Sienna Guillory

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Sienna Guillory
Sienna Guillory dalam acara gala premiere film The Air I Breathe, di Los Angeles, AS, 15 Januari 2008
Foto oleh Steve Granitz.
Lahir Sienna Tiggy Guillory
16 Maret 1975 (umur 39)[1]
Bendera Inggris Northamptonshire, Inggris
Tahun aktif 1996–...
Pasangan Nick Moran (1997–2000)
Enzo Cilenti (2002–...)

Sienna Tiggy Guillory, dengan nama populer Sienna Guillory atau inisial SG (pengucapan "Gil-ir-ee" (pengucapan bahasa Inggris: [ˈɡɪlərɪ])) (lahir 16 Maret 1975; umur 39 tahun) adalah seorang aktris Inggris dan mantan model terkemuka Inggris. Ia adalah putri dari Isaac Guillory, gitaris Anglo-Kuba.[2] Ia muncul dalam berbagai produksi Britania Raya, dan kemudian ia banyak berperan dalam film-film dan serial TV produksi Amerika Serikat.

Perjalanan hidup[sunting | sunting sumber]

Data pribadi[sunting | sunting sumber]

Guillory tumbuh dan besar dikomunitas bohemian di London dan kemudian di Norfolk Utara.[3] Pada usia 10 tahun, Guillory sempat tinggal bersama saudaranya di Meksiko, dimana dia belajar bahasa Spanyol.[4] Raised in bohemian households,[5] Guillory mempelajari akting saat dia kuliah di New World School of the Arts dan Paris Conservatoire. Guillory juga mempunyai hobi lain, yaitu berkuda. Pada usia 14 tahun, Guillory mempunyai seekor kuda yang dia beri nama The Night Porter, atau "Porty”.

Pada tahun 2000, ayah Guillory, Issac Guillory wafat akibat kanker pada usia 53 tahun. Guillory berkata bahwa kematian ayahnya akibat terkena pengaruh ledakan nuklir Chernobyl saat sedang show di Wales. Ketika itu Issac Guillory sedang dalam perjalanan pulang ke London. Dan cuaca saat itu sedang hujan deras. Guillory menduga, bahwa air hujan tersebut terkontaminasi pengaruh dari ledakan nuklir Chernobyl.

Pada 2000 ia terpilih oleh jajak pendapat majalah Esquire sebagai "Wanita Inggris Paling Dicari Tahun 2000", lalu pada 2002, ia masuk dalam daftar "100 Wanita Seksi Dunia" versi majalah pria dewasa Maxim.

Pada tahun 2007 ia masuk pada daftar 99 Most Wanted Woman dari situs askman.com, tepatnya pada urutan ke 54.

Kisah cinta[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1997 Sienna Guillory bertemu dan berkenalan dengan aktor Nick Moran saat dia bermain dalam film The Future Lasts a Long Time. Tak lama kemudian mereka memutuskan untuk berpacaran. Saat itu media massa Inggris menggambarkan mereka sebagai: pasangan ter-hot Inggris saat itu. Akhirnya, Sienna Guillory menikah dengan Nick Moran pada Juli 1997, sayang tidak bertahan lama, karena mereka bercerai pada 2000.

Dan pada tahun 2002 ia menikah dengan aktor Inggris keturunan Italia Enzo Cilenti. Ketika upacara pernikahan berlangsung, Guillory mengenakan gaun pernikahan milik neneknya.[6][7] Pasangan ini mempunyai rumah di Los Angeles, Amerika Serikat dan London, Inggris. Namun sejak pertengahan 2007, mereka memutuskan tinggal di Los Angeles.[8]

Karier aktris[sunting | sunting sumber]

Debut pertamanya di dunia akting dimulai pada 1993 saat ia membintangi serial TV Inggris, Riders. Saat itu ia masih sekolah di Gresham’s School. Kemudian dia membintangi miniseri berjudul The Buccaneers. Ia sempat absen pada 1995 saat ia membereskan kuliahnya, dan untuk mengisi waktu, ia bekerja sebagai pelayan di restoran. Tahun 1996 ia kembali ke Norfolk setelah membintangi film pertamanya di Rusia.

Film Hollywood pertama Sienna Guillory adalah The Time Machine. Dalam film itu ia bermain bersama aktor senior Inggris, Jeremy Irons. Setahun kemudian, dia mendapat peran utama dalam mini seri Helen of Troy. Kontroversi sempat menyelimutinya karena berakting telanjang dalam film tersebut. Sebelum bermain dalam Helen of Troy, Guillory sempat tampil dalam peran kecil di film Love Actually sebagai pacar Jamie (yang diperankan oleh Colin Firth).

