Dioscoreales

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
?Dioscoreales
Rentang fosil: Pertengahan Cretaceous – sekarang 116–0 Jtl
Dioscorea communis
Dioscorea communis
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan: Plantae
(tidak termasuk) Monocots
Ordo: Dioscoreales
R.Br.[1]
Suku

Burmanniaceae
Dioscoreaceae
Nartheciaceae


Dioscoreales adalah nama botani untuk salah satu bangsa tumbuhan berbunga. Bangsa ini mencakup suku Dioscoreaceae yang meliputi umbi-umbian yang digunakan sebagai sumber makanan penting di banyak daerah di seluruh dunia.

Taksonomi[sunting | sunting sumber]

Berdasarkan sistem klasifikasi APG II (tahun 2003), bangsa ini termasuk dalam klad monocots dan terdiri atas tiga suku tumbuhan, yaitu Burmanniaceae, Dioscoreaceae, dan Nartheciaceae. Berdasarkan sistem APG sebelumnya tahun 1998, bangsa Dioscoreales termasuk dalam klad monocots dan terdiri atas suku Burmanniaceae, Dioscoreaceae, Taccaceae, Thismiaceae, dan Trichopodaceae.

Dalam APG II, suku Thismiaceae sudah tercakup dalam suku Burmanniaceae serta suku Taccaceae dan Trichopodaceae masuk dalam suku Dioscoreaceae. Oleh karena itu, perubahan yang muncul tidak banyak dan kelompok tumbuhan yang berpindah lintas bangsa adalah suku Nartheciaceae.

Sistem Cronquist tidak mengakui bangsa Dioscoreales dan menempatkan sebagian besar anggotanya dalam bangsa Liliales anak kelas Liliidae kelas Liliopsida (monokotil).

Ekologi dan Evolusi[sunting | sunting sumber]

Narthecium ossifragum

Tiga suku yang termasuk dalam bangsa Dioscoreales juga mewakili tiga kelompok ekologi tumbuhan yang berbeda. Dioscoreaceae mengandung utamanya tanaman merambat (Dioscorea) dan spesies merayap lainnya (Epipetrum). Di sisi lain Nartheciaceae adalah suku yang mencakup tanaman rumput-rumputan menyerupai lili (Aletris), sedangkan Burmanniaceae adalah kelompok miko-heterotrofik.

Data evolusi bangsa Dioscoreales dikumpulkan dari analisis molekuler[2] karena tidak ada fosil tumbuhannya yang ditemukan. Diperkirakan bahwa Dioscoreales dan klad terdekatnya, Pandanales, terpisah sekitar 121 juta tahun yang lalu selama awal Cretaceous ketika kelompok mahkota terbentuk. Kemudian butuh 3 hingga 6 juta tahun bagi kelompok mahkota untuk terdiferensiasi pada pertengahan Cretaceous.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Angiosperm Phylogeny Group (2009). "An update of the Angiosperm Phylogeny Group classification for the orders and families of flowering plants: APG III" (PDF). Botanical Journal of the Linnean Society 161 (2): 105–121. doi:10.1111/j.1095-8339.2009.00996.x. Diakses 2013-07-06. 
  2. ^ Merckx, Vincent; Freudenstein, John V. (15-01-2010). "Evolution of mycoheterotrophy in plants: a phylogenetic perspective" (pdf). New Phytologist (dalam bahasa Inggris) 185 (3): 605–609. doi:10.1111/j.1469-8137.2009.03155.x. Diakses 24-11-2014. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]