Resident Evil: Apocalypse

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Resident Evil: Apocalypse
RE Apocalypse.jpg
Poster film.
Sutradara Alexander Witt
Produser Paul Anderson
Jeremy Bolt
Don Carmody
Penulis Paul Anderson
Pemeran Milla Jovovich
Sienna Guillory
Oded Fehr
Mike Epps
Sandrine Holt
Sophie Vavasseur
Musik Jeff Danna
Sinematografi Derek Rogers
Christian Sebaldt
Penyunting Eddie Hamilton
Studio Constantin Film
Davis Films
Impact Pictures
Distributor Screen Gems
Tanggal rilis USA 10 September 2004
United Kingdom 8 Oktober 2004
Japan 11 September 2004
Australia 21 Oktober 2004
Durasi 94 menit
98 menit (home video)
Negara  Jerman
 Amerika Serikat
 Kanada
Bahasa Inggris
Anggaran $45,000,000
Pendapatan kotor $129,394,835
Didahului oleh Resident Evil: Genesis
Diikuti oleh Resident Evil: Extinction


Resident Evil Apocalypse adalah sebuah film horor tahun 2004 yang merupakan sekuel dari film sebelumnya yaitu Resident Evil. Film ini dirilis pada September 2004, dan disutradarai oleh Alexander Witt. Sementara itu, penulis cerita dan sutradara film Resident Evil sebelumnya, Paul W. S. Anderson yang juga menjadi penulis cerita dalam film ini memutuskan berkonsentrasi pada film Alien vs. Predator dan menyerahkan kursi sutradara pada Alex Witt.

Film ini dibintangi oleh Milla Jovovich, Sienna Guillory, Oded Fehr, Mike Epps, Sophie Vavasseur, Iain Glen, Zack Ward, dan Eric Mabius.

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Cerita dimulai saat pihak Umbrella Corporation dibawah pimpinan Jendral Cain (Thomas Kretschmann) membuka kembali The Hive yang sempat ditutup akibat kontaminasi virus-T. Tanpa diduga, virus-T sudah menjangkiti semua yang ada di The Hive sehingga tidak menyisakan apapun. Akhirnya ketika The Hive dibuka, semua virus yang ada disana (bersama semua zombie dan monsternya) langsung keluar dan menginfeksi seisi Kota Rakun.

Beberapa orang penting Umbrella seperti Dr. Ashford (Jared Harris) dan anaknya Angie Ashford (Sophie Vavasseur) langsung diungsikan oleh pihak Umbrella. Ketika dalam perjalanan, mobil yang membawa Angie Ashford dari sekolah mengalami kecelakaan, dan Angie secara mengejutkan selamat. Dia pun kembali ke sekolahnya untuk bersembunyi.

Sementara itu, Jill Valentine (Sienna Guillory) yang diskors akibat penelitian anehnya tentang zombie di pengunungan Arklay, secara tiba-tiba kembali ke kantor polisi dan menembak semua zombie yang ada. Dan ia menyuruh semua yang ada di kantor polisi untuk meninggalkan kota karena kota sudah terkontaminasi virus-T.

Di tempat lain, Alice (Milla Jovovich) ‘dibangunkan’ dari tidurnya oleh Jendral Cain. Begitu Alice bangun dan keluar dari rumah sakit, dia terkejut saat mengetahui kota sudah porak-poranda.

Malam harinya, seluruh penduduk kota mencoba meninggalkan Kota Rakun. Salah seorang di antara mereka tampak sudah terinfeksi dan mengigit Sersan Peyton. Atas kejadian itu, Jendral Cain menutup pintu keluar kota dan menyuruh semua warga untuk kembali ke rumah masing-masing. Saat itu, Jill bersama Peyton bertemu dengan seorang reporter bernama Terri Morales. Dan mereka mengungsi ke sebuah gereja. Di dalam gereja mereka bertemu dengan seorang pria dan tampak beberapa monster juga sudah masuk kedalam gereja. Saat Jill dan Peyton kehabisan peluru, datanglah Alice dan membunuh semua monster tersebut.

