Hydatellaceae

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
?Hydatellaceae
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan: Plantae
Divisi: Angiospermae
Ordo: Nymphaeales
Famili: Hydatellaceae
U.Hamann (1976)
Genus

Trithuria

Hydatellaceae adalah suatu suku anggota tumbuhan berbunga yang beranggotakan satu genus, Trithuria, setelah genus Hydatella digabungkan ke dalamnya.[1] Terdapat sekitar 12 jenis anggota, semuanya berukuran kecil, hidup di air atau rawa, dan menyerupai rumput. Ia adalah tumbuhan air yang sepanjang hidupnya terendam di dalam air. Tumbuhan ini hanya ditemukan di Australia, Selandia Baru, dan India, menjadikannya sebagai tumbuhan khas lempeng Indo-Australia.


Hydatellaceae selama bertahun-tahun dianggap sebagai kerabat dekat anggota Poales (rumput dan teki) dan pernah dimasukkan sebagai anggota suku Centrolepidaceae. Dalam sistem Cronquist ia berada pada ordo tersendiri, Hydatellales, yang tergabung bersama-sama anak-kelas Commelinidae bersama-sama dengan ordo Cyperales. Bahkan, sistem APG II memasukkannya ke dalam bangsa Poales. Saarela et al. (2007) menunjukkan dengan alat bukti molekuler bahwa Hydatellaceae lebih dekat kekerabatannya dengan teratai (anggota Nymphaeaceae) dan menjadikannya sebagai salah satu contoh perkembangan tumbuhan berbunga paling awal.[2] Peristiwa ini menandai untuk pertama kalinya suatu kelompok tumbuhan dikeluarkan dari kelompok monokotil.[3] Ke"kuno"an Hydatellaceae juga ditunjukkan oleh beberapa perilaku perkembangannya yang memiliki kesamaan dengan Gymnospermae.[4] Angiosperm Phylogeny Website sekarang telah mendaftarkan Hydatellaceae sebagai anggota bangsa Nymphaeales.

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Sokoloff, Dmitry D., Margarita V. Remizowa, Terry D. Macfarlane, Paula J. Rudall. 2008. Classification of the early-divergent angiosperm family Hydatellaceae: one genus instead of two, four new species and sexual dimorphism in dioecious taxa. Taxon 57: 179-200.
  2. ^ Saarela, Jeffery M., Hardeep S. Rai, James A. Doyle, Peter K. Endress, Sarah Mathews, Adam D. Marchant, Barbara G. Briggs & Sean W. Graham. 2007. Hydatellaceae identified as a new branch near the base of the angiosperm phylogenetic tree. Nature 446:312-315.
  3. ^ Graham, S. A New Understanding of the Early Evolution of Flowering Plants. University of British Columbia Botanical Garden press release, 14 March 2007.
  4. ^ Friedman, W.E. 2008. Hydatellaceae are water lilies with gymnospermous tendencies Nsture 453: 94-97