Siklus Warisan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Siklus Warisan (Inggris: Inheritance Cycle) adalah sebuah seri novel fiksi fantasi remaja karya Christopher Paolini. Sebelumnya, seri novel ini disebut sebagai Trilogi Warisan dan diumumkan berubah menjadi Siklus Warisan pada 30 Oktober 2007 oleh Paolini dikarenakan akan adanya buku keempat.

Seri novel ini berlatar belakang dunia fiksi bernama Alagaësia dengan tokoh utama seorang anak laki-laki remaja bernama Eragon dan naganya, Saphira. Eragon menjadi salah satu Penunggang Naga terakhir, sebuah kelompok legendaris yang berkuasa pada masa lampau, yang kemudian hampir seluruhnya dihabisi oleh pengkhianatan salah seorang Penunggang Naga bernama Galbatorix dan para Terkutuk, sekelompok tiga belas Penunggang lainnya yang berkhianat dengan bersumpah setia kepada Galbatorix. Setelah kejatuhan Penunggang Naga, yang hampir seluruhnya terbunuh, Galbatorix mengangkat diri sebagai raja atas Alagaësia. Ketakutan terbesar raja tiran ini adalah bila ada Penunggang baru yang akan bangkit dan merebut kekuasaannya sebagai raja dari kekaisarannya. Melalui upaya kelompok pemberontak, Varden, dan pimpinan/pendirinya, Brom (bersama-sama Jeod dan Hefring), sebutir telur naga berhasil dicuri dari tangan Galbatorix, dan oleh campur tangan takdir, sampai ke tangan Eragon, yang saat itu adalah seorang petani muda di Lembah Palancar. Seekor anak naga, kemudian dinamai Saphira, menetas dari telur itu dan mengikatkan diri dan benaknya dengan Eragon. Segera setelah menyadari kejadian ini, Galbatorix berusaha untuk menangkap Eragon dan naganya. Eragon pun memulai petualangannya ke dalam aliran masa lalu dan masa depan Alagaësia.

Buku pertama dalam seri novel ini, Eragon, dipublikasikan sendiri oleh keluarga Paolini pada tahun 2002 dan dipublikasikan kembali pada tahun 2003 oleh Knopf. Buku ini dilanjutkan dengan Eldest pada tahun 2005. Keduanya masuk ke dalam daftar buku terlaris New York Times[1][2] dan secara keseluruhan telah terjual sebanyak 12,5 juta kopi di seluruh dunia.[3] Buku ketiga seri ini, Brisingr, dipublikasikan pada 20 September 2008,[4] dan rencana publikasi untuk buku keempat, yang belum diberikan judul, juga belum diumumkan.[3] Seri ini pada awalnya dimaksudkan sebagai sebuah trilogi, tapi berubah setelah Paolini memutuskan untuk menambahkan kisahnya.

Pada tahun 2006, Eragon diadaptasi sebagai film layar lebar bernama sama, diperankan oleh Edward Speleers sebagai Eragon, serta Jeremy Irons, John Malkovich, Sienna Guillory, dan Rachel Weisz.


Adaptasi film[sunting | sunting sumber]

Pada 15 Desember 2006, sebuah adaptasi film dari Eragon dirilis. Film ini diproduksi oleh 20th Century Fox dan disutradarai oleh Stefen Fangmeier sebagai film pertama yang disutradarainya. Adegan layar (screenplay) ditulis oleh Peter Buchman. Latar fotografi utama film ini diambil di Hungaria dan Slovakia. Pada 20 Maret 2007, DVD Eragon diluncurkan. Walau mendapatkan pencapaian cukup baik di US Box Office, film ini mendapatkan banyak sekali tinjauan yang buruk, menyebabkan ketidakpastian apakah sekuelnya akan dibuat.

Tinjauan[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Best sellers: September 14, 2003". www.nytimes.com. The New York Times. 2003-09-13. Diakses 2008-07-14. 
  2. ^ "Children's best sellers: September 11, 2005". www.nytimes.com. The New York Times. 2005-09-11. Diakses 2008-07-14. 
  3. ^ a b Rich, Motoko (2007-10-31). "Eragon Author Extends Series". www.nytimes.com (The New York Times). Diakses 2008-07-14. 
  4. ^ "Brisingr by Christopher Paolini". www.randomhouse.com. Random House. Diakses 2008-07-14. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]