Di lain tempat, L.J. (Mike Epps) mencoba bertahan dengan caranya sendiri. Dia menemukan beberapa anggota S.T.A.R.S yang masih bertahan. Namun di laboratorium lapangan, Jendral Cain mengaktifkan projeknya yang lain, yaitu Nemesis (Matthew G. Taylor) atau yang sebelumnya dikenal dengan nama Matt Addison (Eric Mabius). Nemesis lalu menghabisi semua anggota S.T.A.R.S yang tersisa kecuali L.J.

Sementara di jalanan utama Kota Rakun, Carlos Olivera (Oded Fehr) bersama temannya Nicholai Ginovaef (Zack Ward) dihubungi oleh Dr. Ashford untuk mencari anaknya Angie. Dan mereka mencarinya ke sekolah.

Di lain tempat, Alice dan Jill juga mendapat tugas serupa, namun dengan iming-iming keluar dari kota Rakun sebelum dihancurkan oleh bom nuklir. Di tengah jalan, Nemesis menemukan mereka dan membunuh Peyton. Jill bersama Terri lari, sementara Alice menghadapi Nemesis sendirian.

Jill kemudian memakai mobil bersama Terri dan pergi ke sekolah Angie. Di tengah jalan mereka bertemu L.J. dan mengajak dia bergabung untuk mencari anak itu. Setibanya di sekolah, mereka berpencar. Nahas bagi Terri sebab dia malah menjadi santapan yang lezat untuk para zombie kecil. Sementara L.J. nyaris digigit zombie sebelum akhirnya diselamatkan Carlos.

Sementara itu Jill akhirnya dapat menemukan Angie. Dan mereka bertemu Nicholai. Nicholai akhirnya tewas saat mencoba mengendalikan anjing mutan, sambil menyuruh Angie dan Jill pergi.

Jill dan Angie tampaknya juga akan menjadi korban anjing mutan selanjutnya jika tidak datang pertolongan Alice. Alice yang saat itu sedang merokok langsung melempar puntungnya setelah melihat Jill menyalakan gas kompor dan lari. Setelah ledakan, semua tokoh utama film ini bertemu. Namun Carlos sudah tampak kesakitan dan muntah setelah sempat digigit. Akhinya sambil pergi menuju helikopter dengan mobil, Alice mengobati Carlos dengan vaksin dan menjelaskan pada semuanya bahwa kejadian yang menimpa Kota Rakun ini adalah akibat ulah Umbrella Corporation.

Ketika mereka mendekati helikopter, Jendral Cain tampaknya sudah siap untuk menyambut proyeknya, Alice. Semua anggota tim tersebut ditangkap kecuali Alice. Cain lalu menyuruh agar Alice berkelahi dengan Nemesis. Namun Alice menolak karena tahu Nemesis itu adalah Matt Addison, mantan sahabatnya ketika masih berwujud manusia.

Kemudian Carlos dan Jill berhasil melepaskan diri dan bertarung melawan prajurit Umbrella, demikian juga dengan Alice. Alice selamat karena Nemesis (Matt Addison) berhasil mendapatkan kembali ingatannya dan berbalik menyerang Cain. Akhirnya Cain ditangkap dan dimintai penjelasan. Namun Alice akhirnya melempar Cain ke tanah dari helikopter, dan Cain akhirnya tewas dimakan oleh para zombie.

Tak lama kemudian, Kota Rakun hancur oleh bom nuklir, dan heli yang membawa tim Alice jatuh di pegunungan Arklay. Alice tewas dan dibawa oleh Dr. Issacs (Iain Glen) ke lab milik Umbrella. Sementara Jill dan Carlos entah ke mana.

Dua minggu kemudian, Alice dihidupkan kembali oleh Dr. Issac dan ditanya seputar hal-hal sederhana karena pikirannya yang lama sudah lenyap. Tanpa diduga oleh Dr. Issac, Alice mempu mengingat pengalamannya, dan akhirnya melawan Dr. Issac dan timnya.

Alice kemudian kabur dan dibawa oleh Jill, Carlos, L.J., dan Angie Ashford. Dan pada akhirnya mereka pergi entah kemana, dan film ini pun berakhir dengan gambar satelit milik Umbrella Corporation.

