem klasifikasi APG II adalah sistem klasifikasi terbaru untuk tumbuhan berbunga yang dirilis oleh Kelompok Filogeni Tumbuhan Berbunga (Angiosperm Phylogeny Group) pada tahun 2003: An update of the Angiosperm Phylogeny Group classification for the orders and families of flowering plants: APG II. Botanical Journal of the Linnean Society 141: 399-436.[1]) Versi ini adalah revisi dari pendahulunya, sistem APG yang dikeluarkan pada tahun 1998.

Sistem ini memperlihatkan konsensus dari sejumlah pakar sistematika tumbuhan yang bekerja di berbagai lembaga di seluruh dunia sehingga banyak diterima dan berpengaruh. Sejumlah pustaka telah menggunakan pula sebagai rujukan, kadang-kadang dengan sedikit modifikasi.

Karena hanya berfokus pada takson bangsa dan suku, sistem ini tidak berpretensi untuk mengubah atau menetapkan takson baru. Alih-alih, mereka menyebut tingkat selain bangsa dan suku sebagai klad. Klad dimaksudkan sebagai kelompok hipotetis dan dapat diubah sewaktu-waktu.

Sistem ini sekarang diadopsi oleh Angiosperm Phylogeny Website dan berbagai modifikasi setelah penerbitan pada tahun 2003 dimasukkan ke dalamnya (lihat Pranala luar). Sebagai pelanjut dari sistem ini, sejak 2009 telah dirilis Sistem Klasifikasi APG III oleh Angiosperm Phylogeny Group untuk menampung berbagai hasil-hasil penelitian terbaru yang dipublikasi setelah dirilisnya sistem APG II.

Klasifikasi[sunting | sunting sumber]

Pengelompokan utama klad dalam sistem APG II adalah sebagai berikut (nama-nama sistem ini memakai bahasa Inggris dan selalu dalam bentuk jamak):

Pembagian lebih rinci (namun mengabaikan sejumlah genera yang belum jelas penempatannya):

Keterangan: "+ ..." = suku yang dapat dipisahkan dari suku yang disebutkan sebelumnya, jika diperlukan.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Full text (HTML) | Full text (PDF)
  2. ^ Sejak 2007 sering digabungkan di bawah bangsa Nymphaeales, bersama-sama Hydatellaceae. Lihat Saarela et al. (2007). "Hydatellaceae identified as a new branch near the base of the angiosperm phylogenetic tree". Nature 446: 312–5
  3. ^ Sejak 2007 dimasukkan ke dalam bangsa Petrosaviales. Lihat Cantino, Philip D.; James A. Doyle, Sean W. Graham, Walter S. Judd, Richard G. Olmstead, Douglas E. Soltis, Pamela S. Soltis, & Michael J. Donoghue (2007). "Towards a phylogenetic nomenclature of Tracheophyta". Taxon 56 (3): E1–E44. 
  4. ^ a b c Dalam Angiosperm Phylogeny Website, Aextoxicaceae dan Berberidopsidaceae dimasukkan ke dalam Berberidopsidaceae sedangkan Dilleniaceae merupakan satu-satunya anggota Dilleniales
  5. ^ a b c d Revisi 2005 memasukkannya ke dalam Crossosomatales. Lihat Matthews M.R, Endress P.K 2005. Comparative floral structure and systematics in Crossosomatales (Crossosomataceae, Stachyuraceae, Staphyleaceae, Aphloiaceae, Geissolomataceae, Ixerbaceae, Strasburgeriaceae). Botan. J. Lin. Soc. 147:1-46
  6. ^ Kajian Jansen et al. memasukkannya ke dalam bangsa Vitales. Lihat Jansen R.K., C. Kaittanis, S. B. Lee, C. Saski, J. Tomkins, A. J. Alverson dan H. Daniell. 2006. Phylogenetic analyses of Vitis (Vitaceae) based on complete chloroplast genome sequences: effects of taxon sampling and phylogenetic methods on resolving relationships among rosids. BMC Evolutionary Biology 6:32 (edisi daring)