Edward Speleers

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Edward Speleers

Edward Speleers sebagai Eragon.
Lahir Edward John Speleers
7 April 1988 (umur 26)
Chichester, West Sussex, Inggris
Tahun aktif 2006-...
Situs web
http://www.edSpeleers.com

Edward John Speleers (lahir di Inggris, 7 April 1988; umur 26 tahun) adalah seorang aktor Inggris. Dia dikenal berkat penampilan spektakulernya dalam film Eragon bersama Sienna Guillory dan Jeremy Irons.

Perjalanan Hidup[sunting | sunting sumber]

Kehidupan awal[sunting | sunting sumber]

Speleers lahir di rumah sakit St. Richard's Hospital, Chichester, West Sussex.

Sekolah[sunting | sunting sumber]

Sebelum terjun didunia akting, ia sudah sering memainkan drama disekolahnya. Drama sekolah yang ia mainkan antara lain, ‘’Peter Pan‘’, ‘’Hamlet‘’, dan ‘’Raja Richard III‘’. Bahkan Ed sendiri piawai dalam menulis naskah drama. Bersama teman sekelasnya, Rob Curran, Ed menulis naskah drama sekolah berjudul ‘’Retribution ‘’.

Aktor[sunting | sunting sumber]

Selanjutnya, Ed bermain dalam film pendek berjudul ‘’Metropolis‘’. Ia bahkan melamar dan mengikuti audisi agar jadi peran utama dalam film layar lebar, seperti Peter Pevensie dalam ‘’The Chronicles of Narnia: The Lion, the Witch and the Wardrobe‘’. Sayang difinal ia kalah oleh William Moseley. Namun akhirnya kesabarannya terbayar, dengan mengalahkan 180.000 pelamar, akhirnya ia terpilih sebagai peran utama dalam film kolosal fiksi berjudul ‘’Eragon‘’ yang diangkat dari novel karya Christoper Paollini.

Bagaikan mimpi, di film Eragon, ia bertemu dengan para aktor dan aktris kawakan Inggris seperti Sienna Guillory dan Jeremy Irons. Berkat Irons dan Sienna pulalah, kualitas akting Ed bertambah.

Sebagai pemeran Eragon, Ed tergolong sukses membawa film pertamanya itu meraih untung. Total Eragon meraih pendapatan sebesar 249 juta dolar didunia.

Walaupun tergolong rookie (pendatang baru), namun publik Inggris langsung menganggap Ed punya masa depan bagus sebagai aktor besar Inggris selanjutnya. Bahkan beberapa orang menganggap bahwa Ed cocok untuk menjadi salah satu kandidat agen 007 James Bond selanjutnya (selain Daniel Radcliffe).

Saat ini Ed sedang menyelesaikan filmnya yang kedua, yaitu ‘’Wild Child‘’, namun sampai saat ini proyek film tersebut masih top secret.

Filmografi[sunting | sunting sumber]

Tahun Judul Peran Catatan lain
2006 Eragon Eragon Film
2007 Echo Beach Jimmy Penwarden serial TV (ITV)
2008 Shirasu Jiro Robin Cecil Byng film TV (NHK Japan)
2009 In Between the Waves Guy Teaser - Feature
2009 Deathless John Teaser - Feature
2010 Witchville Jason Grint film TV (SyFy)
2010 Men Don't Lie Bela Film
2010 Angel's Peak Ed Film
2011 The Good War Byron Film

Pranala luar[sunting | sunting sumber]