Commelinids

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Commelinids
commelinids
Taksonomi
DivisiTracheophyta
SubdivisiSpermatophytes
KladAngiospermae
Kladmonocots
Tanpa nilaicommelinids
Ordo

Komelinida[Catatan kaki 1] atau commelinids adalah sekumpulan empat bangsa dan satu suku yang monofiletik dan memiliki keterkaitan taksonomi yang kuat, baik dari segi fenotipe maupun dari sisi molekular. Nama lainnya adalah core Monokotil (monokotil inti). Dalam sistem klasifikasi APG II kelompok ini tidak diberi posisi takson tertentu tetapi merupakan satu klad tersendiri.

Keempat bangsa ini adalah Arecales, Commelinales, Poales, dan Zingiberales. Satu suku yang terpisah dari keempat bangsa itu adalah Dasypogonaceae.

Klasifikasi[sunting | sunting sumber]

Commelinids pertama kali secara resmi dikelompokkan dalam satu grup tahun 1967 oleh Armen Takhtajan, yang memasukkannya ke dalam subkelas monokotil.[1] Namun pada tahun 1980 saat ia mengumumkan sistem klasifikasinya, ia menggabungkan dengan subkelas yang lebih besar, dan tidak lagi menganggapnya sebagai klad tersendiri.

klad monokotil:
  • klad commelinids:
commelinids

Dasypogonaceae

Arecales

Poales

Zingiberales

Commelinales

Filogeni dan komposisi commelinids.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Takhtajan, A. (1967). Система и филогения цветкорых растений (Systema et Phylogenia Magnoliophytorum). Moscow: Nauka. 
  2. ^ "An update of the Angiosperm Phylogeny Group classification for the orders and families of flowering plants: APG III". Botanical Journal of the Linnean Society. 161: 105–121. 2009. doi:10.1111/j.1095-8339.2009.00996.x. 

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Istilah bahasa Indonesia belum disepakati