Para pemeran utama[sunting | sunting sumber]

Soundtrack[sunting | sunting sumber]

  • Vermilion oleh Slipknot – 4:14
  • Just a Little oleh The Used – 3:29
  • Us or Them oleh The Cure – 4:10
  • Swamped oleh Lacuna Coil – 3:59
  • The Outsider (Renholder’s Apocalypse Mix) oleh A Perfect Circle – 5:26
  • The End of Heartache oleh Killswitch Engage – 4:04
  • Mein Teil oleh Rammstein – 4:23
  • Digging up the Corpses oleh Devil Driver – 3:52
  • Nymphetamine oleh Cradle of Filth – 5:01
  • Escape from Hellview oleh Cky – 3:42
  • The Chauffeur oleh Deftones – 5:24
  • Join Me in Death oleh HIM – 3:37
  • My Heartstrings Come Undone oleh Demon Hunter – 4:38
  • Under a Killing Moon oleh Thrice – 2:42
  • Bloodwork oleh 36 Crazyfists – 3:12
  • End of the World (Acoustic Version) oleh Cold – 3:37
  • Girl on Fire (Renholder's Apocalypse Mix) oleh Rob Zombie – 5:11
  • Future Proof oleh Massive Attack – 5:39

Lagu “The End of Heartache” dan “Vermilion” adalah lagu tema yang bisa kita dengarkan di akhir film ini.

Lagu “Girl on Fire”, meskipun tidak jelas ditunjukkan untuk siapa, tetapi banyak yang bilang lagu tersebut sebenarnya ditunjukkan untuk Jill Valentine.

Lagu “The End of Heartache” versi asli durasinya adalah 5 menit, sementara versi film RE: Apocalypse dipangkas sekitar 56 detik dari versi aslinya.

Hal lain[sunting | sunting sumber]

  • Milla Jovovich yang digambarkan merokok dalam film ini, sebenarnya juga merupakan perokok asli dalam kehidupan nyata.
  • Pakaian yang dipakai Jill Valentine sama persis dengan yang ada di video game, dengan sedikit modifikasi.
  • Sienna Guillory sukses menyingkirkan kandidat Jill Valentine yang lain seperti Julia Roberts, Sandra Bullock, dan Catherine Zeta-Jones dalam seleksi oleh sang sutradara, Alex Witt.
  • Nama belakang Carlos versi film adalah “Olivera” sedangkan dalam versi game ditulis “Oliveira”.
  • Sienna Guillory rela mempelajari aikido dan menembak demi perannya dalam film ini. Sebelumnya, dikabarkan pula dia pernah terkilir saat syuting adegan berkelahi dalam film ini.
  • Kota Rakun sebenarnya adalah kota Toronto, Ontario, Kanada.
  • Dalam adegan helikopter, sebenarnya yang dipakai adalah sebuah studio dengan efek khusus digital.
  • Sutradara film ini (Alexander Witt) ikut bermain sebagai sniper diatas gedung yang mencoba membidik Carlos sebelum akhirnya dipukul Alice.
  • Nemesis versi film dikendalikan komputer, sedangkan versi game bergerak dan bertindak secara naluri, tanpa bantuan komputer.
  • Nemesis versi film tidak mempunyai tentakel untuk menyebar racun, sementara versi game sebaliknya.

Box office[sunting | sunting sumber]

Film ini menduduki box office AS selama satu pekan. Namun di belahan bumi lain, film ini sukses bertahan sampai dua minggu lebih.

Penyebab suksesnya film ini adalah karena banyak adegan dan ceritanya yang berbasis dari video game Resident Evil 3: Nemesis. Sementara dalam film pertama, cerita yang berbasis dari game sangat sedikit sekali.

Pada akhir 2007, film sekuel ketiga dari Resident Evil, yaitu RE: Extinction dirilis dan sukses mengalahkan kakaknya (film RE: Apocalypse dan RE: Original) dalam box office, dengan mengumpulkan pendapatan yang lebih banyak. Sayangnya tokoh utama RE: Apocalypse, yaitu Jill Valentine tidak muncul dalam sekuel ketiga RE. Seri keempat film RE, Afterlife dirilis pada bulan September 2010.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]