Sienna Guillory sebagai Jill Valentine dalam Resident Evil: Apocalypse.

Puncaknya adalah pada 2004, dimana Guillory bermain sebagai Jill Valentine dalam Resident Evil: Apocalypse. Sang produser (Jeremy Bolt) dan sutradara film (Alexander Witt) sempat mempertimbangkan calon lain berdasarkan nominasi dari seluruh dunia, seperti Sandra Bullock, Julia Roberts, atau Catherine Zeta-Jones. Namun tidak ada yang cocok untuk memerankan Jill Valentine kecuali karakter dan sifat yang dimiliki oleh seorang Sienna Guillory. Sebelum Guillory mempelajari karakter Jill Valentine, dia sama sekali tidak pernah bersinggungan dengan video game Resident Evil. Dan demi menghayati perannya, Guillory rela melihat dan memainkan karakter Jill Valentine dalam video game PlayStation Resident Evil 3: Nemesis.

Film Resident Evil Apocalypse sendiri akhirnya sukses menjadi box office dunia dengan mengumpulkan hampir 130 juta dollar AS.[9]


Setelah sukses dengan Resident Evil: Apocalypse, Guillory melanjutkan kecemerlangannya dalam film Eragon. Kali ini dia berperan sebagai peri putri Ayra Drottningu. Dalam Eragon, dia bertemu lagi dengan rekannya di The Time Machine, Jeremy Irons. Dan bersama Irons, Guillory memperkenalkan bintang baru Edward Speleers ke publik film dunia.

Eragon sendiri lumayan sukses, walaupun tidak menjadi box office. Dengan penghasilan sekitar 249 juta dollar AS.[10] Eragon juga masuk nominasi sebagai film fantasi terbaik dalam Saturn Awards 2006. Sebenarnya, dia juga ditawari untuk melanjutkan peran Jill Valentine dalam sekuel Resident Evil berikutnya, yaitu Resident Evil: Extinction. Sayang Guillory menolaknya karena jadwal syutingnya yang berbarengan dengan Eragon.[11]

Pada 2008 ini, Sienna Guillory tengah membereskan film terbarunya, yaitu Inkheart. Dalam film ini, dia berpartner bersama Brendan Fraser dan Helen Mirren.

Karakter dalam film[sunting | sunting sumber]

Awalnya Sienna Guillory lebih banyak bermain dalam film-film romantis dan bernuansa cinta. Ia juga tampil dalam beberapa film komedi dan juga serial TV sebagai tokoh romantis, setidaknya sampai awal musim gugur 2004 sebelum film Resident Evil: Apocalypse dirilis.

Sejak memerankan tokoh Jill Valentine dalam Resident Evil: Apocalypse, Sienna lebih sering dikenal orang sebagai salah satu aktris laga. Sebelum memerankan karakter Jill, Sienna sama sekali tidak bisa berkelahi atau memainkan pistol. Ia bahkan rela mempelajari teknik beladiri aikido dan latihan menembak demi menghayati perannya sebagai Jill. Bahkan ia sendiri sempat terkilir saat syuting adegan berkelahi dalam film yang disutradarai oleh Alexander Witt tersebut.

Setelah sukses dengan Jill Valentine, rupanya pihak produser film banyak melirik Sienna sebagai aktris laga yang punya talenta. Dalam film Eragon, meskipun ia digambarkan sebagai putri Elf, Sienna lagi-lagi mendapat peran laga dan adegan-adegan berkelahi.

Selanjutnya dalam film Victims dan The Heart of the Earth, Sienna juga mendapatkan peran serupa sebagai sosok jagoan wanita yang jago berkelahi.

Atas semua peran dalam film-film diatas itulah, publik Inggris menjulukinya "Miss Murderer" (Nona Pembunuh). Bahkan ada pula yang menjulukinya "Beautiful Assassin". Sienna Guillory sendiri tidak berkeberatan ia dijuluki seperti itu. Ia lantas berkata: “Tak apa-apa saya dijuluki Miss Murderer atau Beautiful Assassin. Sebab semua itu kan hanya berlaku saat saya berakting dalam film, dan bukan terjadi di dunia nyata.”

Fakta unik[sunting | sunting sumber]

  • Baik Guillory maupun suaminya adalah perokok, namun mereka memutuskan berhenti merokok mulai awal Maret 2008 lalu dengan alasan "tidak baik untuk kesehatan".
  • Guillory adalah teman baik Milla Jovovich, di Los Angeles mereka berdua tinggal berdekatan dan sering minum teh, berolahraga (khususnya jogging), dan ngobrol bersama.
  • Makanan favoritnya adalah masakan Jepang dan Latin.
  • Sienna Guillory adalah penggemar pakaian merek Moschino
  • Guillory juga adalah penggemar terapi akupuntur.
  • Sienna Guillory bisa berbicara dalam tiga bahasa; Inggris, Spanyol, dan Prancis.
  • Aikido adalah jenis beladiri yang dikuasai Guillory. Ini dipelajarinya saat dia syuting film Resident Evil: Apocalypse. Salah satu instruktur yang mengajari SG adalah Oded Fehr, sahabat sekaligus rekan mainnya di Resident Evil: Apocalypse.
  • Guillory juga gemar menulis. Dia menulis novel berjudul Jonathan Livingston Seagull, The Man Who Planted Trees dan The Master and Margarita. Dia menganggap bahwa hasil karya tulisnya tersebut berpengaruh besar dalam hidup dia.
  • Guillory adalah penggemar minuman sampanye. Merek favoritnya adalah Moet.
  • Dia juga merupakan fans balapan Formula 1, dan mendukung tim Ferrari. Uniknya walalupun Ferrari menjadi juara dunia musim 2007 lalu, Guillory tampak sedih saat mengetahui rekan senegaranya, Lewis Hamilton gagal di perebutan gelar.

Filmografi[sunting | sunting sumber]

Film[sunting | sunting sumber]

Tahun Film Peran Catatan
1996 The Future Lasts a Long Time Blue
1999 The Rules of Engagement Denise
Star! Star! Lu
2000 Sorted Sunny
Two Days, Nine Lives Kate
The 3 Kings Roxana
Kiss Kiss (Bang Bang) Kat
2001 Oblivious Jessica
Late Night Shopping Susie
The Last Minute Kayak Girl
Superstition Julie
2002 The Time Machine Emma
2003 The Principles of Lust Juliette
Love, Actually Pacar Jamie
Helen of Troy Helen
2004 Resident Evil: Apocalypse Jill Valentine
2005 In the Bathroom The Woman
Silence Becomes You Grace
2006 Rabbit Fever Newscaster
Eragon Arya Dröttningu
2007 El Corazón de la tierra Katherine Versi Inggris:
The Heart of the Earth
Victims
2008 Inkheart Resa

Televisi[sunting | sunting sumber]

Tahun Film Peran Catatan
1993 Riders Fenella Maxwell Serial TV
1995 The Buccaneers Lady Felicia Mini seri TV
1999 Out of Sight Ingrid 2 episode
Dzvirpaso M 4 episode
2000 Take a Girl Like You Jenny Bunn Film televisi
2003 Helen of Troy Helen Mini seri TV
2004 Beauty Cathy Wardle Film televisi
2005 Marple: A Murder Is Announced Julia Simmons 1 episode
The Virgin Queen Lettice Knollys Mini seri TV
2008 The Oaks Jessica Serial TV

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Old Greshamian Club Address Book 1999 (Cheverton & Son Ltd., Cromer, England, 1999)
  2. ^ "Obituary of Isaac Guillory". The Independent (London). 2001-01-11. Diakses 2007-10-14. 
  3. ^ "Sienna Guillory". mynottinghill.co.uk. Diakses 2007-09-30. 
  4. ^ Lam, Sophie (2005-05-28). "My Life in Travel: 'I love galloping my friend's racehorse along". The Independent (London). Diakses 2007-09-30. 
  5. ^ "Sienna Guillory". yahoo.com. 2005-05-28. Diakses 2007-09-29. 
  6. ^ Asome, Carolyn (2004-05-27). "something deeply unfeminist about a miniskirt". Cinemania. Diakses 2007-09-30. 
  7. ^ "My hols: Sienna Guillory". travel.timesonline.co.uk. 2006-12-24. Diakses 2007-09-30. 
  8. ^ "LA Confidential", Company Magazine, July 2007 
  9. ^ "Resident Evil: Apocalypse (2004)". Box Office Mojo. 
  10. ^ "Eragon (2006)". boxofficemojo.com. Diakses 2007-09-30. 
  11. ^ "Sienna Guillory". empireonline.com. 2006. Diakses 2007-09-29. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]